Beranda Biografi Pengusaha Sukses Biografi Bill Gates, Mahasiswa Drop Out Pendiri Microsoft Menjadi Orang Terkaya Di...

Biografi Bill Gates, Mahasiswa Drop Out Pendiri Microsoft Menjadi Orang Terkaya Di Dunia

Biografiku.com | Bill Gates dikenal sebagai Pendiri Microsoft, sebuah perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Ia dikenal sebagai seorang enterprenuer dan juga pengusaha sukses di dunia. Meskipun statusnya pernah Drop Out dari kampus, dibawah kendali Bill Gates dan Paul Allen, Microsoft banyak melakukan inovasi teknologi dan strategi bisnis yang agresif.

Biografi Bill Gates, Mahasiswa Drop Out Pendiri Microsoft Menjadi Orang Terkaya Di Dunia

Dari kerja kerasnya tersebut membuat Bill Gates menjadi salah satu orang terkaya nomor satu di dunia selama bertahun-tahun sebelum digeser oleh Jeff Bezos pendiri situs Amazon. Bagaimana kisahnya?

Biodata Bill Gates

NamaWilliam Henry 'Bill' Gates
LahirWashington, 28 Oktober 1955
Orang TuaWilliam H. Gates (ayah), Mary Maxwell Gates (Ibu)
PekerjaanPendiri Microsoft
Kekayaan1.865 Triiun Rupiah (Forbes, Juni 2022)

Biografi Bill Gates

Pendiri Microsoft ini dilahirkan dengan nama lengkap William Henry Gates III atau Bill Gates pada tanggal 28 Oktober 1955, di Seattle, Amerika Serikat. Ia tumbuh dalam keluarga berkecukupan. Ayahnya bernama William H. Gates Sr. dan ibunya bernama Marry Maxwell.

Ia memiliki seorang kakak perempuan bernama Kristianne dan seorang adik bernama Libby. Orang tuanya mengajarkan anak-anaknya untuk menjadi pribadi yang kompetitif dan berjuang menjadi unggul. Ia sangat dekat dengan ibunya Mary.

Riwayat Pendidikan Bill Gates

Sejak kecil Bill Gates sangat menyukai membaca buku. Ia dikenal sebagai seorang kutu buku yang mampu menghabiskan berjam-jam membaca buku seperti ensiklopedia. Di usia 11 tahun, orang tuanya mulai khawatir tentang perilaku anaknya yang kadang sering menyendiri dan cepat bosan.

Saat Ia berusia 13 tahun, orang tuanya memasukkannya ke Lakeside School. Disekolah tersebut, Ia berkembang dan unggul dalam bidang ilmu matematika dan sains.

Bill Gates Mengenal Komputer

Bagaimana Bill Gates mengenal komputer? Sebuah perusahaan komputer Seattle menawarkan dan menyediakan komputer bagi para siswa di Lakeside School. Kemudian sebuah perkumpulan di sekolah bernama Mother’s Club menggunakan hasil dari penjualan barang bekas sekolah kemudian membeli terminal teletype untuk digunakan oleh siswa.

Ia menjadi terpesona dengan apa yang bisa dilakukan komputer kala itu, ia kemudian menghabiskan banyak waktu luangnya berkutat di depan terminal teletype. Selama sekolah, Ia menulis program tic-tac-toe dalam bahasa pemrograman BASIC yang memungkinkan pengguna bermain melawan komputer.

Bertemu Paul Allen

Dalam biografi Bill Gates yang dikutip dari biography.com diketahui bahwa ia pertama kali bertemu dengan Paul Allen di Lakeside School.

Biografi Bill Gates
Bill Gates dan Paul Allen

Mereka berdua cepat berteman sebab sama-sama menaruh perhatian dan antusias yang terhadap komputer. Paul Allen lebih pendiam dan pemalu. Sementara Bill Gates bersemangat dan terkadang agresif.

Mereka berdua menghabiskan banyak waktu luang mereka bersama-sama membuat program komputer. Di tahun 1970, pada usia 15, Ia dan Paul Allen bekerja sama mengembangkan “Traf-o-Data,” sebuah program komputer yang memantau pola lalu lintas di wilayah Seattle.

Dari kerjasama ini, mereka mendapatkan 20.000 dollar untuk memulai usahanya. Ia dan Paul Allen ingin mendirikan perusahaan sendiri, tetapi orang tua Gates ingin ia menyelesaikan sekolah dan melanjutkan ke perguruan tinggi, dan berharap anaknya kelak menjadi pengacara.

BACA JUGA :  Biografi Mochtar Riady, Bankir dan Pengusaha Kaya Pendiri Lippo Group

Setelah lulus sekolah, Paul Allen kemudian memilih Washington State University, sementara Bill Gates kuliah di Harvard, meskipun begitu keduanya tetap selalu bertemu.

Drop Out Dari Harvard

Ia melanjutkan pendidikannya di Harvard University pada tahun 1973, dimana cita-cita awalnya ingin berkarir dibidang hukum. Selama di Harvard, Ia lebih banyak menghabiskan waktunya di klub komputer daripada di kelas.

Setelah kuliah selama dua tahun, Paul Allen pindah ke Massachusetts dan bekerja dengan Honeywell. Disini, ia memperlihatkan kepada Bill Gates majalah Popular Electronics yang menampilkan artikel tentang Komputer Altair 8800.

Mereka berdua terpesona dengan kemungkinan apa yang dapat diciptakan oleh komputer Altair 8800 dalam dunia komputasi personal.

Komputer Altair dibuat oleh sebuah perusahaan kecil di wilayah Albuquerque, AS bernama MITS. Ia dan Paul Allen kemudian menghubungi perusahaan MITS dan memberitahukan bahwa mereka sedang membuat aplikasi BASIC yang dapat berjalan di komputer Altair.

Pada kenyataannya, mereka tidak memiliki Altair untuk digunakan atau kode untuk menjalankannya, tetapi mereka ingin tahu apakah MITS tertarik pada seseorang yang mengembangkan perangkat lunak tersebut.

Pimpinan MITS yakni Ed Roberts meminta keduanya melakukan demonstrasi. Kemudian mereka berdua, Gates dan Allen menghabiskan waktu dua bulan menulis program BASIC di laboratorium komputer Harvard.

Paul Allen kemudian berangkat ke MITS untuk menguji coba perangkat lunaknya dan bekerja dengan baik. Akhirnya Paul Allen dipekerjakan di MITS. Bill Gates kemudian memutuskan tidak melanjutkan pendidikannya di Harvard. Ia memilih bekerja sama dengan Paul Allen.

Mendirikan Microsoft

Pada tahun 1975, Bill Gates dan Paul Allen mendirikan Microsoft, sebuah perusahaan perangkat lunak yang kelak menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia. Produk pertama Microsoft adalah adalah perangkat lunak BASIC yang dijalankan pada komputer Altair.

Biografi Bill Gates, Mahasiswa Drop Out Pendiri Microsoft Menjadi Orang Terkaya Di Dunia

Program perangkat lunak BASIC milik Microsoft berjalan dengan baik di komputer Altair, Gates dan Allen mendapat biaya royalti dari pengguna program BASIC di komputer Altair, namun hanya sebagian yang membayarnya. Program mereka lebih banyak dibajak dan digunakan secara gratis.

Ia sempat menulis surat terbuka kepada mereka yang menggunakan programnya secara gratis dan membajaknya namun surat terbuka ini tidak disukai oleh para penggemar komputer kala itu.

Hubungan Bill Gates dan pimpinan MITS kala itu yakni Ed Roberts kurang baik terutama dalam hal pengembangan perangkat lunak dan arah bisnis perusahaan. Pada akhirnya Ed Roberts kemudian menjual menjual MITS ke perusahaan komputer lain dan memutuskan kerja sama dengan Microsoft.

Microsoft kemudian menulis program ke dalam berbagai format untuk perusahaan komputer lain. Kemudian pada awal tahun 1979, Microsoft memindahkan perusahaan ke Bellevue di sebelah timur Seattle.

Saat itu ia sudah memiliki 25 orang karyawan perusahaan. Pada tahun 1979 Microsoft menghasilkan sekitar 2,5 juta dollar. Pada usia 23, Bill Gates menjadi CEO dari Microsoft.

Pada masa itu industri komputer muali tumbuh, perusahaan-perusahaan seperti Apple, Intel dan IBM mengembangkan perangkat keras dan komponen untuk komputer.

Disisi lain Bill Gates terus mengunggulkan aplikasi perangkat lunak dari Microsoft. Berkat koneksi ibunya di perusahaan IBM, ia bisa bertemu dengan CEO IBM.

Pada bulan November 1980, IBM mencari perangkat lunak yang dapat beroperasi pada personal computer (PC) dan kemudian mendekati Microsoft. Bill Gates mampu meyakinkan IBM bahwa Microsoft mampu memenuhi kebutuhan perangkat keras IBM. Namun disisi lain, Ia dan Paul Allen belum mempunyai sistem operasi untuk dipakai pada komputer baru IBM.

BACA JUGA :  Biografi Levi Strauss - Penemu Celana Jeans

Bill Gates kemudian membeli sistem operasi untuk dijalankan pada komputer yang mirip dengan PC IBM. Dia membuat kesepakatan dengan pengembang sistem operasi tersebut. Selanjutnya Microsoft menjadi agen lisensi eksklusif dan menjadi pemilik penuh sistem operasi tersebut tetapi tidak memberi tahu mereka tentang kesepakatan IBM.

Perusahaan itu menggugat Microsoft karena menyembunyikan informasi penting. Microsoft menyelesaikan persidangan untuk jumlah yang tidak diungkapkan, tetapi Gates maupun Microsoft tidak mengakui kesalahan apa pun.

Microsoft kemudian memasang sistem operasi yang baru dibeli tersebut agar berfungsi untuk PC IBM. Ia kemudian mematok biaya 50 ribu dollar, harga tersebut sama ketika ia membeli sistem operasi tersebut. Walaupun IBM ingin membeli source code sistem operasi tersebut Namun Bill Gates menolak.

Ia kemudian mengusulkan agar IBM membayar biaya lisensi saja untuk salinan sistem operasi yang dijual bersama komputer IBM. Hal ini memungkinkan Microsoft untuk melisensikan perangkat lunak yang mereka yang disebut dengan MS-DOS ke produsen PC lain, seandainya perusahaan komputer lain mengkloning PC IBM.

Biografi Bill Gates
Sistem Operasi MS-DOS Microsoft

Microsoft juga merilis perangkat lunak yang disebut Softcard, yang memungkinkan Microsoft BASIC beroperasi pada mesin Apple II yang dibuat oleh Steve Jobs.

Pada tahun 1979 hingga 1981 pertumbuhan dan keuntungan Microsoft melesat. Karyawannya meningkat dari 25 orang menjadi 128 orang, dan pendapatan Microsoft melonjak dari $ 2,5 juta menjadi $ 16 juta.

Pada tahun 1981, Bill Gates diangkat sebagai presiden dan ketua dewan Microsot. Sedangkan Paul Allen diangkat sebagai wakil presiden eksekutif Microsoft.

Pada tahun 1983, Microsoft semakin berkembang pesat dengan membuka kantor di Inggris dan Jepang. Saat itu, diperkirakan sekitar 30 persen komputer di dunia menjalankan perangkat lunak buatan Microsoft.

Rivalitas Bill Gates dan Steve Jobs?

Dalam sejarahnya, Microsoft dan Apple berkolaborasi dalam mengembangkan perangkat lunak dan perangkat keras mereka. Pada 1981, Apple, yang saat itu dipimpin oleh Steve Jobs, mengundang Microsoft yang kala itu dipimpin oleh Bill Gates untuk membantu mengembangkan perangkat lunak Microsoft di komputer Apple Macintosh.

Biografi Bill Gates
Steve Jobs dan Bill Gates

Melalui kolaborasi pengetahuan inilah, Microsoft kemudian mengembangkan Windows, sebuah sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface) yang menggunakan dapat menggunakan mouse untuk menggerakkan antarmuka grafis, menampilkan teks dan gambar di layar.

Berbeda dengan sistem MS-DOS sebelumnya yang hanya menggunakan teks melalui keyboard. Bill Gates kala itu dengan cepat mengenali ancaman yang ditimbulkan oleh sistem operasi yang menggunakan antarmuka grafis atau GUI untuk MS-DOS dan Microsoft kedepan.

Microsoft kemudian membuat iklan bahwa sistem operasi Microsoft yang baru akan menggunakan antarmuka grafis yang kemudian disebut dengan nama “Windows,” dan akan kompatibel dengan semua produk perangkat lunak PC yang berjalanan pada sistem MS-DOS.

Microsoft Windows v1
Microsoft Windows v1

Para pengguna MS-DOS harus menunggu selama dua tahun setelah pengumumannya, Tepatnya pada bulan november 1985, Bill Gates dan Microsoft meluncurkan sistem operasi Windows. Secara visual sistem Windows tampak sangat mirip dengan sistem Macintosh yang telah diperkenalkan Apple Computer milik Steve jobs dua tahun sebelumnya.

Apple sebelumnya telah memberikan Microsoft akses penuh ke teknologi mereka ketika sedang berupaya membuat produk Microsoft kompatibel untuk komputer Apple. Bill Gates menyarankan Steve Jobs untuk melisensikan perangkat lunak Apple, tetapi ia mengabaikan saran itu dan lebih tertarik menjual komputer.

Gaya Kepemimpinan Bill Gates

Terlepas dari kesuksesan Microsoft, Bill Gates tidak pernah merasa benar-benar puas. Kecerdasan Gates memungkinkannya melihat semua sisi industri perangkat lunak, mulai dari pengembangan produk hingga strategi perusahaan.

BACA JUGA :  Biografi Rusdi Kirana, Dari Calo Tiket Hingga Menjadi Pendiri Lion Air

Ia selalu menganalisis setiap langkah perusahaan, mengembangkan semua inovasi atau hal baru yang mungkin dan menjalankannya, mengajukan pertanyaan tentang apa pun yang mungkin terjadi.

Gaya manajemennya menjadi legenda, Ia menantang karyawan dengan ide-ide mereka untuk menjaga proses kreatif tetap berjalan.

[pullquote]…Sukses adalah guru yang buruk. Dia menggoda orang cerdas untuk berpikir bahwa mereka tidak bisa gagal. – Bill Gates[/pullquote]

Bill Gates dan Monopoli Microsoft

Bill Gates dikenal sebgai seorang kompetitor yang kejam. Kala itu IBM mengembangkan sistem operasi mereka sendiri, yang disebut OS/2, untuk menggantikan MS-DOS. Ia kemudian mendorong Windows meningkatkan fiturnya dan memperluas para penggunaannya.

Pada tahun 1989, Microsoft memperkenalkan Microsoft Office, yang menggabungkan aplikasi perkantoran seperti Microsoft Word dan Excel ke dalam satu sistem yang kompatibel dengan semua produk Microsoft.

Aplikasi ini tidak kompatibel dengan OS/2. Versi baru Windows kala itu berhasil terjual sekitar 100.000 kopi hanya dalam dua minggu sementara dan OS/2 besutan IBM perlahan-lahan mengalami kemunduran.

Microsoft bisa dikatakan memonopoli penggunaan sistem operasi untuk PC. Federal Trade Commission mulai menyelidiki Microsoft untuk praktik pemasaran yang dianggap melanggar tersebut. Sepanjang tahun 1990-an, Microsoft menghadapi serangkaian investigasi Komisi Perdagangan Federal dan Departemen Kehakiman.

Beberapa tuduhan menyebutkan Microsoft membuat kesepakatan rahasia dengan produsen komputer yang menginstal sistem operasi Windows pada komputer mereka. Tuduhan lain bahwa Microsoft memaksa produsen komputer untuk menjual Microsoft Internet Explorer sebagai syarat untuk memakai sistem operasi Windows di komputer mereka.

Bill Gates Meninggalkan Microsoft

Pada tahun 2000, Bill Gates memutuskan mengundurkan diri sebagai CEO Microsoft. Ia kemudian menyerahkan jabatan CEO kepada Steve Ballmer.

Bill Gates memlih menjadi kepala arsitek perangkat lunak, meskipun ia tetap menjadi ketua dewan direksi. Pada tahun 2006, Ia mengumumkan bahwa ia akan mencurahkan lebih banyak waktu ke yayasan yang ia dirikan bernama Bill and Melinda Gates Foundation. Ia kemudian mundur sebagai kepala arsitek perangkat lunak Microsoft pada tanggal 27 Juni 2008.

Pada bulan Februari 2014, Bill Gates mengundurkan diri sebagai ketua Microsoft dan pindah ke posisi baru sebagai penasihat teknologi. CEO Microsoft kala itu yakni Steve Ballmer digantikan oleh Satya Nadella yang berusia 46 tahun.

Kehidupan Pribadi Bill Gates

Pada tanggal 1 Januari 1994, Bill Gates menikahi Melinda French di Hawaii. Melinda Gates saat itu berusia 23 tahun bekerja sebagai manajer produk Microsoft bertemu dengan Bill Gates yang merupakan bosnya yang saat itu berumur 32 tahun. Melinda Gates diketahui sangat cerdas dan terorganisir.

Biografi Bill Gates, Mahasiswa Drop Out Pendiri Microsoft Menjadi Orang Terkaya Di Dunia

Pada tahun 1996, putri pertama mereka, Jennifer Katharine Gates lahir. Kemudian anak kedua mereka bernama Rory John Gates lahir pada tahun 1999. Anak ketiga mereka bernama Phoebe Adele Gates lahir pada tahun 2002.

Berapa Kekayaan Bill Gates?

Pada bulan Maret 1986, Bill Gates membuat Microsoft melakukan penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) dengan nilai $21 perlembar saham. Ini kemudian menjadikan Bill Gates sebagai seorang jutawan di usia 31 tahun. Ia memiliki 45 persen saham perusahaan.

Seiring waktu, saham perusahaan Microsoft meningkat. Pada tahun 1987, Bill Gates menjadi miliarder muda ketika sahamnya mencapai $ 90,75 per saham.

Sejak saat itu, Bill Gates berada di urutan puncak dalam orang terkaya di Amerika versi majalah Forbes. Pada tahun 1999, kekayaan Bill Gates mencapai $ 101 miliar.

Selama beberapa tahun, Bill Gates selalu bertengger diposisi pertama dalam daftar orang terkaya di dunia sebelum digeser oleh Jeff Bezos, pendiri situs Amazon pada tahun 2018.

Hal ini dikarenakan Harta kekayaan Bill Gates lebih banyak ia sumbangkan untuk amal melalui Bill and Melinda Gates Foundation. Pada juni 2022, Kekayaan Bill Gates ditaksir sebesar 1.865 triliun rupiah menurut majalah Forbes.

Advertisement