Beranda Biografi Tokoh Dunia Biografi Enzo Ferrari, Kisah Sejarah Pendiri Mobil Mewah Ferrari Dari Italia

Biografi Enzo Ferrari, Kisah Sejarah Pendiri Mobil Mewah Ferrari Dari Italia

Biografiku.com | Enzo Ferrari dikenal sebagai pendiri Ferrrari, sebuah perusahaan produsen mobil mewah dan sporty asal Italia. Sejarah Ferrari yang berlogo kuda jingkrak ini berdiri pada tahun 1947. Ferrari menjadi salah satu merk mobil mewah ternama di dunia, selain modelnya sporty juga memiliki kecepatan yang tinggi. Tak heran Ferrari diidentikkan dengan kemewahan. Bagaimana biografi Enzo Ferrari dan sejarah Ferrari sendiri?

Biografi Enzo Ferrari

Biografi Enzo Ferrari

Bernama lengkap Enzo Ferrari yang lahir tanggal 18 Februari 1898 di Modena, Italia. Ayahnya bernama Alfredo Ferrari dan ibunya bernama Adalgisa Ferrari.

Masa Kecil

Enzo besar di Modena, namun ia dibesarkan tanpa mengenyam pendidikan formal sebagaimana anak lainnya. Enzo Ferrari muda memiliki hasrat dengan mobil balap.

Diketahui bahwa Enzo mulai mengendarai mobil balap sejak usia sangat muda dan memutuskan menjadi pembalap sejak usia usia 10 tahun.

Enzo tertarik di dunia otomotif ketika ayahnya Alfredo Ferrari membawanya menonton balapan di Sirkuit Bologna pada tahun 1908.

Enzo Ferrari kemudian mulai banyak menonton kompetisi balapan di Italia setelah itu, dalam benaknya kompetisi balap merupakan sebuah tantangan yang menarik baginya.

Di tahun 1914, Enzo bekerja sebagai guru di Lathe Operator School di bengkel pemadam kebakaran di Modena, Italia.

Nasib buruk menimpa Enzo ketika Perang Dunia I berkecamuk. Pada tahun 1916, ia harus kehilangan ayah dan saudara laki-lakinya yang meninggal akibat wabah flu di Italia.

Bergabung Dalam Militer

Di tahun yang sama, Enzo Ferrari bergabung dalam militer selama perang dunia I dan ditugaskan di Resimen Alpine Ketiga, Val Seriana. Namun ketika itu ia terkena wabah flu pada tahun 1918, sehingga menyebabkan Enzo keluar dari militer ketika perang dunia I hampir berakhir.

BACA JUGA :  Biografi Henry Ford, Kisah Pendiri Ford Otomotif Sekaligus Penemu Mobil Amerika

Setelah keluar dari militer, Enzo Ferrari mendapatkan surat rekomendasi dari otoritas militer, Italia kala itu. Enzo kemudian melamar pekerjaan ke perusahaan Fiat pada tahun 1918. Sayangnya tidak ada lowongan di sana pada saat itu.

Tapi, ia kemudian mendapat pekerjaan sebagai pengemudi tes di kota Turin, Italia di sebuah perusahaan motor. Pada tahun 1919, Enzo mulai bekerja di perusahaan bernama Costruzioni Meccaniche Nazionali, di kota Milan sebagai pengemudi uji coba.

Memulai Balapan Pertama

Keahliannya dalam mengemudi membuat Enzo segera dipromosikan sebagai seorang pembalap. Pada tahun 1919, Enzo Ferrari mulai debut balapan pertamanya di balapan Parma-Poggio di Berceto.

Biografi Enzo Ferrari, Kisah Sejarah Pendiri Mobil Mewah Ferrari Dari Italia

Dia finish di posisi ke 4 dalam lomba. Dia juga berpartisipasi dalam balapan Targa Florio di tahun yang sama namun ia menuai hasil yang kurang memuaskan karena bermasalah dengan tangki bahan bakar.

Pada tahun 1920, Enzo Ferrari mengikuti balapan mobil Targa Florio sekali lagi. Ia mengendarai Alfa Romeo, dan finish di posisi kedua. Kemenangan ini adalah awal dari pengalamannya selama 20 tahun dengan tim Alfa Romeo.

Pada tahun 1921, Enzo mengambil bagian dalam banyak balapan sebagai pembalap tim Alfa. Dia mengalami kecelakaan pertamanya di tahun yang sama saat Grand Prix Brescia.

Membentuk Tim Balap Scuderia Ferrari

Sejarah Ferarri dimulai ketika pada tahun 1923, Enzo bertemu dengan Count Baracca, Francesco Baracca, dan Countess Baracca. Mereka memberikan logo “Kuda Jingkrak” mereka sebagai maskot di mobil balap Enzo Ferrari.

Biografi Enzo Ferrari, Kisah Sejarah Pendiri Mobil Mewah Ferrari Dari Italia

Pada tahun 1929, Enzo kemudian membentuk tim balap Scuderia Ferrari Grand Prix yang menjadi bagian dari tim balap Alfa Romeo.

Tahun 1931 menjadi tahun terakhir bagi Enzo sebagai pembalap. Balapan terakhirnya adalah di sirkuit Three Provinces di mana ia finish di urutan kedua dengan mengendarai mobil Alfa Romeo 8C 2300 MM.

BACA JUGA :  Biografi Jenderal Sudirman, Kisah Sang Jenderal Besar Pahlawan Indonesia

Setelah itu ia meninggalkan balapan pada tahun tersebut. Di tahun 1933, karena kendala keuangan membuat Alfa menghentikan hubungannya dengan tim balap Scuderia Ferrari bentukan Enzo Ferrari.

Alfa kemudian mengambil alih balapan pada tahun 1937 dan Enzo ditempatkan sebagai Direktur Olahraga. Pada tahun 1939, Ia kemudian meninggalkan tim Alfa Romeo dengan kesepakatan bahwa dia tidak akan menggunakan nama ‘Ferrari’ dalam kaitannya dengan mobil balap dan Selama empat tahun ke depan.

Pada tahun yang sama, ia mendirikan perusahaan sendiri bernama Auto Avio Costruzioni di Modena. Ia memulai perusahaannya itu di sebuah garasi di Viale Trento e Trieste.

Mendirikan Perusahaan Ferrari

Pada tahun 1940, Enzo Ferrari kemudian merancang mobil balap untuk Mille Miglia. Pada tahun itu juga perusahaan milik Enzo dipaksa untuk memproduksi mobil untuk Pemerintah Fasis Benito Mussolini ketika perang dunia II berkecamuk.

Dalam sejarah Ferrari diketahui bahwa ia juga mendesain mobil Ferrari pertama pada tahun 1945. Setelah perang dunia II selesai, Enzo Ferrari resmi mendiriikan perusahaan Ferrari pada tahun 1947.

Memenangkan Grand Prix Pertama Kali

Kemudian tahun 1951, perusahaan Enzo memenangkan Grand Prix pertamanya bersama Jose Froilan Gonzalez di sirkuit Silverstone. Kejuaraan ini merupakan kemenangan pertama perusahaan Ferrari.

Tahun itu juga adalah waktu ketika perusahaan Ferrari mulai menjual mobil sport hasil rancangannya dan hasilnya digunakan untuk membiayai partisipasinya dalam turnamen balapan.

Dalam biografi Enzo Ferrari diketahui bahwa pada tahun 1957, Ferrari dan Englebert yang merupakan pabrikan ban dituduh melakukan pembunuhan ketika ketika Mille Miglia dan Alfonso de Portago mengendarai Ferrari meninggal bersama dengan rekannya ketika salah satu bannya meledak. Kala itu sembilan orang dari penonton juga tewas. Namun tuntutan itu dihentikan pada tahun 1961.

BACA JUGA :  Biografi Sakichi Toyoda, Kisah Anak Tukang Kayu Miskin Menjadi Pendiri Toyota

Pada tahun 1969, Enzo menjual sekitar 50% sahamnya kepada perusahaan Fiat tetapi Enzo memiliki kendali penuh dalam mengatur balapan bagi Ferrari. Padahal kala itu Ford merupakan perusahaan pertama yang memberikan tawaran kepada Ferrari namun ia memutuskan tidak meneruskan tawaran itu.

Tahun 1974, Enzo memilih pensiun dari posisi managing director Ferrari. Ia kemudian mempromosikan Luca Cordero di Montezemolo sebagai manajer tim Formula satu dan memintanya untuk mewakili dia di semua perlombaan.

Membuat Berbagai Mobil Kelas Dunia

Pada tahun 1982, Ferrari membuat mobil yang memiliki sasis kokoh dan memilih pengemudi kelas dunia. Meskipun Ferrari tetap terlibat dengan Scuderia hingga kematiannya tetapi tidak ada lagi kejuaraan yang diikuti oleh Enzo Ferrari.

Enzo Ferrari Wafat

Enzo Ferrari  meninggal dunia pada tanggal 14 agustus 1988 pada usia 90 tahun. Kematiannya diumumkan dua hari kemudian. Selama hidupnya, Enzo Ferrari dikenal sebagai seorang tertutup hampir tidak pernah tampil di publik atau memberikan wawancara kepada wartawan. Enzo juga dikenal sebagai seorang pekerja keras.

Dalam kehidupan pribadinya, Enzo Ferrari diketahui menikah dengan Laura Dominica Garello Ferrari pada tahun 1932. Mereka memiliki seorang putra yang bernama Alfredo ‘Dino’ Ferarri. Namun anaknya tersebut meninggal karena penyakit distrofi otot pada tahun 1956.

Pada tahun sebelumnya yakni tahun 1945, Enzo Ferrari memiliki putra kedua bernama Piero dari kekasihnya yang bernama Lina Lardi tetapi pada tahun 1975 ia baru mengakui Piero sebagai putra sahnya, setelah kematian Lina Lardi.

Perusahaan Ferrari Sepeninggal Enzo Ferrari

Biografi Enzo Ferrari, Kisah Sejarah Pendiri Mobil Mewah Ferrari Dari Italia

Sepeninggal Enzo Ferrari, perusahaan Ferrari menjadi salah satu perusahaan pabrikan mobil balap dan mobil sporty terkenal di dunia. Mobil-mobil produksi Ferrari dikenal dengan desain yang elegan dan mewah. Ferrari juga masih berpartisipasi dalam turnamen balap formula satu di dunia.

Advertisement