Beranda Biografi Tokoh Dunia Biografi Adam Smith, Bapak Ilmu Ekonomi Dunia

Biografi Adam Smith, Bapak Ilmu Ekonomi Dunia

Biografiku.com | Profil dan biografi Adam Smith. Dikenal sebagai Tokoh Ekonomi Dunia dan juga disebut sebagai ‘Bapak Ilmu Ekonomi’. Ia juga dikenal sebagai pelopor sekaligus pencetus ekonomi kapitalis.

Adam Smith bisa dikatakan sebagai salah satu ekonom paling berpengaruh abad ini. Ia disebut begitu karena risalahnya mengenai ekonomi dalam bukunya yang paling terkenal berjudul ‘An Inquiry Into the Nature and Causes of the Wealth of Nations‘.

Biografi Adam Smith

Biodata Adam Smith

NamaAdam Smith
LahirSkotlandia, 16 Juni 1723
WafatSkotlandia, 17 Juli 1790
Orang TuaAdam Smith Sr (ayah), Margaret Douglas (ibu)
Dikenal Bapak Ilmu Ekonomi, Pelopor Ilmu Kapitalis

Biografi Adam Smith

Nama lengkapnya adalah John Adam Smith dilahirkan di Kirkcaldy, Skotlandia tanggal 5 Juni 1723 dan wafat di Edinburgh, Skotlandia tanggal 17 Juli 1790 diumur 67 tahun. Orang tuanya bernama Adam Smith Sr (ayah) dan ibunya bernama Margaret Douglas (ibu).

Masa Muda

Dalam biografi Adam Smith seperti yang dikutip dari Wikipedia, Diketahui bahwa ia mulai belajar di kampus Universitas Glasgow saat umurnya berusia 13 tahun. Ia belajar filosofi moral dibawah bimbingan Francis Hutcheson atau yang biasa Smith panggil sebagai “si orang yang tidak boleh dilupakan

Dibawah bimbingan Francis Hutcheson, Adam Smith mengembangkan keinginan kuatnya mengenai kebebasan, akal sehat, dan kebebasan berpendapat. Kemudian pada tahun 1740 Adam Smith dianugrahi Snell Exhibition.

Kuliah di University of Edinburgh

Ia kemudian memasuki Kampus Balliol, Oxford, namun ia meninggalkan universitas tersebut pada tahun 1746.  Empat tahun kemudian yakni 1748, Adam Smith mulai melanjutkan kuliahnya di Universitas Edinburgh dibawah bimbingan Lord Kames.

BACA JUGA :  Biografi Soe Hok Gie, Kisah Perjalanan Sang Aktivis 'Pemberontak'

Dibeberapa perkuliahannya banyak menyinggung mengenai retorika dan belles-letters, tetapi nantinya Adam Smith mengambil studi mengenai “kemajuan dari kesejahteraan,”.

Kemudian diakhir abad ke 20, Adam Smith untuk pertamakalinya mengemukakan filosofi ekonomi dari “sistem yang jelas dan sederhana dari kebebasan alamiah”.

Dia menyatakan hal tersebut kepada masyarakat dalam buku karangannya yang berjudul ‘The Wealth of Nations.‘ Di tahun 1750, Adam Smith bertemu dengan David Hume seorang filsuf kenamaan yang merupakan seniornya terpaut sepuluh tahun.

Hubungan dan kesamaan opini mereka berdua dapat ditemukan dalam detil dari tulisan mereka yang mencakup mengenai sejarah, politik, filosofi, ekonomi, dan agama.

Mengajar di Universitas Glasgow

Dalam Biografi Adam Smith diketahui pada Tahun 1751 Smith ditunjuk sebagai ketua dewan logika di Universitas Glasgow. Adam Smith kemudian dipindahkan ke Dewan filosofi moral Glasgow pada tahun 1752.

Kuliah yang dibawakan oleh Adam Smith mencakup etika, retorika, jurispundens, politik ekonomi, dan “kebijakan dan keuntungan”.

Teori Sentimen Moral Adam Smith

Tahun 1759, Adam Smith menerbitkan Teori dari Sentimen Moral. Dan memasukan sebagian materinya ke kuliahnya di Glasgow. Karya dari Smith ini membangun reputasi semakin besar pada masa itu.

[pullquote]…Ilmu pengetahuan adalah penawar yang baik untuk racun antusiasme dan takhayul.Adam Smith[/pullquote]

Adam Smith lebih berfokus pada jurisprudensi dan ekonomi di dalam kuliahnya dibandingkan mengenai moral. Pengembangan ide-ide Smith pada ekonomi politik dapat dilihat dari catatan kuliahnya yang ditulis oleh seorang mahasiswanya sekitar tahun 1763.

Catatan tersebut kemudian diedit oleh Edwin Cannan, dan membentuk apa yang disebut sebagai “Bagian dari Draft Wealth of Nations“, yang bertanggal sekitar 1763.

BACA JUGA :  Biografi Yasser Arafat

Hasil dari Edwin Cannan muncul sebagai kuliah mengenai Keadilan, Kebijakan, Pajak dan Senjata. Sebuah versi lebih lengkap diterbitkan sebagai Kuliah dalam Jurispundensi di edisi Glasgow tahun 1976.

Dalam Biografi Adam Smith diketahui bahwa pada akhir 1763, Adam Smith mendapatkan tawaran dari Charles Townshend untuk mengajar anak tirinya yang bernama Duke of Buccleuch.

Adam Smith kemudian pensiun dari keprofessorannya. Dari tahun 1764 ia melakukan perjalanan bersama muridnya ke Perancis. Disana, Smith menemui pemimpin intelektual seperti Turgor, Jean D’Alembert, Andre Morrelet, Helvetius dan, khususnya, Frangois Quesnay.

Buku The Wealth of Nations

Dalam perjalanan pulangnya ke Kirkaldy, Adam Smith terpilih Sebagai anggota Royal Society London. Ia mendedikasikan waktunya selama sepuluh tahun pada karya terbesar dalam hidupnya yakni buku The Wealth of Nations.

The Wealth of Nations
The Wealth of Nations

Buku ini muncul pada tahun 1776. Menurut Adam Smith, Ilmu ekonomi adalah suatu perilaku sistematis bagaimana manusia bisa mengelola sumber daya yang ada serta terbatas, sehingga dari hal tersebut bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

Buku tersebut kemudian diterima dengan baik dan membuat sang Adam Smith menjadi terkenal. Pada tahun 1778 Adam Smith diminta untuk menduduki jabatan sebagai komisioner dalam hal cukai pajak di Skotlandia. Ia hidup bersama ibunya di Edinburgh.

Tahun 1783, Adam Smith menjadi salah satu pendiri Royal Society of Edinburgh. Tahun 1787 sampai 1789, Adam Smith mendapat posisi kehormatan sebagai Rektor Universitas Glasgow.

Essays on Philoshopical Subjects Adam Smith

Sebelum kematiannya, Adam Smith diketahui menghancurkan nyaris semua manuskrip atau catatan miliknya. Pada tahun terakhirnya, Ia telah telah merencanakan dua pengetahuan besar. Satu dalam teori dan sejarah hukum dan satu dalam ilmu sains dan kesenian.

BACA JUGA :  Biografi Frederick Grant Banting - Penemu Insulin Diabetes

Terbitan setelah kematiannya Essays on Philoshopical Subjects (1795) mungkin berisi bagian dari apa yang akan menjadi pembelokan selanjutnya.

Adam Smith Wafat

Adam Smith meninggal di Edinburgh pada tanggal 17 Juli 1790 diakibatkan karena sakit keras. Ia kemudian dikuburkan di Canogatw Kirkyard.

Sepeninggal Adam Smith, karya-karya yang membahas mengenai ilmu ekonomi kemudian banyak dipakai dan dikembangkan. Khususnya pada pemikiran Adam Smith mengenai ekonomi kapitalis.

Teori yang dicetuskan oleh Adam Smith tersebut kemudian banyak dikembangkan oleh para ilmuwan serta ekonom. Mereka setuju dengan argumen atau pendapat Adam Smith bahwa pemerintah harus memberikan kebebasan sebesar-besarnya kepada para pelaku ekonomi tanpa ada campur tangan pemerintah.

Pemikiran Adam Smith mengenai ekonomi juga menjadi dasar bagi Karl Marx menerbitkan karyanya yang fenomenal yang berjudul Das Kapital.

Karya Besar Adam Smith

  • The Theory of Moral Sentiments (1759)
  • An Inquiry Into the Nature and Causes of the Wealth of Nations (1776)
  • Essays on Philosophical Subjects (diterbitkan setelah 1795)
  • Lectures on Jurisprudence (diterbitkan setelah 1976)
Advertisement