Beranda Biodata Biografi Gustave Eiffel – Perancang Menara Eiffel

Biografi Gustave Eiffel – Perancang Menara Eiffel

Biografi Gustave Eiffel - Perancang Menara EiffelBiografi Gustave Eiffel. Pria satu ini dikenal sebagai perancang dari Menara Eifel yang menjadi ikon kota Paris, Perancis. Ia lahir pada tangga 15 Desember 1832 dan wafat 27 Desember 1923, ia merupakan seorang insinyur Perancis dan pengusaha, spesialis struktur logam. Lahir di Dijon, Côte-d’Or, Perancis, ia paling terkenal dalam membangun Menara Eiffel, dibangun dari 1887-1889 untuk Pameran Universal 1889 di Paris, Perancis. Hal ini kurang dikenal bahwa ia merancang angker untuk Patung Liberty di New York Harbor, Amerika Serikat. Ia memperoleh keahliannya dalam konstruksi dengan merancang besi untuk jembatan.


Gustave Eiffel juga merancang La Ruche di Paris, yang akan seperti Menara Eiffel, menjadi landmark kota. Sebuah lingkaran bertingkat tiga struktur yang lebih mirip sarang lebah besar, itu diciptakan sebagai struktur sementara untuk digunakan sebagai anggur rotunda di Great Exposition of 1900. Eiffel’s reputasi mengalami kemunduran parah ketika ia terlibat dalam skandal keuangan putaran Ferdinand de Lesseps dan pengusaha gagal mendukung proyek Terusan Panama Perancis. Eiffel sendiri tidak ada hubungannya dengan keuangan, dan penghakiman bersalah kemudian terbalik.

Dalam tahun-tahun berikutnya Eiffel mulai belajar aerodinamis. Eiffel meninggal pada tanggal 27 Desember 1923 di rumah besarnya di Rue Rabelais di Paris dan dikebumikan di Cimetière de Levallois-Perret, di Paris. Biografiku.com

Rancangannya yang Terkenal :

  1. Menara Eiffel
  2. Patung Liberty
  3. Observatorium Nice
Advertisement