Beranda Biografi Tokoh Dunia Biografi Torakusu Yamaha, Kisah Perjalanan Pendiri Yamaha

Biografi Torakusu Yamaha, Kisah Perjalanan Pendiri Yamaha

Biografiku.com | Torakusu Yamaha dikenal sebagai pendiri Yamaha yang merupakan salah perusahaan manufaktur terbesar di dunia. Perusahaan yamaha saat ini dikenal dengan berbagai teknologi dan inovasinya seperti dalam bidang otomotif, alat musik dan elektronik. Bagaimana kisahya?

Biografi Torakusu Yamaha

Biografi Torakusu Yamaha

Torakusu Yamaha yang dikenal sebagai pendiri Yamaha ini lahir pada tanggal 20 April 1851 di Kishu Tokugawa. Daerah itu saat ini bernama Prefektur Wakayama.

Awalnya Torakusu Yamaha mendirikan perusahaan untuk menghasilkan produk alat musik organ pada tahun 1887. Beliau juga dikenal sebagai orang yang sangat menyukai teknologi dan ilmu pengetahuan dari barat.

Awal mula bisnisnya muncul ketika ia sangat menyukai jam tangan saat berada di osaka, sehingga ia kemudian belajar cara pembuatan jam tangan dan juga belajar berbisnis di pinggir jalan wilayah Osaka.

Karena keterampilannya dalam mereparasi jam tangan, Torakusu Yamaha kemudian dipanggil ke rumah sakit yang berada di Hamamatsu, prefektur Shizuoka untuk memperbaiki peralatan medis disana.

Menemukan Alat Musik Organ

Di satu kesempatan, pihak rumah sakit bertanya apakah Torakusu Yamaha dapat memperbaiki organ (alat musik) yang rusak ketika itu. Ia kemudian mencoba memperbaikinya dan berhasil, peristiwa ini kemudian menandai langkah pertama Torakusu Yamaha menuju kepada lahirnya merek Yamaha.

Melihat potensi bisnis dari alat musik organ, Torakusu Yamaha menciptakan cetak biru bagian dalam alat musik organ, kemudian ia berhasil menciptakan prototype dari alat musik organ yang ia buat sendiri.

Meskipun begitu, organ (alat musik) ciptaan Torakusu Yamaha banyak mendapat kritikan karena kualitas suara yang buruk. Melihat hal tersebut, selama empat bulan Torakusu Yamaha kemudian belajar teori musik dan teknik penyetelan suara (Stem/Tuning) pada alat musik organ buatannya.

BACA JUGA :  Biografi George Soros, Pria 'Biang Keladi' Penyebab Krisis Moneter Indonesia dan Asia

Mendirikan Perusahaan Yamaha

Hingga akhirnya usahanya tidak sia-sia dan alat musik organ buatannya kemudian diterima oleh masyarakat, menjadikan perusahaan Yamaha yang didirikan pada tahun 1897 yang kala itu bernama Nippon Gakki Company mulai dikenal sebagai perusahaan pembuat alat musik organ di Jepang.

Torakusu Yamaha wafat pada tanggal 8 Agustus 1916 disaat perusahaan yang ia dirikan sudah sangat besar. Sepeninggal Torakusu Yamaha, ketika perang dunia I berkecamuk, Perusahaan Yamaha mulai memproduksi sendiri harmonika dan phonographs tangan buatan pada tahun 1920.

Biografi Torakusu Yamaha

Usai perang dunia II, di tahun 1950 Yamaha kembali memperluas produksi dengan memulai pembuatan busur panah, perahu serta produk-produk lain yang terbuat dari fiberglass yang diperkuat plastik (FRP).

Yamaha Masuk di Industri Otomotif

Pada tahun 1955, Yamaha mengembangkan sayapnya dibidang otomotif dengan memproduksi sepeda motor. Tahun demi tahun perusahaan yang didirikan oleh Torakusu Yamaha terus mengembangkan produksinya, pada tahun 1970an perusahaan ini mengembangkan berbagai alat musik elektronik dan teknologi.

Hingga saat ini Yamaha Corporation merupakan produsen besar dibidang alat musik dan sepeda motor. Yamaha terus berusaha untuk memberi perhatian khusus bagi para pelanggannya serta membantu pelanggan dengan layanan purna jual yang cukup baik.

Biografi Torakusu Yamaha, Kisah Perjalanan Pendiri Yamaha

Nama Yamaha semakin besar saat ketika menjadi sponsor kegiatan-kegiatan seperti acara kontes, kompetisi motor, grup musik dan program-program lainnya. Perlu diketahui bahwa Yamaha Motor Company merupakan produsen terbesar kedua dalam hal pembuatan sepeda motor, selain itu juga memproduksi kendaraan semua medan (ATV), snowmobiles, perahu dan lai sebagainya.

Pada tahun 1960 Yamaha International Corporation didirikan untuk bidang pemasaran alat musik dan audio / visual di Amerika Serikat. Yamaha Corporation of America (YCA) merupakan anak perusahaan dari Yamaha Corporation dan merupakan anak perusahaan terbesar dari seluruh anak perusahaan global.

BACA JUGA :  Biografi Aristoteles, Kisah Filsuf Yunani Yang Dijuluki 'Bapak Ilmu Pengetahuan'

Pada tahun 2006 YCA mendirikan anak perusahaan bernama Yamaha Commercial Audio Systems (YCAS) untuk menawarkan garis tumbuh komersial produk-produk audio untuk pasar Amerika Serikat dan Kanada, untuk melakukan pendistribusian produk speaker Nexo. Dalam sektor otomotif, khususya pengembangan teknologi Yamaha bersaing ketat dengan Honda yang didirikan oleh Soichiro Honda.

The Yamaha Corporation

Pada tahun 1987 tepatnya dibulan Oktober yaitu genap 100 tahun, Yamaha secara resmi mengubah nama menjadi The Yamaha Corporation. Pada tahun 1992 Seisuke Ueshima yaitu presiden kedelapan mulai melakukan reorganisasi perusahaan setelah perusahaan mengalami masa sulit karena keuangan.

Yamaha mulai difokuskan pada produk-produk high-end seperti seri Disklavier piano, dengan built-in komputer mampu untuk merekam serta memutar ulang pertunjukan. Tahun 2007 Yamaha dibeli pemegang saham minoritas dari keluarga Kemble Yamaha-Kemble Musik (UK) Ltd.

Biografi Torakusu Yamaha

Di akhir tahun 2007 Yamaha telah membuat kesepakatan dengan Bank Austria BAWAG PSK Grup BAWAG dimana memiliki tujuan untuk melakukan pembelian semua saham Bösendorfer, dan bermaksud untuk dapat mengambil tempat di awal 2008. Yamaha memiliki tujuan untuk melanjutkan manufaktur di fasilitas Bösendorfer di Austria.

Pada bulan Februari 2008, Bösendorfer Klavierfabrik GmbH mulai beroperasi sebagai anak perusahaan dari Yamaha Corporation. Saat itu Yamaha menjadi produsen terbesar di dunia alat musik (termasuk drum, piano, gitar, celli, biola, violas).

Selain itu Yamaha juga termasuk produsen terkemuka audio / visual, semikonduktor dan produk-produk lain terkait dengan komputer dan peralatan mesin, perabotan khusus logam hingga produk robot industri.

Perusahaan yang telah didirikan oleh Torakusu Yamaha mempunyai banyak anak perusahaan serta afiliasinya di pasar luar negeri di samping beberapa perusahaan terkait yang berada di Jepang. Yamaha Motor Company, Livingtec Yamaha Corporation, Yamaha Pro Audio, Yamaha Bike Technologies Co, Ltd, Metanix Yamaha Corporation merupakan sederetan beberapa perusahaan lain yang masih berada dalam satu grup Yamaha.

BACA JUGA :  Biografi Guccio Gucci, Mantan Penjaga Lift Menjadi Pendiri Merk Gucci Paling Terkenal

Perusahaan lain dalam grup Yamaha meliputi:

  • Yamaha Motor Company
  • Yamaha Baik Technologies Co, Ltd
  • Livingtec Yamaha Corporation
  • Metanix Yamaha Corporation
  • Yamaha Pro Audio
Advertisement