Biografi Adam Khoo - Dulu Bodoh Kini Menjadi Miliarder

Biografi Adam Khoo - Dulu Bodoh Kini Menjadi Miliarder

Advertisement
Advertisement
Biografiku.com - Adam Khoo Lahir dengan nama lengkap Adam Khoo Yean Ann pada tanggal 8 April 1974, Saat ia berumur 26 tahun, dia adalah milyarder termuda dan motivator paling sukses di Singapura. Ayahnya bernama Vince Khoo dan ibunya bernama Betty L. Khoo-Kingsley. Sewaktu masih anak-anak, Adam Khoo terkenal sebagai penggemar berat games dan TV. Sehari, ia bisa berjam-jam di depan TV. Baik main PS atau nonton TV. Adam Khoo pun dikenal sebagai anak bodoh. Ketika kelas empat SD, Ia dikeluarkan (Drop Out) dari sekolahnya St Stephen's Primary School karena nilai sekolahnya yang sangat buruk. Orang tuanya kemudian berusaha mencari sekolah yang mau menerima Adam Khoo saat itu.

Akhirnya sekolah dasar bernama Ngee Ann Primary School sebuah sekolah yang memiliki peringkat paling rendah di Singapura mau menerimanya. Setelah lulus SD, ketika Adam Khoo akan masuk SMP, ia ditolak oleh enam SMP terbaik di sana karena nilai akademiknya yang sangat memprihatinkan. Namun akhirnya, ia bisa diterima masuk ke Ping Yi Secondary School, salah satu sekolah yang memiliki peringkat rendah di Singapura yang dikelola oleh pemerintah.

Titik Balik Hidup Adam Khoo
Di Ping Yi Secondary School, kebiasaan Adam tidak berubah. Akibatnya, ia mendapat peringkat 10 terburuk di sekolahnya. Ia hanya lulus beberapa mata pelajaran saja. Ayah dan ibunya mencoba memotivasi Adam Khoo untuk dapat berubah, mereka yakin bahwa Adam Khoo merupakan anak yang mampu namun hanya sangat malas.

Dan ketika berusia 13 tahun, disinilah titik balik (turning point) kehidupan Adam Khoo dimulai. Ia mengikuti suatu program dari Ernest & Young yang diadakan oleh Ladyhill Hotel dengan nama Super-Teen Camp. Disinilah Adam Khoo bertemu dengan mentornya yaitu Dr. Ernest Wong, pendiri dan juga konsultan utama Ernesco Centre for Motivational Language Learning yang berbasis di Kuala Lumpur, Malaysia. Dalam program itu, Adam Khoo belajar apa yang namanya Neuro Linguistic Programme (NLP), Accelerated Learning, dan sebagainya yang diadopsi dari Amerika yang diajarkan oleh Dr. Ernest Wong.

Di program tersebut, Adam Khoo mempelajari bagaimana menggunakan kemampuan otak secara keseluruhan, dan juga teknik motivasi diri yang kemudian menjadi dasar bagi Adam Khoo dalam menulis banyak buku best sellernya.

Mulai Menetapkan Tujuan
Program yang ia ikuti ini benar-benar bermanfaat bagi Adam. Tiga bulan mengikuti program tersebut, Ia kemudian mulai mempraktekkan keterampilan barunya. Apa yang ia lakukan setelah kembali ke sekolah? Hal yang pertama ia menulis tujuannya, apa yang akan ia ingin capai. Dia menjelaskan bahwa ia akan lulus SMP dengan nilai A semua, kemudian ia akan masuk ke Victoria Junior College yang merupakan SMU terbaik di Singapura. Itulah tujuan yang ia tulis di kertas. Selanjutnya Adam Khoo kemudian melakukan tindakan gila. Ia mengumumkan tujuan yang ia tulis tersebut di depan kelasnya. Apa yang terjadi? Ia malah ditertawakan seluruh isi kelas. Termasuk gurunya sendiri.

Bila anda jadi gurunya, anda pun mungkin melakukan hal yang sama. Bagaimana mungkin seorang yang berada di urutan 10 terburuk di sekolahnya ingin lulus dengan nilai A semua dan masuk ke SMU terbaik. Tapi Adam tidak bergeming. Tertawaan dan cemoohan guru dan teman-temannya ia jadikan sebagai sumber semangat. Ia pikir, bila ia tidak bisa membuktikan kata-katanya, ia akan lebih ditertawakan lagi.

Karena itu, Adam berusaha keras. Ia gunakan semua cara belajar hebat yang ia dapat dari program Ernest and Young. Hasilnya luar biasa. Adam mulai bisa menjawab pertanyaan di kelas. Meski ia tetap ditertawakan karena membuat catatan pelajaran dengan cara yang beda dan aneh. Ia gunakan peta pikiran yang penuh dengan gambar dan simbol untuk mencatat.

Di sekolahnya yaitu di SMP Ping Yi Secondary School, ia berhasil masuk dalam jajaran 20 besar siswa terbaik di sekolah tersebut, kemudian dalam jangka kurang dari setahun, ia berhasil masuk dalam peringkat 10 besar siswa terbaik dan kemudian menjadi siswa urutan teratas yang mempunyai nilai rata-rata A dalam setiap mata pelajaran. Ia menjadi siswa pertama dari SMP Ping Yi Secondary School yang memenuhi syarat untuk masuk di Victoria Junior College yang merupakan SMU terbaik di Singapura.

Masuk di SMU Terbaik
Di Victoria Junior College, Adam tetap menjadi yang terbaik. Ia lulus dari Victoria Junior College dengan nilai A semua dan sebagai lulusan terbaik dari sekolah tersebut. Adam pun masuk ke National University of Singapore (NUS) jurusan Administrasi Bisnis. NUS merupakan universitas terbaik di Singapura. Di NUS, setiap tahun ia masuk sebagai mahasiswa terbaik di kampusnya.

Prestasi akademiknya yang luar biasa membuat ia berhasil masuk ke NUS Development Program. Inilah program bagi mahasiswa Top One Percent yaitu Mahasiswa dengan prestasi akademis yang sempurna. Program bagi para jenius. Dari NUS, Adam lulus juga sebagai lulusan terbaik.

Bisnis Adam Khoo
Itulah kesuksesan Adam di dunia akademisnya. Bagaimana dengan dunia bisnis? Prestasi Adam di dunia bisnis ditandai pada saat Adam berusia 26 tahun. Ia telah memiliki empat bisnis dengan total nilai omset per tahun US$ 20 juta.Kisah bisnis Adam dimulai ketika ia berusia 15 tahun. Ia berbisnis music box. Bisnis berikutnya adalah bisnis training dan seminar.

Pada usia 22 tahun, Adam Khoo adalah trainer tingkat nasional di Singapura. Klien-kliennya adalah para manager dan top manager perusahaan-perusahaan di Singapura. Bayarannya mencapai US$ 10.000 per jam.

Saat ini Adam Khoo menjadi founder dan Master Chief Trainer of Adam Khoo Learning Technologies Group, sebuah lembaga pendidikan swasta terbesar di Asia, adapun sektor bisnisnya meliputi periklanan, pelatihan perusahaan dan investasi profesional. Lembaganya melatih lebih dari 80.000 orang pertahun di 7 negara di Asia. Adam Khoo sendiri masuk di peringkat 25 orang terkaya di Singapura dibawah usia 40 tahun oleh majalah Executive pada tahun 2008.

Apa sebenarnya yang terjadi dengan Adam Khoo. Bagaimana seorang anak yang dicap bodoh, hobinya nonton TV dan main games bisa meraih sukses seperti itu? Sukses yang mungkin sekali tidak diraih oleh teman-teman seangkatannya. Teman-teman yang di SD-nya pintar? ada tiga hal besar yang menjadi kunci sukses Adam Khoo. Tiga kunci sukses ini pun yang menhantarkan siapapun meraih sukses. Nah, sebutlah orang sukses yang anda kenal. Dan perhatikan, bagaimana kondisi tiga hal berikut ini pada diri orang sukses itu:
  1. Tujuan yang Jelas
  2. Keyakinan yang Benar dan Kuat
  3. Aksi yang tepat
Tidak pernah ada kata terlambat untuk berubah. Keyakinan yang besar akan membantu diri sendiri mengeluarkan semua kemampuan untuk mencapai tujuan. Dan tujuan raksasa akan menghasilkan energi raksasa. Semoga kisah ini bermanfaat bagi pembaca biografiku.com sekalian. Salam sukses. :) 
Advertisement
Seluruh artikel biografi yang ada pada situs ini kami himpun dari berbagai sumber. Sedapat mungkin informasi yang disampaikan akurat dan benar, Kami mohon maaf jika informasi yang disampaikan masih terdapat kekeliruan atau kesalahan, Mohon untuk menghubungi kami melalui halaman Hubungi Kami atau melalui kotak komentar yang tersedia.
Mau Kisah Biografi Tokoh terbaru yang inspiratif buat kamu?? Yuk Ikuti kami di Facebook :
Komentar Sahabat Melalui Facebook
3 Komentar Sahabat Melalui Blogger

3 Berkomentar Tentang "Biografi Adam Khoo - Dulu Bodoh Kini Menjadi Miliarder"

  1. hmmm....
    tmbah termotivasi nich
    biar bs jd skses kya adam khoo gtuh hehehehe

    semangat peleh oyehh
    thankz

    BalasHapus
  2. kemaren gue di trining... trus dpt cerita tentang sosok adam khoo... wow bgt!

    BalasHapus
  3. Waktu aku SD kelas 4 aku dikasih cerita itu sama guru aku ..
    Aku inget ini tadi , waktu ada tugas B.I ..
    Aku Liat ada biografi nya , aku tertarik baca lagi .. Rasanya aku piLih ini jadi topik tugas aku ..


    Aku pengen jadi kayak diaa ..
    Aku bisa .. Aku bisaa

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar Jika Sobat Mempunyai Opini Yang Menarik Sesuai Dengan Artikel. Terima Kasih Sudah Berkunjung