Beranda Aktor Biografi Nicholas Saputra – Aktor Film Indonesia

Biografi Nicholas Saputra – Aktor Film Indonesia

Biografi Nicholas Saputra - Aktor Film Indonesia

Biografi Nicholas Saputra. Aktor film indonesia ini lahir di Jakarta, 24 Februari 1984, merupakan artis keturunan indo-jerman dengan ayah bernama Horst Schbring yang berkebangsaan Jerman, namun sangat sedikit informasi pribadi yang didaptkan mengenai keluarga dan masa kecil dari Nicholas Saputra. Ia memulai karier sebagai seorang model pada sebuah peragaan busana karya Samuel Wattimena. Namanya mulai dikenal setelah membintangi film Ada Apa Dengan Cinta? (AADC) pada tahun 2002 bersama Dian Sastrowardoyo. Di film tersebut ia berperan sebagai tokoh Rangga. Nicholas yang sudah menyukai dunia seni peran sejak kecil, beberapa kali ikut casting film sebelum akhirnya diterima sebagai pemeran Rangga dalam AADC. Ia merupakan lulusan Arsitektur di Fakultas Teknik Universitas Indonesia.


Namanya yang meroket di dunia perfilman tanah air ketika itu membuat Nicholas Saputra dinominasikan sebagai aktor terbaik dalam Festival Film Indonesia 2004 untuk perannya dalam dua film, masing-masing Biola Tak Berdawai dan Ada Apa Dengan Cinta?, namun kalah dari aktor Tora Sudiro. Setahun kemudian, dalam Festival Film Indonesia 2005, ia kembali diunggulkan dalam dua film dalam kategori yang sama untuk perannya sebagai Soe Hok Gie dalam Gie dan sebagai Joni dalam Janji Joniā€“dan berhasil merebut penghargaan tersebut untuk perannya sebagai Gie.

Biografi Nicholas Saputra - Aktor Film Indonesia

Pada tahun 2007, Nicholas membintangi film 3 Hari untuk Selamanya bersama Adinia Wirasti. Film karya Riri Riza ini cukup mendapat sambutan dalam berbagai festival film internasional meskipun tak diikutsertakan dalam Festival Film Indonesia (FFI) 2007. Tahun berikutnya, 2008, Nicholas kembali berakting dalam tiga film berdurasi di atas 30 menit yang tayang di bioskop. Yakni film Cinta Setaman (sutradara Harry Dagoe), Drupadi (Riri Riza) dan 3 Doa 3 Cinta (Nurman Hakim). Film yang disebut terakhir mengantarkan Nicholas meraih gelar “Leading Actor” dalam Guardians e-Awards 2009 serta kembali menjadi unggulan aktor terbaik dalam Festival Film Indonesia 2008.

BACA JUGA :  Biografi Laszlo Biro - Penemu Ballpoint (Pulpen)

Nicholas pun mendapatkan penghargaan dalam bidang akting dari berbagai penganugerahan sejenis FFI. Penghargaan pertamanya adalah sebagai Aktor Terbaik Bali International Film Festival 2003 untuk perannya dalam film Biola Tak Berdawai. Selain itu, Nicholas juga menjadi Most Favorite Actor versi MTV Indonesia Movie Awards 2005 dan Aktor Terbaik Indonesian Movie Awards 2007 berkat aktingnya dalam film Janji Joni.

Biografi Nicholas Saputra - Aktor Film IndonesiaPengakuan lain atas kemampuan Nicholas, ia dapatkan dalam bentuk menjadi pembicara dalam berbagai pelatihan mengenai film dan menjadi juri dalam berbagai festival film di dalam mau pun di luar negeri. Salah satunya adalah dengan menjadi juri Best Asian Films dalam Singapore International Film Festival 2008 yang memperebutkan Silver Screen Awards.

Karier Nicholas juga diisi dengan membintangi film pendek untuk kampanye sebuah brand mobil, yakni Yaris Movie (2006) dan film lain berjudul Hulahoop Soundings bersama Ladya Cheryl yang ditayangkan dalam Jakarta International Film Festival (Jiffest) 2008.

Selain berkarier sebagai aktor, Nicholas juga menjadi bintang iklan berbagai produk dan model video klip, antara lain Tentang Seseorang (Anda, 2002), Tak Mampu Mendua (Kahitna, 2003), Ingat Kamu (Duo Maia, 2008), Shadows (Nidji band, 2008) dan Pernah Muda (Bunga Citra Lestari, 2008). 

Nicholas Saputra sempat vakum beberapa tahun kemudian kembali ke layar lebar bermain dalam film berjudul Sarinah pada tahun 2011 dan kemudian bermain dalam beberapa film pada tahun 2012, 2013 dan 2014. Pada tahun 2014, Nicholas Saputra sempat membintai iklan Line yang juga merupakan film pendek dari kelanjutan Ada Apa Dengan Cinta?.

Biografi Nicholas Saputra - Aktor Film Indonesia

Hingga kemudian pada tahun 2016, Nicholas Saputra kembali berperan sebagai Rangga dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2 bersama lawan mainnya Dian Sastrowardoyo. Film ini kemudian kembali mengangkat nama Nicholas Saputra dalam dunia perfilman Indonesia. www.biografiku.com

Advertisement