Beranda Artis Biografi Sule, Dari Hobi Melawak Hingga Pernah Menjadi Pegadang Ayam Goreng

Biografi Sule, Dari Hobi Melawak Hingga Pernah Menjadi Pegadang Ayam Goreng

Biografiku.com | Sule dikenal sebagai salah satu artis atau selebriti di Indonesia. Di dunia hiburan ia dikenal sebagai pelawak multi talenta dan juga presenter di televisi. Jalan Panjangnya menjadi bintang di dunia hiburan sangat panjang dan berliku namun sekarang kesuksesan di dunia hiburan bisa diraihnnya setelah perjuangannya yang panjang.

Biografi Sule, Dari Hobi Melawak Hingga Pernah Menjadi Pegadang Ayam Goreng

Sebelum sukses menjadi artis Indonesia, sebagala macam profesi ia pernah geluti. Mulai dari berjualan ayam goreng dan berdagang kain ia pernah lakoni. Namun bakatnya sebagai komedian membuat ia sukses. Bagaimaana kisiahnya?

Biografi Sule

Entis Sutisna atau lebih dikenal dengan nama Sule lahir di Bandung, Jawa Barat, 15 November 1976 adalah pemeran yang berawal dari Grup Lawak SOS, Audisi Pelawak TPI (API). Sule semakin dikenal via acara Opera Van Java di Trans7 bersama Andre Taulany, Parto, Nunung dan Azis Gagap.

Karirnya semakin meningkat dengan acara Awas Ada Sule di Global TV yang dibintangi mantan pemain bola voli nasional, Hikmal Abrar. Selain melawak, alumnus STSI Bandung ini dikenal pintar menyanyi. Sejak masih duduk di bangku kelas 3 SD, Ia sudah sering tampil di panggung tujuh belas Agustusan, untuk menari.

…Sejak umur lima tahun kalau dengar musik jaipongan bawaannya selalu joget. Aku memang senang sekali menari, mulai dari situ saya jadi sering dapat juara. Tidak hanya di Jawa Barat, tetapi juga sampai Jakarta” 

Karena senang menari itulah, akhirnya orang tua mendaftarkannya ke sanggar Kandaga. Seperti halnya Oni, teman satu kelompoknya, Ia juga sudah terbiasa mencari uang sejak kecil.

BACA JUGA :  Biografi Sosrodjojo, Kisah Keluarga Pendiri 'Teh Botol Sosro'

Untuk urusan belajar, ternyata Ia paling malas sukanya menyontek.Hobi menarinya sempat terhenti ketika duduk di bangku SMP. Baru tumbuh lagi saat masuk SMKI, Ia mengakui setelah berjuang selama bertahun-tahun. Sejak SMP, baru sekarang meneguk hasilnya. Dulu dia tinggal di rumah petak kontrakan.

….Dulu, boro-boro buat beli baju, bayar rumah sama makan saja harus meminjam dari tetangga.

Hidup prihatin sempat dirasakan pria berambut pirang panjang ini. Orangtuanya adalah pedagang bakso di Cimahi, di malam hari Sule kecil membantu berjualan jagung rebus keliling kompleks.

Biografi Sule, Dari Hobi Melawak Hingga Pernah Menjadi Pegadang Ayam Goreng

Menikah Dengan Lina

Sule menikah dengan Lina Subaedah pada tahun 1997. Karena penghasilan dari melawak tidak menentu, mereka berdagang ayam goreng dan berjualan kebaya. “Penghasilannya cuma Rp20.000 sehari. Belanja sayur, sebagian lagi beras, sabun, dan untuk jajan anak, nggak cukup,” paparnya.

Karirnya sebagai artis baru bersinar ketika ia dan dua temannya, Ogi Suwarna dan Obin Wahyudin mengikuti audisi lawak API (Akademi Pelawak Indonesia) di TPI. Setahun kemudian, Ia menjuarai Superstar Show, sebuah acara duet selebriti di Indosiar, dan berhak membawa pulang sebuah mobil. Puncaknya ketika ia membintangi OVJ.

Karakter Pelawaknya Kuat

Sule tampak sebagai pelawak multi talenta lewat sebuah acara televisi (reality-show) SuperStar Show yang ditayangkan Indosiar, kira-kira 2 tahun yang lalu. Dalam acara berupa kontes nyanyi secara berpasangan tersebut, Ia akhirnya menjadi juara. Waktu itu dia berduet dengan Jaja.

Karakternya yang unik, multy-talented, dan humoris membuat duet Sule-Jaja dengan mudah disukai dan dikenal para pemirsa acara SuperStar. Ternyata terbukti kemudian.

Terhitung semenjak usai menjuarai event SuperStar, Ia pun mulai sering tampil di layar kaca (televisi). Dari menjadi presenter (MC), bintang tamu talkshow, pengisi acara musik, hingga menjadi komedian/pelawak seperti saat ini.

Biografi Sule, Dari Hobi Melawak Hingga Pernah Menjadi Pegadang Ayam Goreng

Naik Daun di Opera Van Java

Dari ranah komedi, nama Sutisna alias Sule sepanjang tahun ini merajai televisi. Selain tampil di acara komedi Opera Van Java (OVJ) di Trans 7, Ia juga memandu reality show BigShow di TPI. Jika tak syuting, Ia mengisi berbagai acara off air.

BACA JUGA :  Biografi Rowan Atkinson - Mr.Bean

Khusus untuk tahun 2009, Pekerjaan yang diterimanya di dunia hiburan Indonesia tergolong cukup banyak. Acara tv yang bisa dibilang mempopulerkannya (selain SuperStar) yaitu OKB, Opera Van Java, dan Awas Ada Sule.

Kelebihan Sule

Sule memang punya talenta tersendiri yang membuat ia layak disejajarkan dengan Tukul Arwana, Komeng, Eko Patrio, Parto, maupun Olga Syahputra yang sempat dinobatkan sebagai 5 Pelawak Termahal Indonesia). Yang patut diapresiasi, Ia juga bukan tergolong pelawak dadakan.

Ia memang memulai merintis karier melawaknya dari NOL Popularitas yang dicapainya sekarang bukanlah secara instan, namun berkat kegigihan dan perjuangan. Di samping talenta unik yang memang dianugerahkan Yang Maha Kuasa padanya.

Seperti Komeng, Ia punya kemampuan spontanitas lelucon yang tergolong sangat responsif, cepat, kreatif dan bagus. Dalam tampilan dipanggung juga punya kemampuan blocking yang lumayan. Ia termasuk salah satu pelawak yang punya karakter melucu yang kuat dan unik.

Bakat melawak Sule agaknya diturunkan sang ayah, yang penjual bakso keliling. Ayahnya selalu membanyol dan membuat para pembeli baksonya tertawa. Akan tetapi ia mengawali naik panggung bukan dengan lawakan, melainkan sebagai pemain musik yang kemudian mendirikan grup lawak SOS bersama Ogi dan Oni.

Setelah memenangkan audisi melawak di TPI, nama Sule pelan-pelan melejit. Tetapi baru di acara Superstar Show, namanya menanjak hingga sekarang. Meski sudah sangat terkenal, Ia masih memendam cita-cita. Dia ingin go international kendati tak bisa berbahasa Inggris.

Biografi Sule, Dari Hobi Melawak Hingga Pernah Menjadi Pegadang Ayam Goreng

Keluarga Sule

Entis Sutisna aatau Sule diketahui menikah dengan dengan Alm. Lina Jubaedah pada tahun 1997. Dari pernikahannya ini mereka dikaruniai tiga orang anak bernama Putri Delina, Rizky Febian, Rizwan dan Ferdinand. Namun Sule dan Lina Jubaedah memutuskan bercerai pada tahun 2018.

BACA JUGA :  Ini 10 Fakta Unik Tentang Mohammad Hatta

Sule kemudian menikah lagi dengan Nathalie Holscher yang dikenal sebagai presenter tv, penyanyi, DJ, dan juga model. dari pernikahannya ini, ia memiliki seorang anak bernama Adzam Adriansyah Sutisna. Namun pada tahun 2022, Natalie menggugat cerai Sule.

Advertisement