Beranda Atlet Biografi Usain Bolt – Manusia Tercepat Di Dunia

Biografi Usain Bolt – Manusia Tercepat Di Dunia

usain bolt, biografi, profil, olahragawanBiografi Usain Bolt. Ia lahir di Trelawny, Jamaika 21 Agustus 1986, adalah seorang pelari dari Jamaika dan di juluki sebagai manusia tercepat di dunia saat ini. Bolt adalah pemegang rekor dunia lari 100m dan 200m putra saat ini, masing-masing dengan catatan waktu 9,58 detik dan 19,19 detik yang diciptakannya pada Kejuaraan Atletik Dunia 2009. Kedua rekor tersebut memecahkan rekor lama yang juga dipegangnya, 9,69 detik dan 19,30 detik yang ia ciptakan pada Olimpiade Beijing 2008. Rekor 100 meter di Olimpiade Bejiing tersebut sendiri memecahkan rekor sebelumnya yang juga ia pegang, 9,72 detik yang diciptakan di Kejuaraan Reebok New York pada 31 Mei 2008.


Selain itu di Beijing ia juga menciptakan rekor dunia baru (37,10 detik) dalam nomor 4 x 100m estafet bersama rekan-rekannya. Pada tahun 2004 ia menciptakan rekor dunia junior baru pada nomor lari 200 m dengan catatan waktu 19,93 detik. Ia meraih medali perak pada Kejuaraan Dunia 2007 di Osaka dalam nomor lari 200 m dengan waktu 19,91 detik. Pada Kejuaraan Dunia Atletik 2009 yang dilangsungkan di Berlin ia memecahkan rekor dunia baru di nomor lari 200 meter dengan catatan waktu 19,19 detik dan tercatat sebagai rekor dunia baru.

usain bolt, biografi, profil, olahragawan
Usain Bolt

Selain menjalankan sebagai karier, Bolt juga suka menari dan kegiatan yang berkaitan dengan menari dalam kehidupan pribadinya. Teman-temannya dan keluarga menggambarkan dia sebagai atlet rileks dan santai. Bolt dihormati beberapa pelari terbaik seperti Herb McKenley dan Don Querrie. Bolt juga mengagumi Michael Johnson sebagai seorang atlet yang sangat baik. Bolt memberikan sportivitas yg sangat baik kepada atlet sebayanya. Meskipun Bolt memenangkan medali pada usia yang sangat muda, dia jg sangat rendah hati. Dia tidak pernah menunjukkan rasa tidak hormat kepada setiap olahragawan di bidang yang sama atau bidang lainnya.

BACA JUGA :  Biografi Lenin - Revolusioner Komunis Rusia

Konon dari masa kecilnya, Bolt sangat menyukai kriket dan ia bermimpi untuk menjadi bowler cepat seperti Waqar Younis karena dia sangat menyukai tim kriket Pakistan. Ia juga penggemar berat kriket Sachin Tendulkar seperti dari India, Mathew Hayden dari Australia dan Chris Gayle dari Hindia Barat. Bolt juga menyatakan ia sangat suka Sepakbola dan ia adalah penggemar besar dari Manchester United. Setelah Usain pergi ke Manchester untuk menjalankan praktek dan di sana ia bersemangat untuk memenuhi seluruh tim Manchester. Dia juga memberikan beberapa saran berlari utama untuk pemain Portugal Cristiano Ronaldo.

setelah menang gemilang di kejuaraan dunia junior pada tahun 2002 ia menandatangani kesepakatan dengan Puma yang men-sponsorinya dalam banyak video yang dibuat pada saat Olimpiade 2008 di Beijing. Video-Nya pada dasarnya termasuk sesi pelatihan dan saat berjalan lain dalam hidupnya. Selama menjalankan latihan di Olimpiade Beijing ia mengenakan sepatu emas yang disponsori oleh Puma dan menjadi merek terkenal di dunia. Manajer Nya membuat keuntungan besar dari dia. Bolt mencintai negaranya Jamaika, dan ini adalah alasan utama bahwa meskipun yang ditawarkan oleh perguruan tinggi Amerika sponsor banyak, ia tidak pernah memutuskan untuk pergi, dan hanya tinggal dan berlatih di kota kelahirannya merek. Kecintaan untuk Negaranya benar-benar luar biasa. Bolt menerima banyak penghargaan dari pemerintah dan sekarang dia semakin terkenal pada saat ini.

Advertisement