Beranda Aktor Biografi Jason Statham – Aktor Hollywood

Biografi Jason Statham – Aktor Hollywood

Biografi Jason Statham, Aktor Hollywood

Jika pernah menonton film Hollywood seperti Transporter, The Italian Job, Mechanic, Death Race, ataupun The Expendables anda pasti mengenal sosok Jason Statham yang bermain dalam film-film laga tersebut. Artikel kali ini akan membahas tentang Biografi Jason Statham yang merupakan Aktor Hollywood yang lagi ‘naik daun’ di dunia perfilman mancanegara. Bernama lengkap Jason Michael Statham dilahirkan pada tanggal 12 Desember 1972 di Sydenham, Inggris. Jason Statham merupakan Aktor Hollywood yang berasal dari Inggris. Ia terlahir dari Ibu yang merupakan seorang penari ballroom dancer. Saat masih muda, Statham bersama ayah dan saudara laki-lakinya biasa jualan barang ilegal dari pasar gelap di jalanan kota London. Ia mulai bermain film sejak tahun 1998. Sejak masih kecil minat Jason Statham sebenarnya adalah olahraga. Saat masih bersekolah Jason Statham dikenal sebagai atlet dalam olahraga menyelam. Jason Statham ketika itu bahkan tercatat sebagai anggota National Diving Squad selama 12 tahun. Jason Statham juga seorang atlet senam dan beladiri. Statham mengakhiri karir atletnya di kejuraan dunia pada tahun 1992.


Suatu ketika, saat Jason sedang berlatih di Crystal Palace National Sports Centre di London, sebuah tim pencari bakat melihat bakat Jason dan mengajaknya untuk terjun di dunia modelling. Lagi-lagi keberuntungan berpihak pada aktor ini. Saat menjadi model iklan dari produk pakaian French Connection, sutradara Guy Ritchie menawarinya untuk ikut bermain dalam filmnya. Ritchie mengaku kepincut sosok Statham saat menjadi bintang iklan Levi jeans selain pengalamannya di dunia pasar gelap. Maklum, saat itu Ritchie memang mencari karakter yang tepat untuk tokoh Bacon yang kehidupannya tak jauh-jauh dari sales pasar gelap. Maka mulailah Jason Statham menggeluti dunia peran lewat film pertamanya Lock, Stock And Two Smoking Barrels pada tahun 1998. Saat itulah kemudian ia mulai terkenal di dunia perfilman.

BACA JUGA :  Biografi Yngwie Malmsteen - Gitaris Terbaik Dunia

Dalam setiap filmnya ia selalu memamerkan kebolehannya tanpa bantuan stuntman (pemeran pengganti). Di samping keahliannya dalam ilmu beladiri, pria ini juga dibekali dengan aksen Inggris yang unik dengan nada suara yang berat, sehingga sangat pas jika ia dinobatkan sebagai aktor action paling fenomenal di Hollywood saat ini. Sama seperti Donnie Yen, Jason Statham juga menguasai bela diri kickboxing, wing chun kung fu, karate dan Jujitsu. Saat syuting THE TRANSPORTER I di tahun 2002, Jason Statham melakukan semua aksi berbahaya tanpa bantuan Stuntman, terutama untuk adegan menyelam dan adu jotos.

Jason Statham merupakan penggemar dari film James Bond seperti yang dikatakannya bahwa “Tokoh James Bond itu telah ada sejak dulu. Saya merupakan penggemar James Bond dan saya menoton setiap film-filmnya. Jika saya mendapatkan peran yang bergengsi itu, maka saya akan berpikir untuk menambahkan sebuah hal baru, gaya modern pastinya”

Biografi, Jason Statham, Aktor Hollywood
Jason Statham

Saat syuting di Amerika, Statham lebih banyak menghabiskan waktunya di Los Angeles, California. Baginya, Inggris tetap menjadi rumah baginya. Teman dan keluarga adalah hal utama yang membuatnya selalu kangen Inggris. Jason Statham pernah diusir dari pesta yang digelar bos Playboy di mansionnya, gara-gara dia menolak berpose panas dengan model-model Playboy yang kebetulan juga diundang di pesta bertajuk Midsummer Night’s Dream Party pada Agustus 2008 silam. Jason Statham menjalin hubungan dengan model Playboy, Kelly Brook, selama tujuh tahun. Sayang hubungan indah itu tak putus saat Brook bertemu Billy Zane. Putus dari Zane, Brook kembali ke Statham, meski akhirnya hubungan ini tak bertahan lama, dan sejak April 2010, Statham akhirnya resmi menjadi kekasih Rosie Huntington-Whiteley, model Victoria’s Secret yang juga bintang Transformers : Dark In The Moon.

Berikut Daftar Film-film yang dibintangi oleh Jason Statham

  • 1998 Lock, Stock and Two Smoking Barrels
  • 2000 Snatch, Turn It Up
  • 2001 Ghosts of Mars, The One, Mean Machine
  • 2002 Thai Boxing: A Fighting Chance, The Transporter
  • 2003 The Italian Job
  • 2004 Collateral, Cellular
  • 2005 Transporter 2, Revolver, London
  • 2006 Chaos, The Pink Panther, Crank
  • 2007 War, In the Name of the King: A Dungeon Siege Tale,
  • 2008 The Bank Job, Death Race, Transporter 3
  • 2009 Crank 2: High Voltage, The Brazilian Job
  • 2010 The Expendablles
  • 2011 The Mechanic, Blizt, The Killer Elite
  • 2012 Safe, The Expendables 2
BACA JUGA :  Biografi Atta Halilintar, Raja Youtuber Indonesia dan Se-Asia Tenggara

Itulah sepenggal cerita mengenai biografi jason statham, yang kisahnya berawal dari atlet olahraga hingga menjadi seorang aktor hollywood terkenal. Semoga informasi ini menjadi bermanfaat bagi para pembaca.

Advertisement