Biografi Fredrik Idestam - Pendiri Nokia

Biografi Fredrik Idestam - Pendiri Nokia

Advertisement
Advertisement
Biografi Fredrik Idestam - Pendiri Nokia
Profil dan Biografi Fredrik Idestam. Siapa yang tidak mengenal Nokia, sebuah perusahaan produsen telekomunikasi yang pernah berjaya di dunia. Namun sejak divisi perangkat telekomunikasinya diakuisisi oleh microsoft, Nokia sudah jarang lagi mengeluarkan produk handphone yang baru dengan nama produk Nokia. Kesuksesan Nokia tidak terlepas dari campur tangan Fredrik Idestam yang dikenal sebagai pendiri Nokia. Perusahaan Nokia berbasis di Finlandia, perusahaan tersebut merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di negeri itu. Mengenai Fredrik Idestam sendiri, beliau dilahirkan di Tyrväntö, Finlandia pada tanggal 28 Oktober 1838. Nama lengkap dari Fredrik Idestam adalah Fredrik Knut Idestam. Sangat sedikit informasi mengenai riwayat pendidikan dari Fredrik Idestam. Namun diketahui bahwa beliau merupakan seorang Insinyur pertambangan. Meskipun bergelar Insinyur dan master Pertambangan, Fredrik Idestam memulai usahanya dalam bidang produksi kertas.

Mendirikan Usaha Pabrik Pembuatan Kertas bernama Nokia
Usaha produksi kertas dilakoni oleh Idestam karena melihat peluang pasar tersebut sangat besar di Eropa ketika itu dimana permintaan industri terhadap kertas sangat tinggi. Hal lain yang mendasari Idestam merintis usaha pabrik kertas adalah teknologi baru mengenai pembuatan kertas yang ia bawa dari Jerman ke Finlandia ketika itu, dimana sebelumnya teknologi pembuatan kertas di Finlandia masih menggunakan kain sebagai bahan bakunya namun berkat teknologi dari Heinrich Voelter mengenai pembuatan kertas menggunakan bahan baku kayu maka Idestam kemudian mengadopsinya dan memperkenalkannya di Finlandia. Setelah mendapat izin pada tanggal 12 mei 1865, maka pabrik pembuatan Kertas Idestam resmi berdiri dengan nama Nokia. dan tanggal berdirinya kemudian diperingati sebagai hari berdirinya perusahaan Nokia.

Nama Nokia berasal dari sebuah komunitas yang ada di sungai Emakoski yang berada di negara Finlandia selatan. Pabrik nokia sendiri didirikan di samping air terjun di Tampere pada tahun 1866. Pabrik Nokia sengaja didirkan didekat air tejun mengat air terjun digunakan sebagai pembangkit listrik untuk pabrik tersebut dan kayu yang melimpah disekitar pabrik tersebut sebagai bahan baku kertas.

Tingginya permintaan kertas menjadikan pabrik yang didirikan oleh Fredrik Idestam berkembang dengan pesat. Hingga kemudian pada tahun 1871, Fredrik Idestam bersama Leo Mechelin memindahkan usahanya ke kota Finlandia dan kemudian resmi mendirikan perusahaan bernama Nokia Ltd. Perusahaannya ketika itu menjadi perusahaan kertas terbesar di Finlandia dan berhasil mengasai Industri kertas serta ekspor kertas ke wilayah Eropa Lainnya.

Kemudian pada tanggal 8 April 1916, Fredrik Idestam sebagai Pendiri Nokia wafat dan meninggalkan perusahaan Nokia kepada penerusnya. Hingga kemudian ketika perang dunia I selesai, pada tahun 1920, Nokia Ltd terus berkembang menjadi perusahaan pembuat kertas terkemuka di daratan Eropa. Kemudian perusahaan Finnish Rubber Works yang bergerak di bidang Karet Mentah dan Finnish Cable Works yang bergerak di bidang Kabel dan Telegraf yang ada di finlandia bergabung dengan Nokia.

Nokia Menjadi Produsen Telekomunikasi Dunia
Biografi Fredrik Idestam - Pendiri Nokia
Logo Nokia
Hingga kemudian di tahun 1950, Chief Executive Officer (CEO) Nokia bernama Björn Westerlund kemudian meramalkan bahwa masa depan pertumbuhan beberapa sektor bubur kayu dan kertas akan terbatas dan sebagai gantinya dibangun sebuah divisi elektronik di pabrik kabel Helsinki, dari sinilah cikal bakal mulai menjurus ke sektor seluluer. Selama 15 tahun Nokia elektronik mengalami masa percobaan dari beragam kesalahan. Akan tetapi, dari semua kesalahan dan percobaan itu, secara bertahap justru terbangun keterampilan substansial dari sekumpulan ahli yang berbakat. Tahun 1970-an Nokia dan pabrik pembuat televisi Salora bergabung untuk mengembangkan telepon genggam (telepon seluler).
Produk Nokia
Pada awal 1981, Nokia berhasil meluncurkan produk bernama Nordic Mobile Telephony (NMT). NMT merupakan jaringan selular multinasional pertama di dunia. Karena itu, sepanjang dekade 1980-an NMT diperkenalkan ke sejumlah negara dan mendapat sambutan yang luar biasa. Kini sebanyak 2.100 seri ponsel Nokia mendulang sukses. Target penjualan sebanyak 500 ribu unit berhasil diraih pada 1994. Dengan tenaga kerja sebanyak 54 ribu orang, produk Nokia terjual di 130 negara. Sekarang mungkin setiap orang tahu telepon seluler yang mudah dalam pengoperasiannya adalah Nokia, karena itulah moto Nokia. Nokia menjadi produsen ponsel terbesar di dunia. Pada tahun 1998, fokus Nokia pada telekomunikasi dan investasi awal dalam teknologi GSM telah membuat perusahaan menjadi pemimpin ponsel di dunia. Namun Nokia tak selamanya berjaya, pada awal tahun 2010, kerasnya persaingan produk ponsel dunia akhirnya membuat Nokia terus menerus mengalami kemunduran, Nokia yang terus menerus mengalami kerugian hingga pada akhirnya tepat pada tanggal 25 April 2014, Nokia resmi diakuisisi oleh Microsoft yang kemudia mengakhiri kejayaan Nokia perusahaan yang dibangun oleh Fredrik Idestam dalam bisnis telepon selular selama 34 tahun.
Advertisement
loading...
Seluruh artikel biografi yang ada pada situs ini kami himpun dari berbagai sumber. Sedapat mungkin informasi yang disampaikan akurat dan benar, Kami mohon maaf jika informasi yang disampaikan masih terdapat kekeliruan atau kesalahan, Mohon untuk menghubungi kami melalui halaman Hubungi Kami atau melalui kotak komentar yang tersedia.
Mau Kisah Biografi Tokoh terbaru yang inspiratif buat kamu?? Yuk Ikuti kami di Facebook :
Komentar Sahabat Melalui Facebook
1 Komentar Sahabat Melalui Blogger

1 Orang Berkomentar Tentang "Biografi Fredrik Idestam - Pendiri Nokia"

Silahkan Berkomentar Jika Sobat Mempunyai Opini Yang Menarik Sesuai Dengan Artikel. Terima Kasih Sudah Berkunjung