Beranda Biografi Tokoh Dunia Biografi Anthony Robbins, Kisah Pembersih Toilet Menjadi Motivator Termahal di Dunia

Biografi Anthony Robbins, Kisah Pembersih Toilet Menjadi Motivator Termahal di Dunia

Biografiku.com | Anthony Robbins dikenal sebagai seorang motivator, pelatih, pembicara dengan bayaran termahal di dunia. Banyak orang yang mengatakan bahwa ia merupakan pembicara, pelatih, motivator terbesar abad ini.

Biografi Anthony Robbins - Kisah Pembersih Toilet Hingga Menjadi Motivator Termahal di Dunia

Namun tak ada yang menyangka sebelum ia sukses seperti sekarang ini sebagai seorang milyarder dan motivator terbaik, ia dulu hanyalah seorang pembersih toilet. Bagaimana kisahnya?

Biografi Anthony Robbins

Anthony Robbins dengan nama asli Anthony J. Mahavorick pada tanggal 29 Februari 1960 di wilayah California, Amerika Serikat. Ayahnya bernama Sage Robbins dan ibunya bernama Becky Robbins. Anthony Robbins lahir dari keluarga yang sangat miskin.

Ia berasal dari keluarga ‘broken home‘. Ibunya yang kawin cerai sehingga ia memiliki ayah tiri sebanyak tiga orang sehingga keluarganya menjadi tidak harmonis.

Saking miskinnya Anthony Robbins, ia pernah harus menerangi rumahnya dengan lilin. Itu karena ia tak mampu untuk membayar tagihan listrik.

Menjadi Pembersih Toilet

Melihat kondisinya yang seperti itu sehingga Anthony Robbins kemudian mengambil keputusan dengan meninggalkan rumahnya pada tahun 1977. Ia memilih untuk bekerja dan berpisah dengan ibunya. Pekerjaanya adalah sebagai Janitor atau pembersih Toilet.

Gajinya dari pekerjaannya sebagai pembersih toilet itu hanya sebesar 50 dollar seminggu. Karena ia tak punya tempat tinggal, ia kemudian menyulap toilet menjadi tempat tinggalnya.

Pekerjaanya sebagai pembersih toilet membuatnya tidak merasa puas sehingga ia kemudian bekerja juga sebagai seorang sales music di perusahaan Pearl Music Company secara door to door.

Di tempat kerjanya sebagai pembersih toilet, ia melihat toiletnya selalu sepi pengunjung karena banyak pengemis atau gelandangan yang berada di depan toiletnya. Hal ini kemudian membuat pemilik toilet tempat Anthony Robbins bekerja menyuruhnya untuk mengusir gelandangan dan pengemis tersebut.

BACA JUGA :  Biografi Howard Schultz, Kisah Karyawan Miskin Menjadi Pemilik Starbucks

Anthony Robbins bukanlah orang yang tega melakukan hal tersebut selain itu ia juga mengerti dengan keadaan ketika merasa sedang sangat kekurangan seperti pengemis atau gelandangan tersebut.

Biografi Anthony Robbins - Kisah Pembersih Toilet Hingga Menjadi Motivator Termahal di Dunia

Cara yang ditempuh oleh Anthony Robbins cukup baik, ia menasehati dan memberi motivasi kepada para gelandangan dan pengemis tersebut untuk merubah nasib dan pergi dari tempatnya tersebut. Hal ini cukup efektif, hal ini juga yang kemudian merubah hidupnya.

Beberapa tahun setelah kejadian itu, ia kemudian bertemu dengan pengemis yang ia pernah nasehati dan beri motivasi. Namun pengemis tersebut sudah menjadi seorang manager di sebuah perusahaan dan bahkan Anthony Robbins tak mengenal pengemis tersebut.

Orang tersebut kemudian mengatakan kepadanya bahwa Anthony Robbins memiliki bakat yang hebat untuk memotivasi orang hingga kemudian ia diajak untuk mengikuti seminar Motivasi Jim Rohn dengan biaya 10.000 Dollar. Gelandangan tersebut mengatakan bahwa ia bisa sukses karena mengkuti seminar Jim Rohn.

Titik Balik Seorang Anthony Robbins 

Uang dengan jumlah 10.000 Dollar bukanlah jumlah yang sedikit buat Anthony Robbins. Baginya uang tersebut sangatlah banyak sekali. Ia memang berfikir untuk mengikuti seminar yang diadakan oleh Jim Rohn.

Ia kemudian memutar otak bagaimana agar ia dapat mengikuti seminar tersebut. Beruntung setelah mencari pinjaman kemana-mana, seorang nenek yang cukup kaya bersedia meminjaminya uang dengan jumlah tersebut, Anthony Robbins juga meyakinkan nenek tersebut bahwa acara tersebut bakal merubah hidupnya.

Setelah mengikuti seminar tersebut, ilmu yang ia dapat dari seminar tersebut ia aplikasikan dalam pekerjaannya sebagai seorang sales. Dengan usaha yang sungguh-sungguh, ia kemudian berhasil menjadi seorang sales dengan pendapatan sebesar 10.000 Dollar perbulan.

Hal tersebut ia lakukan ketika ia berumur 18 tahun. Bahkan sebuah majalah nasional Amerika Serikat membuat headline berikta dengan judul “Wonder Boy: Umur 18 Tahun Memiliki Income 10.000 Dolar AS hanya dalam Satu bulan! Fantastik“.

BACA JUGA :  Biografi Merry Riana, Kisah Inspiratif Dari Perjuangan Motivator Wanita Tersukses

Menjadi Motivator Termahal Di Dunia

Kesuksesannya tersebut kemudian mengubah nasibnya. Ia kemudian mulai mempromosikan seminar Jim Rohn dan menjadikan Jim Rohn sebagai mentor atau gurunya. Anthony Robbins bekerja dengan Jim Rohn selama empat tahun dari umur 18 tahun hingga 22 tahun. Setelah ia kemudian menjadi pengajar dalam program NLP (Neuro Linguistik Program) yang berhasil ia pelajari dari John Grinder yang merupakan Co-Founder NLP.

Anthony Robbins kemudian berhasil mengembangkan NLP melalui metodenya sendiri yang kemudian dikenal dengan nama Neuro-Asosiatif Conditioning (NAC). Ia juga kemudian mempelajari firewalk dari Tolly Burkan dan kemudian memasukan metode tersebut ke dalam setiap seminarnya.

Biografi Anthony Robbins - Kisah Pembersih Toilet Hingga Menjadi Motivator Termahal di Dunia

Berikut 18 Pesan Kunci Kesuksesan Seorang anthony Robbins sebagai seorang Motivator

  1. Melibatkan audiens dalam presentasi secepat mungkin.
  2. Komitmen untuk memberi audiens lebih dari yang mereka harapkan.
  3. Secara konstan upgrade materi anda untuk memastikan bahwa anda memberikan informasi yang terbaik kepada audiens anda.
  4. Jangan mengingat / menghafalkan materi dan pembicaraan anda, tapi jadilah ‘produk’ dari materi anda.
  5. Lakukan hubungan dengan audiens anda melalui beberapa cara seperti humor, kisah hidup, cerita, body language dll.
  6. Ingatlah bahwa apa yang anda jual (sampaikan) bukan hanya kata-kata tapi perasaan dan emosi.
  7. Jika anda ingin berbicara dengan perasaan, anda harus menjadi penuh emosi tentang topik anda.
  8. Gunakan tubuh anda untuk mendukung apa yang anda sampaikan.
  9. Gunakan nada suara untuk menciptakan variasi emosi melalui presentasi anda.
  10. Humor adalah pelumas yang membantu pesan anda lebih lembut.
  11. Pastikan bahwa anda telah melakukan segala upaya yang bisa anda perbuat untuk membuat topik anda menjadi relevan dan bermanfaat bagi audien anda.
  12. Beri audiens anda contoh yang spesifik/jelas konsekuensi apa yang terjadi jika mereka tidak segera ‘take action’ terhadap pesan anda. Mengikuti pesan anda akan memberi mereka manfaat nyata yang akan mereka terima jika mereka melakukan apa yang anda sampaikan.
  13. Cara yang paling efektif untuk mengilustrasikan pesan anda adalah melalui kekuatan sebuah cerita.
  14. Anda tidak harus menjadi sempurna dalam berbicara. Pesan atau cerita yang penuh emosi dan energy yang akan selalu diingat oleh audien anda.
  15. Jalan untuk menjadi pembicara terbaik adalah berbicaralah sesering mungkin, sesering anda bisa.
  16. Seluruh hidup anda berubah di saat anda mengambil keputusan dalam hidup anda.
  17. Buatlah impian, goal dan apa yang anda inginkan dalam bentuk tertulis.
  18. Kunci untuk mencapai goal anda adalah anda membuat sesuatu menjadi “harus”, dan “buatlah diri anda tidak bisa hidup tanpa goal anda.
BACA JUGA :  Biografi Charles Coulomb

Seminar-seminar motivasinya kemudian membuat banyak orang sukses setelah menonton mengikuti acaranya tersebut. Sehingga Anthony Robbins berhasil menjadi seorang motivator terbaik di dunia. Ia kemudian dikenal sebagai motivator, pelatih, pembicara dengan bayaran termahal di dunia. Dalam sekali seminar, ia dibayar sebesar 1 juta Dollar.

Banyak buku-buku yang ia tulis menjadi ‘best seller’ Internasional, bahkan Video dan Audio seminarnya banyak laku dipasaran. Anthony Robbins bahkan menjadi Mentor bagi Tung Desem Waringin yaang merupakan salah satu motivator terbaik di Indonesia. Itulah Profil dan Biografi Anthony Robbins sebuah Kisah Pembersih Toilet Hingga Menjadi Motivator Termahal di Dunia. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk pembaca www.biografiku.com sekalian.

Advertisement