Beranda Pendiri Perusahaan Biografi William Tanuwijaya, Kisah Penjaga Warnet Menjadi Pendiri Tokopedia

Biografi William Tanuwijaya, Kisah Penjaga Warnet Menjadi Pendiri Tokopedia

Biografiku.com | William Tanuwijaya dikenal sebagai Pendiri Tokopedia, sebuah situs marketplace terbesar di Indonesia bersama Leontinus Alpha Edison. Ia melalui banyak perjuangan berat bersama rekannya dalam membangun tokopedia hingga menjadi besar seperti sekarang.

Tak ada yang menyangka bahwa jauh sebelum ia sukses mendirikan Tokopedia, William bekerja sebagai penjaga warnet. Berikut kisah inspiratif bagaimana biografi William Tanuwijaya dan perjuangannya sebagai Pendiri Tokopedia.

Biografi William Tanuwijaya Kisah Pendiri Tokopedia

Biografi William Tanuwijaya

William Tanuwijaya lahir di Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara pada tanggal 18 November 1981. Ia bersekolah hingga SMA di kampung halamannya tersebut, dan selama 18 tahun di kampung halamannya.

Kuliah di Jakarta

Setelah lulus SMA ia kemudian memberanikan diri untuk berangkat ke ibukota yaitu Jakarta untuk kuliah. Ia diterima di Universitas Bina Nusantara (BINUS) Jakarta.

Menjadi Penjaga Warnet

Selama kuliah, ia rajin mencari pekerjaan sampingan untuk membiayai kuliahnya. Ketika masuk semester dua di kampusnya, ia kemudian bekerja di Warnet dari jam 9 Malam hingga jam 9 pagi.

Setelah lulus dari kampusnya yaitu BINUS, ia kemudian bekerja di kantoran yang bergerak dibidang pengembangan software komputer.

Namun lama kelamaan mulai terbesit ide dipikiran dari pendiri Tokopedia ini untuk mendirikan perusahaan sendiri. Dimana mimpinya adalah mempunyai perusahaan Internet sendiri.

Ide Mendirikan Startup Tokopedia

Dalam Biografi William Tanuwijaya, diketahui bahwa idenya mengenai tokopedia datang ketika ia menjadi moderator dalam forum online Kafegaul yang mempunyai fasilitas jual beli.

Biografi William Tanuwijaya - Pendiri Tokopedia

Dari sini ia kemudian mulai terinpirasi dari hal tersebut untuk menciptakan startup baru yang kemudian ia namakan dengan tokopedia. Pada tahun 2007, dari idenya ia kemudian mulai membangun Tokopedia.

BACA JUGA :  Biografi Hans Wilsdorf, Sejarah Pendiri Perusahaan Jam Tangan Rolex, Mengapa Harganya mahal?

Ia mengajak temannya yang bernama Leontinus Alpha Edison untuk mendirikan Tokopedia sebuah startup jual beli online yang menghubungkan penjual dan pembeli diseluruh Indonesia dengan biaya gratis.

Perjuangan Berat Membangun Tokopedia

Untuk membangun tokopedia tersebut, Ia membutuhkan modal besar untuk idenya tersebut, keadaan makin sulit ketika ayahnya divonis penyakit kanker sehingga ia menjadi tulang punggung mencari nafkah untuk keluarga.

Sadar bahwa idenya pasti berhasil, ia kemudian berusaha untuk mencari pendanaan atau modal untuk mengembangkan usahanya tersebut belajar dari Google dan Facebook didirikan melalui pendanaan untuk startup melalui perusahaan ventura (pemodal).

Mencari Investor

William Tanuwijaya selaku pendiri Tokopedia kemudian mendatangi satu persatu orang yang ia kenal untuk memodali idenya tersebut. Dari bos di tempat kerjanya hingga kenalan teman-teman bosnya.

Ia kemudian mulai menceritakan mengenai Tokopedia, sebuah pasar online atau e-commerce tempat bertemunya penjual dan pembeli dari seluruh Indonesia.

Tempat dimana orang-orang dapat memasarkan produk-produk mereka keseluruh Indonesia melalu Tokopedia. Tokopedia juga menjadi perantara jual beli online yang aman bagi penggunanya. Sehingga idenya tersebut dapat memecahkan masalah marketplace yang dialami di Indonesia.

Selama dua tahun, ia bekerja keras terus menerus mencari investor untuk membiayai ide ‘Tokopedia’ nya tersebut. Banyak investor yang menanyakan pengalaman William Tanuwijaya dalam berbisnis. Banyak juga yang menganggap bahwa mimpinya terlalu tinggi.

Disinilah modal mengenai kepercayaan menurutnya itu sangat penting sebab sangat sulit menurutnya untuk mendapatkan kepercayaan orang lain apalagi untuk memulai bisnisnya tersebut. Semua ia lakukan dari Nol untuk membangun bisnisnya tersebut.

William Tanuwijaya Mendirikan Tokopedia

Biografi William Tanuwijaya - Pendiri Tokopedia

Hingga kemudian usahanya selama dua tahun akhirnya membuahkan hasil. Pada tanggal 6 Februari 2009, Tokopedia resmi berdiri dan pada hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2009.

BACA JUGA :  Biografi JP Morgan, 'Misteri' Keluarga Yang Mengendalikan Keuangan Amerika

Tokopedia resmi diluncurkan ke publik setelah mendapatkan suntikan dana dari pada Investor dan juga bos di tempat kerjanya. Tokopedia bahkan mendapatkan penghargaan sebagai e-commerce terbaik di Indonesia dari Bubu Awards.

Tokopedia terus menerus mendapatkan pendanaan dari tahun ke tahun dari para investor mengingat perkembangannya sangat baik, seperti , East Ventures tahun 2010, CyberAgent Venture di tahun 2011, Beenos di tahun 2012 dan Softbank pada tahun 2013.

Tokopedia buatan William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison terus menerus berkembang, bahkan pada akhir tahun 2014, Tokopedia mendapatkan kucuran dana untuk modal sebesar 100 Juta Dollar dari Softbank Internet yang juga memodali Alibaba serta Sequoia Capital yang juga pernah memodali Google dan Apple dan Instagram.

William Tanuwijaya kemudian sekarang ini menjadi CEO perusahaan Tokopedia. Kemudian sahabatnya yang bernama Leontinus Alpha Edison menjadi COO Tokopedia.

Hingga kini tokopedia terus menerus berkembang pesat berkat usaha pantang dari mantan penjaga warnet ini serta rekannya Leontinus Alpha Edison.

Di tahun 2017, Tokopedia sukses menjadi startup unicorn yakni startup yang memiliki valuasi atau nilai diatas 1 miliar dollar AS atau sekitar 14 trilun rupiah. Pada tahun 2021, Tokopedia yang dibangun oleh William Tanuwijaya kemudian merger atau bergabung dengan Gojek buatan Nadiem Makarim. Perusahaan ini kemudian bernama GoTo (Gojek Tokopedia). Dan pada bulan april 2022, Tokopedia resmi melantai di bursa saham.

Biografi William Tanuwijaya, Kisah Penjaga Warnet Menjadi Pendiri Tokopedia

Kekayaan William Tanuwijaya Pendiri Tokopedia

Melesatnya Tokopedia ke jajaran marketplace terbesar di Indonesia membuat nama William Tanuwijaya masuk sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia.

Sebagai pendiri startup Tokopedia Kekayaan Wililiam Tanuwijaya ditaksir sebesar 130 juta Dollar AS atau sekitar 1.8 triliun rupiah. William Tanuwijaya menempati poisis 148 dalam daftar orang terkaya di Indonesia menurut majalah Globe Asia.

BACA JUGA :  Biografi Nadiem Makarim, Kisah Inspiratif Pendiri Gojek Menjadi Menteri

Daftar Biografi dan Profil Pendiri Perusahaan Startup Terkenal :

Advertisement