Beranda Biografi Tokoh Indonesia Biografi Agus Rahardjo, Mantan Ketua KPK Indonesia

Biografi Agus Rahardjo, Mantan Ketua KPK Indonesia

Biografiku.com – Profil dan Biografi Agus Rahardjo. Ia dikenal sebagai ketua KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) masa jabatan 2015 hingga 2019. Ia menggantikan Abraham Samad yang sebelumnya menjabat sebagai ketua KPK. Agus Rahardjo sendiri merupakan Ketua KPK pertama yang tidak memiliki latar belakang pengalaman maupun pendidikan dibidang hukum.

Biografi Agus Rahardjo - Ketua KPK Indonesia

Biodata Agus Rahardjo

Nama : Ir. Agus Rahardjo, MSM
Lahir : Magetan, 1956
Orang Tua : Basoeki (Ayah), Suminah (Ibu)
Istri : Tutik Supriyati
Pendidikan : ITS Surabaya, Arthur D. Little Management Education Institute, Amerika Serikat
Jabatan : Kepala Pusat Pengembangan Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Publik, Ketua LKPP, Ketua KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)

Profil dan Biografi dan Agus Rahardjo

Agus Raharjo lahir di Magetan pada tahun 1956,ia memiliki ayah bernama Basoeki dan ibu bernama Suminah. Ia merupakan anak kedua dari dua bersaudara, namun saudara perempuannya meninggal saat Agus Rahardjo dewasa. Sejak kecil Agus Rahardjo tinggal di Jl. Biliton, Desa Kepolorejo, Magetan, Jawa Timur.

Ia memulai sekolahnya di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kapolorejo di Magetan, tamat dari sana ia kemudian melanjutkan sekolahnya di SMP dan SMA di Magetan, Jawa Timur. Tamat SMA, ia kemudian melanjutkan pendidikannya di jenjang perguruan tinggi di ITS Surabaya jurusan Teknik Sipil, sebab cita-citanya ingin menjadi seorang kontraktor.

Setelah memperoleh gelar S1 nya dari ITS Surabaya, ia kemudian melanjutkan pendidikannya di luar negeri dengan belajar di Cambridge, Amerika Serikat tepatnya di Arthur D. Little Management Education Institute.

Ia kemudian tinggal dan bekerja di Amerika Serikat selama lima tahun. antara tahun 1995 hingga 1997 ia aktif sebaga pembicara di lembaga Internasional di Paris, Perancis.

BACA JUGA :  Biografi Nicholas Saputra - Aktor Film Indonesia

Setelah kembali ke Indonesia, ia kemudian menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan menetap di Jakarta. Ia menjabat sebagai Kepala Pusat Pengembangan Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Publik (PPKPBJ) di Kantor Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional pada tahun 2006.

Kemudian pada tahun 2008, Agus Rahardjo menjadi sekertaris Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yang merupakan lembaga non-kementrian.

Dan kemudian dua tahun setelahnya, Agus Rahardjo menggantikan Roestam Syarief sebagai kepala LKPP. Selain itu Agus Rahardjo juga pernah menjabat sebagai direktur pendidikan Bappenas. Sejak dulu ia dikenal sebagai pengagum berat tokoh Sutan Sjahrir.

Agus Rahardjo Menjadi Ketua KPK.

Agus Rahardjo mulai bergabung dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ketika ia bersama Ketua KPK saat itu yaitu Busyiro Muqodas mendeklarasikan kegiatan Anti Korupsi.

Kemudian ketika Panitia Seleksi (Pansel) membuka pendaftaran seleksi pimpinan KPK, Agus Rahardjo kemudian ikut mendaftarkan diri. Dari 500 pendaftar, ia masuk dalam delapan besar calon pimpinan KPK.

Kemudian Panitia seleksi melakukan seleksi administrasi, uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan oleh komisi III DPR RI bersama dengan badan pemerintah lainnya seperti PPATK, Polri, BIN, dan kejaksaan Agung.

Biografi Agus Rahardjo, Mantan Ketua KPK Indonesia

Pada tanggal 17 Desember 2015, Agus Rahardjo terpilih sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru dengan masa jabatan dari 2015 hingga 2019, ia resmi dilantik sebagai Ketua KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 2 Januari 2016.

Ia terpilih sebagai ketua KPK setelah mengalahkan saingannya Basariah Panjaitan dalam pemungutan suara untuk menentukan Ketua KPK. Saat uji kelayakan dan kepatutan, ia diketahui memiliki tabungan sejumlah 20 juta rupiah dan dan sebidang tanah di Jonggol, citra raya dan Bumi Serpong Damai di Tangerang.

BACA JUGA :  Biografi Rio Haryanto - Pembalap Muda Terbaik Indonesia

Agus Rahardjo memliki istri bernama Tutik Supriyati. Dari pernikahannya dengan Tutik Supriyati, ia dikaruniai empat orang anak.

Itulah sedikit informasi mengenai Profil dan Biografi Agus Rahardjo Ketua KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) Indonesia. Semoga Informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca www.biografiku.com sekalian. Biografiku.com

Advertisement