Beranda Aktor Biografi Iko Uwais – Dari Supir Truk Hingga Menjadi Aktor Laga Holywood

Biografi Iko Uwais – Dari Supir Truk Hingga Menjadi Aktor Laga Holywood

Biografiku.com – Biografi Iko Uwais. Nama Iko Uwais saat ini ramai diperbincangkan sebagai salah satu aktor yang mampu membawa nama Indonesia dan juga memperkenalkan beladiri silat di dunia internasional khususnya Hollywood.

Ia menjadi sangat terkenal ketika film the raid I dan The Raid II sukses di Hollywood. Sebelum menjadi aktor yang terkenal di Hollywood, Iko Uwais pernah bekerja menjadi supir truk untuk menyambung hidupnya. Berikut profil dan biografi Iko Uwais seorang aktor Indonesia yang terkenal di Hollywood.

Biografi Iko Uwais - Aktor Laga Indonesia

Biodata Iko Uwais

Nama : Uwais Qorny (Iko Uwais)
Agama : Islam
Lahir : 12 Februari 1983 di Jakarta.
Orang Tua : Mustapha Kamaluddin (Ayah) dan Maisyaroh Kamaluddin (Ibu)
Istri : Audy Item
Anak : Atreya Syahla Putri Uwais
Pekerjaan : Aktor, Koreografer, Atlet.

Biografi Iko Uwais

Aktor satu ini lahir di Jakarta pada tanggal 12 februari 1983. Nama aslinya yang sebenarnya adalah Uwais Qorny namun ia lebih dikenal dengan nama Iko Uwais. Ia memiliki ayah bernama Mustapha Kamaluddin dan ibu bernama Maisyaroh Kamaluddin.

Mengenal Beladiri Silat Sejak Kecil 

Iko Uwais sejak kecil sudah mengenal seni bela diri Indonesia yaitu Pencak silat. Ia besar di lingkungan betawi dan merupakan penduduk asli Jakarta, ia berguru ilmu bela diri pencak silat di bawah naungan pamannya yang memiliki perguruan bela diri bernama Tiga Berantai dengan aliran Silat Betawi.

Banyak belajar ilmu bela diri pencak silat sejak kecil kemudian membuat Iko Uwais dapat membuktikan dirinya sebagai ahli bela diri pencak silat dengan berhasil menyabet posisi ketiga di turnamen pencak silat DKI Jakarta pada tahun 2003.

BACA JUGA :  Biografi Sylvester Stallone, Pernah Hidup Sangat Miskin dan Di Tolak Syuting 1500 Kali

Dua tahun setelah itu tepatnya di tahun 2005, ia kemudian membuktikan dirinya sebagai pesilat terbaik di kejuaraan Silat Nasional dalam kategori demonstrasi.

Dari Supir Truk Hingga Menjadi Aktor Terkenal

Iko Uwais tidak hanya menyukai pencak silat saja, ia juga menyukai olahraga sepakbola. Ia bahkan sempat menjadi pemain sepakbola di liga-B klub sepakbola Indonesia, namun tidak lama setelah itu berhenti karena klubnya mengalami kebangkrutan.

Ia kemudian fokus pada keahliannya dalam bela diri pencak silat, yang kemudian membawa dirinya dapat keluar negeri seperti ke Inggris, Perancis, Rusia, Kamboja dan Laos untuk memperagakan bela diri pencak silat.

Bahkan sebelum terkenal seperti sekarang, Iko Uwais juga sempat bekerja di perusahaan telekomunikasi sebagai supir truk untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.Biografi Iko Uwais - Dari Supir Truk Hingga Menjadi Aktor Laga Holywood

Mulai Berkarier Sebagai Aktor Film Laga

Dalam Biografi Iko Uwais diketahui bahwa awal mula ia mulai mengenal dunia seni peran ketika Gareth Evans yang dikenal sebagai seorang sutradara asal Wales berkunjung ke tempat latihan pencak silat Iko Uwais. Gareth Evans saat itu sedang membuat sebuah film dokumenter mengenai bela diri pencak silat.

Saat sedang melakukan perekaman, ia melihat keahlian Iko Uwais dalam bersilat, ia kemudian tertarik dengan keahlian yang dimiliki oleh Iko Uwais dibandingkan dengan teman-teman Iko yang lainnya.

Hingga kemudian Gareth Evans menawarkan Iko Uwais pemeran utama dalam film garapannya yang banyak mengahadirkan bela diri pencak silat yaitu Merantau.

Bak gayung bersambut, Iko Uwais kemudian langsung menerima tawaran tersebut dan mengaku sangat gembira atas tawaran tersebut meskipun ia baru pertama kali terjun ke dunia seni peran.

Iko Uwais menandatangani kontrak selama lima tahun dengan rumah produksi Gareth Evans. Film Merantau sendiri merupakan film garapan Gareth Evans yang banyak menghadirkan pertarungan silat.

BACA JUGA :  Biografi Maudy Ayunda - Penyanyi Indonesia Dengan Segudang Prestasi

Film Merantau kemudian sukses dipasaran, meskipun Iko Uwais baru pertama kali terjun ke dunia akting namun aktingnya di tiap adegan sangat baik dilakukan. Ia hanya kesulitan saja dalam berlogat Sumatera Barat dalam film Merantau sebab ia merupakan orang betawi asli.

Aktor Indonesia yang Terkenal di Hollywood

Film selanjutnya yang membawa nama Iko Uwais makin dikenal di Hollywood dan dunia perfilman adalah film yang berjudul The Raid : Redemption dimana Iko Uwais berperan sebagai tokoh Rama seorang polisi yang ahli dalam bela diri silat. Yang kemudian dirilis pada tahun 2012.

Film ini ternyata sukses besar. Banyak kritikus film yang beranggapan bahwa film The Raid merupakan film seni bela diri terbaik. Di film The Raid Iko Uwais juga berperan sebagai koreografer bersama aktor lainnya yaitu Yayan Ruhian.Biografi Iko Uwais - Aktor Laga Indonesia

Di tahun 2012 juga, Iko Uwais melepas masa lajangnya dengan menikahi Audy Item, yang merupakan seorang penyanyi pada tanggal 25 juni 2012. Dari pernikahanya, mereka dikaruniai seorang anak bernama Atreya Syahla Putri Uwais.

Selanjutnya, film The Raid II kemudian digarap dan aktor utamanya masih diperankan oleh Iko Uwais, ia tepa memerankan toko Rama dalam film tersebut. Ini merupakan film ketika baginya sekaligus film yang melambungkan namanya di dunia film internasional.

Film The Raid II atau yang dikenal dengan nama The Raid : Retaliation kemudian dirilis pada tahun 2014. Film tersebut juga meraih kesuksesan seperti film-film sebelumnya yang sudah dibintangi oleh Iko Uwais.

Ia juga sempat bermain dalam film Man Of Tai Chi garapan Keanu Reeves sebagai pemain pendukung dalam film tersebut. Setelah sukses dengan perannya dalam film The Raid I & II, Iko Uwais kemudian menerima tawaran bermain di film Star Wars: The Force Awakens garapan sutradara J.J Abrams.

BACA JUGA :  Biografi Yulii Khariton - Ahli "Bom Kiamat" Rusia

Film tersebut dirilis di akhir tahun 2015. Di film Star Wars, Iko Uwais berperan sebagai Razoo Qin-Fee, salah satu tokoh antagonis yang mahir dalam perkelahian dil film Star Wars.Biografi Iko Uwais - Aktor Laga Indonesia


Film :

    • Merantau (2009)
    • The Raid (2012)
    • Man of Tai Chi (2013)
    • The Raid 2: Berandal (2014)
    • Star Wars: The Force Awakens (2015)
    • Headshot (2016)
    • Beyond Skyline (2017 )
    • The Night Comes for Us (2018 )
    • Triple Threat (2018)
    • Mile 22 (2018)

Iko Uwais menurut banyak orang telah berhasil sebagai aktor laga asal Indonesia yang membawa nama Indonesia terkenal di dunia perfilman internaional dan juga mampu memperkenalkan bela diri pencak silat di dunia Internasional.

Itulah profil, Biografi dan Biodata Iko Uwais lengkap, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca www.biografiku.com sekalian.

Advertisement