Beranda Biografi Tokoh Indonesia Biografi Ganjar Pranowo, Pemimpin Inspiratif Dari Jawa Tengah

Biografi Ganjar Pranowo, Pemimpin Inspiratif Dari Jawa Tengah

Biografiku.com | Ganjar Pranowo dikenal sebagai Gubernur Jawa Tengah dan merupakan sosok yang dikenal sebagai pemimpin yang aktif dan inovatif dalam mengatasi berbagai masalah di Jawa Tengah. Sejak menduduki jabatan sebagai Gubernur Jawa Tengah, nama Ganjar Pranowo menjadi lebih dikenal oleh publik.

Biografi dan Profil Ganjar Pranowo

Gaya memimpin yang tegas dan cerdas membuatnya dikagumi oleh banyak orang khususnya masyarakat Jawa Tengah. Namanya semakin menanjak ketika ia terpilih sebagai calon presiden republik Indonesia yang diusung oleh PDI Perjuangan.

Karakter dan sikapnya yang santun namun jenaka membuatnya mudah dicintai oleh rakyat. Selain itu, kehidupannya yang juga dihiasi oleh kisaan dengan perawakan jangkung menjadi pesona tersendiri dari gubernur yang satu ini dan cinta romantis dengan istri membuatnya juga menjadi tokoh yang diidolakan oleh ibu-ibu.

Biografi Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo yang menjadi Gubernur Jawa Tengah dilalui dengan menempuh jalan panjang berliku yang tentu tidak mudah. Para pemipin hebat umumnya dibentuk oleh kemampuan mereka melewati segala rintangan dan ujian hidup yang membantu membentuk menjadi sosok-sosok luar biasa. Beliau lahir di Karanganyar, Jawa Tengah pada 28 Oktober 1968. Ayahnya bernama Pamuji dan ibunya bernama Sri Suparmi.

Ia memiliki lima saudara kandung. Ganjar merupakan anak yang cerdas. Ia tumbuh dalam keluarga yang mendukungnya untuk mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi. Riwayat pendidikannya dimulai dari pendidikan dasar yang ditempuh di SD 1 Kutoarjo dan lulus di tahun 1981 dan melanjutkan pendidikan ke SMP 1 Kutoarjo.

Saat menginjak masa remaja, Ganjar memilih untuk melanjutkan pendidikan menengah atasnya di SMA BOPKRI Yogyakarta. Kemudian pendidikan tinggi ditempuh di salah satu universitas ternama yaitu Universitas Gadjah Mada dengan mengambil konsentrasi pada bidang hukum.

BACA JUGA :  Biografi Erick Thohir, Kisah Pengusaha Media Menjadi Menteri BUMN

Biografi dan Profil Ganjar PranowoJiwa kepemimpinan Ganjar telah terasah sejak berada di bangku kuliah dengan aktif dalam organisasi-organisasi kampus. Ganjar aktif dalam kegiatan di Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Mapagama (Mahasiswa Pecinta Alam Gadjah Mada). Karir politiknya dimulai sejak masa orde baru.

Perjalanan Karir Politik

Ia telah bergabung bersama dengan Partai Demokrasi Perjuangan atau PDI. Iklim politik yang kurang sehat pada masa itu membuatnya lebih memilih untuk menjalani kegiatan dengan menekuni usaha di bidang hukum dengan membuka bisnis konsultan sumber daya manusia.

Menjadi Anggota DPR

Kecerdasan yang memang telah menjadi bagian dari diri Ganjar membuatnya semakin bersinar. Suami dari Siti Atikoh Supriyanti akhirnya kembali bergabung dengan PDI dan menjadi kader yang memiliki kemajuan serta perkembangan pesat.

Kemudian ia mampu menjadi salah satu orang yang duduk menjadi anggota legislatif pada tahun 2004. Meskipun sebenarnya jabatan tersebut diperoleh bukan karena kemenangannya dalam pemilihan umum namun menggantikan koleganya dari PDI yaitu Jacob Tobing yang saat itu mendapat mandat untuk bertugas sebagai duta besar di Korea Selatan.

Biografi Ganjar Pranowo memuat tentang sosok yang terkenal dengan keberanian. Keberaniannya untuk menyuarakan aspirasi rakyat dengan keteguhan prinsip yang tidak bisa digoyahkan menjadi ciri khas Ganjar yang membuatnya semakin diperhitungkan di kancah perpolitikan Indonesia.

Biografi dan Profil Ganjar Pranowo

Oleh karena itu, Ganjar kembali berhasil untuk duduk di kursi parlemen dengan terpilih dalam pemilihan umum pada 2009 dan menjabat sebagi Wakil Ketua Komisi II untuk urusan dalam negeri hingga 2014. Namun karena terpilih untuk memimpin Jawa Tengah, Ganjar tidak merampungkan masa tugasnya.

Menjadi Gubernur Jawa Tengah

Karir sebagai Gubernur diawali sejak tahun 2013. Ia terpilih untuk menjadi orang nomer satu di Jawa Tengah didampingi oleh Heru Sudjatmoko sebagi wakil gubernur. Diusung oleh PDI sebagai partai yang mendukung membuat pasangan ini bisa menang dan memperoleh suatu mencapai 48,82%. Pada 23 Agustus 2013 Ganjar resmi dilantik menjadi gubernur oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di DPRD Jawa Tengah.

Biografi dan Profil Ganjar Pranowo

Sejak terpilih menjadi gubernur banyak gebrakan yang membuatnya diancungi jempol. Salah satu yang membuat heboh ketika inspeksi mendadaknya ke jembatan timbang di subang yang kemudian menjadi pemberitaan. Ganjar yang kala itu memergoki anak buahnya melakukan pungutan liar sehingga membuat ia kemudian naik pitam.

BACA JUGA :  Biografi Helmy Yahya, Profil dan Biodata Lengkap

Selain itu ia juga dikenal sebagai gubernur twitter sebab ia menggunakan twitter sebagai sarana atau media komunikasi dalam dalam menampung aspirasi, keluhan dari rakyatnya terkait dengan pembangunan Jawa Timur.

Ganjar Pranowo juga dikenal sebagai sosok yang dekat dengan masyarakat. Ia sering berinteraksi langsung dengan warga, baik melalui media sosial maupun kunjungan ke desa-desa. Hal ini membuatnya menjadi salah satu gubernur yang disukai oleh masyarakat Jawa Tengah.

Ganjar Pranowo juga memperkenalkan program “Jogo Tonggo” yang bertujuan untuk memperkuat rasa kebersamaan dan solidaritas antarwarga dalam menghadapi pandemi. Program ini melibatkan warga untuk saling membantu dan memonitor kondisi kesehatan satu sama lain, serta memperkuat sistem kesehatan di tingkat desa.

Selain dalam bidang kesehatan, Ganjar Pranowo juga aktif dalam meningkatkan pendidikan dan perekonomian di Jawa Tengah. Ia memperkenalkan program “One Village One Company” yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga desa melalui pendirian perusahaan di setiap desa. Ia juga memperkenalkan program “Jateng Juaranya Pendidikan” yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Jawa Tengah.

Calon Presiden Republik Indonesia 2024

Pada tahun 2023, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, telah diumumkan sebagai calon presiden dalam pemilihan Presiden 2024 oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Keputusan ini diumumkan oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, dalam rapat DPP PDIP Ke-140 di Istana Batutulis, Bogor pada Jumat, 21 April 2023. Sebagai calon dari partai berlambang banteng tersebut, Ganjar Pranowo akan maju sebagai Capres dalam Pilpres 2024.

Advertisement