Biografi dan Profil Djarot Saiful Hidayat | BiografiKu.com | Biografi dan Profil Tokoh Terkenal Di Dunia
Baju Muslim Murah

Biografi dan Profil Djarot Saiful Hidayat

Advertisement
Advertisement
Biografiku.com - Djarot Saiful Hidayat merupakan politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang kini banyak menjadi perbincangan publik terkait jabatannya sekarang sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta sejak 17 Desember 2014.

Djarot Saiful Hidayat lahir pada tanggal 06 Juli 1962, sebelum menjadi Wakil Gubernur ia merupakan anggota DPR RI periode 2014-2019. Sebelumnya Djarot Saiful Hidayat pernah menjadi Wali Kota Blitar selama dua periode yaitu sejak 3 Mei 2000 hingga 3 Agustus 2010.

Pada tahun 1999 sampai 2000 ia pernah menjabat sebagai Ketua Komisi A DPRD Jawa Timur. Djarot mempunyai tiga orang anak yang bernama Safira Prameswari Ramadina, Karunia Dwi Hapsa Paramasari, Meisa Rizki Barliana dari istrinya Dra. Hj. Heppy Farida.

Masa hidupnya sebelum berkecimpung di dunia politik Djarot Saiful Hidayat adalah seorang Dosen di Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya. Bukan hanya bertugas sebagi dosen, namun ia juga merangkap tugas sebagai Pembantu Rektor I di perguruan tinggi tersebut pada tahun 1997 sampai 1999.

Sosok yang sering disapa dengan nama Djarot itu merupakan lulusan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA ) di Universitas Brawijaya Malang dengan gelar Sarjana (S1) pada tahun 1986. Kemudian ia melanjutkan pengembaraan pendidikannya di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada Fakultas Ilmu Politik hingga Djarot dapat memperoleh gelar Magister (S2) pada tahun 1991.

Menjadi Wali Kota Blitar

Selama menjabat sebagai wali kota Blitar Djarot Saiful Hidayat dikenal sangat membatasi adanya kehidupan metropolitan yang serba mewah di kotanya. Misalnya seperti pendirian mall modern hingga gedung-gedung pencakar langit.

Ia lebih fokus pada penataan pedagang kaki lima (PKL) yang mendominasi perputaran roda perekonomian di Kota Blitar. Konsepnya yang telah matang dengan sepenuh usaha dilapangan, Djarot berhasil menata ribuan PKL di kompleks Alun-alun Kota Blitar yang dulunya terlihat kumuh menjadi tertata rapi.

Djarot Saiful Hidayat dikenal sebagi wali kota yang sederhana, merakyat dan gemar blusukan untuk meninjau langsung lokasi yang sekiranya butuh pemantauan. Konsep yang ia terapkan ternyata berhasil mendongkrak perekonomian di Kota Blitar.

Bahkan hal unik yang sering dilakukan oleh Djarot adalah lebih sering menggunakan sepeda untuk melihat langsung kondisi lapangan. Dibawah pimpinan Djarot Saiful Hidayat, Kota Blitar berhasil mendapatkan gelar Adipura selama 3 kali berturut-turut yaitu pada tahun 2006 hingga 2008.

Atas kontribusi positifnya pada tahun 2008 Djarot mendapat kan penghargaan Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah. Selain itu Djarot Saiful Hidayat juga telah mendapatkan penghargaan Terbaik Citizen's Charter Bidang Kesehatan.

Menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memilih langsung sosok Djarot Saiful Hidayat untuk mendampinginya hingga 2017 sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Djarot Saiful Hidayat dilantik sebagai wakil Gubernur DKI Jakarta pada tanggal 17 Desember 2014 di Gedung Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta.

Saat ini Djarot Saiful Hidayat kembali diusung oleh partai PDI Perjuangan untuk maju kembali dalam pemilihan kepala daerah untuk tahun 2017 setelah masa jabatannya sebagai wakil gubernur DKI Jakarta selesai.

Djarot Saiful Hidayat kembali maju bersama Basuki Tjahaja Purnama dalam kandidat calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta tahun 2017. Meskipun dapat kita ketahui situasi saat ini bahwa telah terjadi masalah yang menimpa pasangan calonnya tersebut namun Djarot tetap optimis untuk mengajukan dirinya sebagai calon wakil gubernur.
Advertisement
loading...
Seluruh artikel biografi yang ada pada situs ini kami himpun dari berbagai sumber. Sedapat mungkin informasi yang disampaikan akurat dan benar, Kami mohon maaf jika informasi yang disampaikan masih terdapat kekeliruan atau kesalahan, Mohon untuk menghubungi kami melalui halaman Contact Us atau melalui kotak komentar yang tersedia. Jika artikel diatas bermanfaat bagi anda, jangan lupa di share. Terima Kasih

Pilih Sistem Komentar Yang Disukai
Blogger
Disqus

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar Jika Sobat Mempunyai Opini Yang Menarik Sesuai Dengan Artikel. Terima Kasih Sudah Berkunjung