Biografi dan Profil Bill Hewlett dan David Packard - Pendiri Perusahaan HP (Hawlet-Packard) | BiografiKu.com | Biografi dan Profil Tokoh Terkenal Di Dunia
Baju Muslim Murah

Biografi dan Profil Bill Hewlett dan David Packard - Pendiri Perusahaan HP (Hawlet-Packard)

Advertisement
Advertisement
Biografi dan Profil Bill Hewlett dan David Packard - Pendiri Perusahaan HP
Biografiku.com - Perusahaan Hewlett-Packard atau biasa dikenal dengan nama HP merupakan salah satu perusahaan manufaktur teknologi yang terbesar di dunia.

Perusahaan HP bergerak sektor jasa teknologi seperti komputasi, perangkat lunak, percetakan serta gambar digital. Namun Produk-produknya yang paling dikenal seperti komputer dan juga printer.

Perusahaan HP (Hewlett-Packard) berbasis di Amerika Serikat, tepatnya didirikan di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Pendiri perusahaan HP ada dua orang yaitu Bill Hewlett dan Dave Packard. Berikut Biografi dan Profil dari Bill Hewlett dan David Packard yang dikenal sebagai pendiri dari Perusahaan HP (Hawlet-Packard)

Profil Bill Hewlett
Biografi dan Profil Bill Hewlett dan David Packard - Pendiri Perusahaan HP
Bill Hewlet dilahirkan pada tanggal 20 mei 1913 di Ann Arbor wilayah Michigan, Amerika Serikat. Nama lengkapnya adalah William Redington Hewlett. Ayahnya bernama Albion Walter Hewlett dan bekerja sebagai seorang dokter. Ibu Bill bernama Louise Redington.

Bill Hewlett yang ketika itu masih balita kemudian pindah ke wilayah California mengikuti orang tuanya sebab ayahnya diterima bekerja di Fakultas Kedokteran Universitas Stanford. Namun kebersamaan Bill dengan ayahnya tidak berlangsung lama sebab ayahnya meninggal karena penyakit tumor tahun 1925 ketika Bill Hewlett berusia 12 tahun.

Akhirnya ibu Bill kemudian berusaha keras membesarkan Bill Hewlett. Sejak kecil Bill sangat menyukai matematika dan ilmu alam. Setelah menamatkan sekolahnya di Lowell High School, Bill kemudian melanjutkan pendidikannya dengan kuliah di universitas Stanford.

Bill Hewlet kuliah di Universitas Stanford pada tahun 1930 dan tamat tahun 1934. Ia berhasil mendapatkan gelar Bachelor of Arts. Tak lama kemudian ia melanjutkan pendidikannya dengan kuliah di Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan pada tahun 1936 ia meraih gelar Masternya di bidang teknik elektro.

Bill Hewlet kemudian menikah dengan Flora Lamson Hewlett pada tahun 1939. Ia kemudian dikarunia lima orang anak bernama Elanor, Walter, James, William dan Marry. Istri Bill Hewlet meninggal pada tahun 1977. Setelah kematian istrinya, Bill Hewlett kemudian menikah dengan Rosemary Bradford Hewlett. Bill Hewlett sendiri meninggal pada tanggal 12 januari 2001 di Palo Alto, California.

Profil David Packard
Biografi dan Profil Bill Hewlett dan David Packard - Pendiri Perusahaan HP
David Packard lahir dari wilayah bernama Pueblo, Colorado, Amerika Serikat. Ayahnya bernama Sperry Packard seorang pengacara dan ibunya bernama Ella Packard. David Packard bersekolah di Centtenial High School dimana sejak usia remaja, ia sangat menyukai sains, teknik, olahraga dan juga kepemimpinan.

David Packard meraih gelar B.A (Bachelor of Arts) setelah menyelesaikan kuliahnya di Univesitas Stanford pada tahun 1934. Di Stanford ia juga merupakan atlet olahraga untuk sepakbola dan juga basket. Di kampus itu juga ia bertemu dengan istrinya Lucile Salter.

Ia sempat melanjutkan kuliahnya di University of Colorado namun tidak lama ia berhenti karena menerima tawaran pekerjaan di General Electric Company di kota New York. David Packard kemudian kembali melanjutkan kuliahnya di Stanford University dan berhasil menyelesaikannya pada tahun 1938 di bidang Electrical Enginering. Di tahun itu juga, ia kemudian menikah dengan Lucile Salter yang kemudian memberikan ia empat orang anak bernama David, Nancy, Susan dan Julie. David Packard meninggal pada tanggal 26 maret 1996 di Stanford, California, Amerika Serikat.

Sejarah Berdirinya Perusahaan HP (Hewlett-Packard) oleh Bill Hewlett dan David Packard
Bill Hewlett dan David Packard, keduanya bertemu ketika kuliah di kelas yang sama yang diajarkan oleh Fred Terman di Stanford. Dari perkenalan tersebut, di bulan Agustus 1937 mereka berdua kemudian memiliki niat untuk membuat sebuah perusahaan bersama. Baru pada tahun 1939, Bill Hewlett dan David Packard akhirnya mendirikan perusahaan Hewlett-Packard (HP) di garasi rumah Packard dengan modal awal $538.

Biografi dan Profil Bill Hewlett dan David Packard - Pendiri Perusahaan HP
Dalam buku yang berjudul 'The HP Way', David Packard menyebutkan bahwa nama Hewlett-Packard (HP) ditentukan melalui undian koin. Adapun produk pertama yang dibuat oleh HP (Hewlett-Packard) adalah Osilator Frekuensi Audio yang kemudian dibeli oleh Walt Disney Studio yang akan digunakan dalam membuat soundtrack film Fantasia.

Dari hal tersebut membuat perusahaan HP (Hewlett-Packard) semakin berkembang, ketika perang dunia kedua berkecamuk, perusahaan tersebut banyak memproduksi peralatan-peralatan yang digunakan untuk militer seperti radio, sonar, radar serta perangkat penerbangan.

Dalam perusahaan HP (Hewlett-Packard), David Packard berperan dalam manajemen perusahaan dan juga sebagai ahli administrasi sementar Bill Hewlett berperan banyak dalam memberikan banyak inovasi teknis.

Memasuki tahun 1947, HP (Hewlett-Packard) kemudian resmi memiliki berstatus perusahaan dan David Packard menjadi presiden dari HP (Hewlett-Packard). Dan di tahun 1957, HP (Hewlett-Packard) bekembang pesat sebagai sebuah perusahaan besar dan melakukan penawaran saham perdananya.

Di tahun 1964, Dave Packard kemudian terpilih menjadi CEO dari HP (Hewlett-Packard) dan juga sebagai ketua dewan. Ia kemudian meninggalkan jabatan tersebut pada tahun 1969 karena David ditunjuk oleh Presiden Nixon sebagai wakil menteri pertahanan Amerika Serikat hingga tahun 1971.

Sepeninggal David, Jabatan presiden direktur HP (Hewlett-Packard) kemudian dipegang oleh Bill Hewlett hingga tahun 1977. Ia kemudian menjadi CEO HP (Hewlett-Packard) pada tahun 1968 hingga tahun 1978 setelah itu ia kemudian di gantikan oleh John A. Young.

Biografi dan Profil Bill Hewlett dan David Packard - Pendiri Perusahaan HP
David Packard sendiri setelah selesai menjabat pada tahun 1971 sebagai wakil menteri pertahanan Amerika Serikat, ia kemudian kembali ke perusahaan HP (Hewlett-Packard) dan menjadi ketua dewan perusahaan dari tahun 1972 hingga 1993.

Sementara Bill Packard menjadi ketua komite eksekutif HP (Hewlett-Packard) sampai tahun 1983, dan kemudian menjabat sebagai wakil ketua dewan sampai 1987.

Sepeninggal Bill Hewlett dan David Packard, hingga saat ini perusahaan HP (Hewlett-Packard) berkembang pesat menjadi salah satu perusahaan produsen teknologi terbesar di dunia. Produk utamanya adalah komputer dan juga mesin cetak. Disamping itu perusahaan HP (Hewlett-Packard) juga melayani penjualan perangkat lunak serta pelayanan jasa teknologi lainnya.

Advertisement
loading...
Jika artikel diatas bermanfaat bagi anda, jangan lupa di share. Seluruh artikel biografi yang ada pada situs ini kami himpun dari berbagai sumber. Sedapat mungkin informasi yang disampaikan akurat dan benar, Kami mohon maaf jika informasi yang disampaikan masih terdapat kekeliruan atau kesalahan, harap menghubungi kami melalui halaman Contact Us atau melalui kotak komentar yang tersedia. Terima Kasih
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai
Blogger
Disqus

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar Jika Sobat Mempunyai Opini Yang Menarik Sesuai Dengan Artikel. Terima Kasih Sudah Berkunjung