Biografi dan Profil Raja Salman - Raja Arab Saudi Ketujuh | BiografiKu.com | Biografi dan Profil Tokoh Terkenal Di Dunia
Baju Muslim Murah

Biografi dan Profil Raja Salman - Raja Arab Saudi Ketujuh

Advertisement
Advertisement
Biografi dan Profil Raja Salman - Raja Arab Saudi Ketujuh
Biografiku.com - Saat ini Arab Saudi dipimpin oleh seorang raja bernama Salman bin Abdulaziz al-Saud. Nama lengkapnya adalah Salman bin Abdulaziz bin Abdul Rahman bin Faisal bin Turki bin Abdullah bin Mohammed bin Saud.

Beliau merupakan raja Arab Saudi yang ketujuh menggantikan Raja Abdullah yang telah wafat tahun 2015. Raja Salman bin Abdulaziz juga dikenal sebagai penjaga dua kota suci yakni Mekah dan Madinah serta ia juga merupakan pemimpin dari Bani Saud.

Raja Salman dilahirkan pada tanggal 31 Desember 1935 di Murabba Palace kota Riyadh. Beliau merupakan anak ke 25 keturunan Bani Saud. Ia bersama enam saudara laki-lakinya kemudian dikenal dengan Sudairi Seven. Ayahnya bernama Abdulaziz yang dikenal sebagai Raja Arab Saudi yang pertama. Ibu Raja Salman bernama Hassa binti Ahmed Al Sudairi.

Salman bin Abdulaziz memulai pendidikan pertamanya di Princess School yaitu sebuah sekolah yang dibangun oleh Raja Abdulaziz khusus untuk anak-anaknya. Disana Salman belajar ilmu agama dan juga ilmu pengetahuan modern.

Menjadi Gubernur Provinsi Riyadh
Ketika berumur 19 tahun, Salman bin Abdulaziz kemudian ditunjuk menjadi wakil gubernur di provinsi Riyadh pada tahun 1954 hingga tahun 1955. Kemudian di tahun 1963, beliau dilantik menjadi Gubernur provinsi Riyadh. Jabatan tersebut ia emban hingga tahun 2011.

Selama menjabat sebagai gubernur Riyadh selama 48 tahun, beliau berhasil membangun kota Riyadh dari kota menengah menjadi sebuah kota metropolitan di Arab Saudi. Ia juga banyak menarik wisatawan berkunjung ke Riyadh serta menarik modal dan investasi asing masuk ke negaranya. Salman bin Abdulaziz juga senang menjalin hubungan politik dan ekonomi dengan dunia barat dan juga ia memiliki pengaruh dalam menentukan arah kebijakan Arab Saudi.

Biografi dan Profil Raja Salman - Raja Arab Saudi Ketujuh
Salman bin Abdulaziz diketahui memiliki istri bernama Sultana binti Turki Al Sudairi yang masih memiliki hubungan keluarga dengan Salman sendiri, sebab istrinya merupakan anak dari paman ibu salman yaitu Turki bin Ahmad Al Sudairi yang merupakan mantan gubernur provinsi Asir.

Dari pernikahannya dengan Sultana, Salman bin Aldulaziz mempunyai anak bernama Pangeran Fahd, pangeran Ahmed, Pangeran Sultan, Pangeran Abdulaziz, Pangeran Faisal dan Putri Hassa. Namun Pangeran Fahd meninggal pada tahun 2001 karena gagal jantung dan kemudian Pangeran Ahmad meninggal pada tahun berikutnya karena serangan jantung.

Istrinya, Sultana binti Turki meninggal pada tahun 2011. Saat ini anaknya Pangeran Abdulaziz menjadi wakil menteri perminyakan Arab Saudi dan kemudian pangeran Faisal menjadi gubernur provinsi Madinah. Raja Salman kemudian menikah lagi dengan Sarah binti Faisal Al-Saud dari pernikahannya ini lahir seorang putra bernama Pangeran Saud.

Raja Salman juga diketahui memiliki istri bernama Fahda binti Falah yang kemudian memberinya enam orang putra. Sumber lain juga menyebutkan bahwa Raja Salman juga memiliki istri bernama Sultana Binti Mandil Al Mandil Al khaldi dan Wafaa bint Abdullah bin Hanash bin Ali Al Shahri.

Menjadi Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan
Pada tanggal 5 oktober 2011, Raja Salman yang ketika itu masih menjadi pangeran diangkat menjadi Wakil Kedua Perdana Menteri dan juga menjadi menteri pertahanan. Ia menggantikan saudaranya, yaitu putra mahkota kerajaan Arab Saudi Pangeran Sultan yang meninggal pada tahun 2011. Di hari yang sama, ia juga terpilih sebagai anggota dewan keamanan nasional Arab Saudi.

Salman bin Abdulaziz dikenal seebagai sosok yang sangat mencintai perdamaian dan juga lebih menyukai menjalibn hubungan diplomatik. Ia menjadi pimpinan dewan keluarga kerajaan yang dikenal dengan nama The Descendants Council yang dibentuk oleh raja Fahd.

Beliau juga mempererat hubungan negara-negara arab dengan internasional. Salman bin abdulaziz diketahui melanjutkan kebijakan menteri pertahanan sebelumnya dengan melakukan intervensi militer terhadap negara Bahrain dengan meredam pemberontakan yang terjadi disana.

Salman juga aktif menjalin hubungan dengan sekutunya yaitu Amerika Serikat dan juga Inggris dengan kunjungannya ada bulan april tahun 2012 dengan menemui Barack Obama dan juga David Cameron. Salman bin Abdulaziz juga diketahui aktif melakukan pembelian persenjataan untuk pertahanan Arab Saudi. Ia juga bergabung dengan Amerika Serikat dan sekutu lainnya dalam menumpas gerilyawan ISIS di Irak dan Suriah.

Diangkat Sebagai Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi
Pada tanggal 18 juni 2012, Salman bin Abdulaziz yang ketika itu masih menjadi pangeran kemudian diangkat sebagai Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi tak lama setelah kematian saudaranya Sabf putra mahkota Pangeran Nayef bin Abdulaziz.

Pangeran Salman kemudian diangkat menjadi Wakil Pertama Perdana Menteri Arab Saudi dan kemudian pada bulan agustus 2012, The Royal Court Saudi Arabia mengumumkan bahwa Pangeran Salman bertanggung jawab dalam urusan negara sementara raja Abdullah bertanggung jawab pada urusan luar negeri Arab Saudi. Di bulan september, beliau kemudian dinobatkan sebagai wakil ketua dewan militer arab saudi.

Pangeran Salman ketika itu dikenal sangat mendukung dan mendorong negara-negara muslim di timur tengah dapat membantu negara-negara miskin seperti somalia, sudan, bangladesh dan juga afganistan.

Raja Salman bin Abdulaziz Menjadi Raja Arab Saudi Ketujuh
Pada tanggal 23 januari 2015, Pangeran Salman kemudian resmi dinobatkan sebagai Raja Arab Saudi Ketujuh menggantikan saudara tirinya Raja Abdullah yang wafat karena penyakit pneumonia. Setelah ia resmi diangkat sebagai Raja Arab Saudi, Raja Salman kemudian melakukan reformasi di segala bidang di negaranya Arab Saudi. Salah satunya dengan merombak kabinet pemerintahan di Arab Saudi, disamping itu ia juga melakukan reformasi sosial.

Selama memimpin Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz ikut campur melalui kebijakan luar negeri Arab Saudi dengan membasmi pemberontak Syiah Houthi di negara Yaman, selain itu beliau juga ikut andil dalam membasmi gerombolan ISIS di negara Irak dan Suriah. Dibawah pemerintahan Raja Salman, Arab Saudi diketahui sebagai mendukung pemberontak melawan pemerintahan Suriah.

Saat skandal Panama Papers muncul, Nama Raja Salman diketahui muncul dalam halaman tersebut dan disebutkan bahwa ia mengambil hipotek lebih dari 34 juta dollar untuk membeli sebuah properti yang berada di pusat kota London, Inggris.

Menurut jaringan televisi TeleSUR, Raja Salman memiliki kekayaan sekitar 17 milyar dollar atau sekitar 226 triliun rupiah. Raja Salman juga dinobatkan sebagai salah satu orang paling berpengaruh di dunia tahun 2016 dan berada diposisi ke 16 oleh majalah Forbes.
Biografi dan Profil Raja Salman - Raja Arab Saudi Ketujuh
Raja Salman diketahui berkunjung ke Indonesia pada tanggal 1 maret 2017, beliau berada di Indonesia dalam rangka kunjungan kenegaraan bertemu dengan presiden Joko Widodo di Bogor, beliau diketahui berada di Indonesia selama 9 hari hingga tanggal 9 maret 2017 dimana selain melakukan kunjungan kenegaraan beliau juga berlibur di Bali.

Biodata Lengkap Raja Salman
  • Nama Lengkap : Salman bin Abdulaziz bin Abdul Rahman bin Faisal bin Turki bin Abdullah bin Mohammed bin Saud
  • Jabatan : Raja Arab Saudi, Penjaga Dua Kota Suci
  • Lahir : 31 Desember 1935
  • Tempat Lahir : Riyadh, Arab Saudi
  • Wangsa : Bani Saud
  • Ayah : Abdulaziz dari Arab Saudi
  • Ibu : Hassa binti Ahmed Al Sudairi
  • Agama : Islam Sunni
Anak-anak Raja Salman
  • Pangeran Faisal bin Salman bin Abdulaziz al Saud
  • Putri Hassa binti Salman bin Abdulaziz al Saud
  • Pangeran Saud bin Abdulaziz al Saud
  • Pangeran Mohammed bin Abdulaziz al Saud
  • Pangeran Turki bin Abdulaziz al Saud
  • Pangeran Khalid bin Abdulaziz al Saud
  • Pangeran Fahd bin Salman bin Abdulaziz al Saud
  • Pangeran Ahmed bin Salman bin Abdulaziz al Saud
  • Pangeran Sultan bin Salman bin Abdulaziz al Saud
  • Pangeran Abdulaziz bin Salman bin Abdulaziz al Saud
  • Pangeran Nayif bin Abdulaziz al Saud
  • Pangeran Bandar bin Abdulaziz al Saud
  • Pangeran Rakan bin Abdulaziz al Saud
Penghargaan Raja Salman bin Abdulaziz
  • Doktor Honoris Causa dari Univ. Umm Al-Quran, Arab Saudi (2008)
  • Doktor Honoris Causa dari Jamia Millia Islamia, India (2010)
  • Doktor Honoris Causa dari Univ. Islam Madinah, Arab Saudi (2011)
  • Doktor Honoris Causa dari Institut Sains dan Tekologi Sarajevo, Bosnia Herzegovina (2013)
  • Doktor Honoris Causa dari Univ. Waseda, Jepang (2014)
FAKTA MENARIK MENGENAI RAJA SALMAN YANG PERLU KAMU KETAHUI
  • Sejak usia 10 tahun, Raja Salman sudah menghafal alquran dan menjadi hafidz dan sangat taat dalam beribadah
  • Raja Salman merupakan gubernur Riyadh dengan masa jabatan paling lama dari tahun 1963 hingga tahun 2011
  • Raja Salman menjadi orang arab pertama, keturunan kerajaan pertama, dan muslim yang pertama kali menjadi turis luar angkasa dengan menumpang pesawat luar angkasa milik Amerika Serikat pada tahun 1985.
  • Raja Salman banyak menerima medali penghargaan dibidang kemanusiaan terkait dengan kepeduliannya dalam memberikan bantuan terhadap bencana kemanusiaan di negara-negara miskin sejak tahun 1956. Beliau juga menerima banyak gelar kehormatan akademik dari berbagai universitas di seluruh dunia. 
  • Beliau mengidap penyakit stroke, oleh karena itu pergerakan bahunya amat terbatas
  • Beliau merupakan raja Arab yang memiliki akun twitter pribadi @KingSalman
Advertisement
loading...
Jika artikel diatas bermanfaat bagi anda, jangan lupa di share. Seluruh artikel biografi yang ada pada situs ini kami himpun dari berbagai sumber. Sedapat mungkin informasi yang disampaikan akurat dan benar, Kami mohon maaf jika informasi yang disampaikan masih terdapat kekeliruan atau kesalahan, harap menghubungi kami melalui halaman Contact Us atau melalui kotak komentar yang tersedia. Terima Kasih
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai
Blogger
Disqus

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar Jika Sobat Mempunyai Opini Yang Menarik Sesuai Dengan Artikel. Terima Kasih Sudah Berkunjung