Biografi dan Profil Sri Prakash Lohia - Raja Poliester dari Indonesia | BiografiKu.com | Biografi dan Profil Tokoh Terkenal Di Dunia
Baju Muslim Murah

Biografi dan Profil Sri Prakash Lohia - Raja Poliester dari Indonesia

Advertisement
Advertisement
Biografi dan Profil Sri Prakash Lohia - Raja Poliester dari Indonesia
Biografiku.com - Jika kita melihat daftar orang terkaya di Indonesia yang dirilis oleh majalah Forbes, kebanyakan didominasi oleh para pengusaha yang berasal dari Tiongkok atau keturunannya. Ada juga yang berasal dari pribumi asli, namun diantara daftar tersebut terdapat nama Sri Prakash Lohia, yang merupakan pengusaha keturunan India.

Sri Prakash Lohia dikenal sebagai seorang pengusaha tekstil di Indonesia. Berkat bisnis tekstilnya membuat Sri Prakash masuk dalam 10 besar daftar orang terkaya di Indonesia. Mengenai biografi dan proofilnya, Sri Prakash Lohia lahir pada tanggal 11 agustus 1952 di India. Ayahnya bernama Mohan Lal Lohia seorang pengusaha garmen yang membuka usahanya di Indonesia dan ibunya bernama Kachan Devi Lohia. Keluarga Lohia merupakan keluarga berkecukupan.

Sri Prakash Lohia merupakan lulusan dari Universitas New Delhi dengan gelar Bachelor of Commerce. Di usia 19 tahun, ia sudah mulai terjun ke dunia bisnis membantu ayahnya dalam berbisnis garmen dan membuka usaha di Indonesia.

Pada tahun 1974, ayah Prakash mendirikan pabrik tekstil di kota Purwakarta. Mengingat tekstil merupakan kebutuhan pokok, Ia rela mengeluarkan uang sebesar US$ 10 juta dengan membuka pabrik tekstil yang menampung sekitar 2 ribu karyawan di Jawa Barat.

Tak butuh waktu lama, dalam setahun beroperasi pabrik tersebut mampu mencetak keuntungan yang fantastis bagi Sri Prakash Lohia. Namun karakter dari Sri Prakash yang tidak langsung berpuas diri, ia kemudian berfikir untuk membuka bisnis lain selain bisnis tekstil.

Dari Tekstil ke Industri Poliester
Bersama dengan saudaranya bernama Anil Prakash, mereka berdua kemudian mencoba industri di bidang petrokimia yaitu bisnis serat poliester dan PET (Polyethylene Terephthalate) poliester untuk botol. Dimana industri tersebut ia mulai pada tahun 1975. Tidak banyak pengusaha yang bermain di bisnis poliester ini sehingga menjadi satu keuntungan bagi Sri Prakash Lohia sebab ia dengan mudah bersaing dan mengontrol situasi dari bisnisnya.

Pada tahun 1992, Sri Prakash Lohia kemudian mendirikan sebuah perusahaan bernama Indorama Ventures. Selain itu sayap bisnisnya ia kembangkan ke bisnis polyethylene yang merupakan bahan baku dari botol plastik Coca Cola, Pepsi serta Aqua botol.

Biografi dan Profil Sri Prakash Lohia - Raja Poliester dari Indonesia
Tak butuh waktu lama, perusahaan Indorama Ventures yang didirikan oleh Sri Prakash Lohia kemudian berkembang pesat menjadi perusahaan pemasok polyethylene terephthalate (PET) resin terbesar di dunia.

Tentu saja, pundi-pundi uang mengalir dengan deras ke kantong Sri Prakash Lohia seiring Indorama yang maju dengan pesat pada tahun 1995. Hal ini kemudian semakin memantapkan Sri Prakash untuk berbisnis di bidang petrokimia.

Sejak tahun 1985, Sri Prakash Lohia sudah memutuskan untuk berganti kewarganegaraan dari India menjadi WNI. Meskipun pada awal ia tinggal di Indonesia, ia merasa cukup sulit karena selain kendala bahasa juga infrastruktur yang masih sangat terbatas ketika itu.

Saat ini, Sri Prakash memiliki karyawan lebih dari 19 ribu orang dengan perusahaan yang tersebar di beberapa negara seperti Nigeria, Turki, Thailand serta Amerika. Namun ia menugaskan anak-anaknya untuk mengelola perusahaannya tersebut.

Kini perusahaan yang dimilikinya sudah menghasilkan produk-produk unggulan seperti PET resin, Polyethylene, Polyester, Polypropylene, hingga produk sarung tangan medis pun sudah masuk dalam produk yang diproduksi oleh Indorama Corporation.

Perusahaan miliki Lohia, kini sudah bisa ditemukan dengan mudah di berbagai kota besar di Indonesia, khususnya di daerah Jakarta. Sri Prakash Lohia menikah dengan Seema Lohia. Dari pernikahannya tersebut, ia dikaruniai dua orang anak bernama Amit Lohia dan Shruti Hora yang juga mengikuti jejak ayahnya dalam berbisnis.

Sri Prakash Lohia sempat memperoleh penghargaan bernama Pravasi Bharatiya Samman Award atau Overseas Indian Award pada tahun 2012 yang diberikan langsung oleh presiden India. Karier seorang Sri Prakash LohiaSaat ini Sri Prakash Lohia memiliki kekayaan senilai $5.3 miliar dollar atau setara 70.6 triliun rupiah. Kekayaannya tersebut menjadikan ia berada di posisi ke 5 dalam daftar orang terkaya di Indonesia menurut majalah Forbes.

Itulah sekilas mengenai biografi dan profil Sri Prakash Lohia salah satu orang terkaya di Indonesia yang dikenal sebagai Raja Tekstil dan poliester, Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca biografiku.com sekalian.
Advertisement
loading...
Jika artikel diatas bermanfaat bagi anda, jangan lupa di share. Seluruh artikel biografi yang ada pada situs ini kami himpun dari berbagai sumber. Sedapat mungkin informasi yang disampaikan akurat dan benar, Kami mohon maaf jika informasi yang disampaikan masih terdapat kekeliruan atau kesalahan, harap menghubungi kami melalui halaman Contact Us atau melalui kotak komentar yang tersedia. Terima Kasih
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai
Blogger
Disqus

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar Jika Sobat Mempunyai Opini Yang Menarik Sesuai Dengan Artikel. Terima Kasih Sudah Berkunjung