Beranda Atlet Biografi Pele, Sang Legenda Sepakbola Brazil

Biografi Pele, Sang Legenda Sepakbola Brazil

Biografiku.com | Pele dikenal sebagai salah satu legenda sepakbola dunia yang berasal dari Brazil. Di lapangan hijau ia dijuluki sebagai The Black Pearl. Salah satu maestro sepakbola dalam sejarah yang berhasil membawa Brazil ke puncak persepakbolaan dunia.

Biografi Pele - Legenda Sepakbola Brazil

Legenda Brazil ini dikenal memiliki teknik tinggi dalam permainan sepakbola. Berkat tekniknya di lapangan hijau membuat ia menorehkan banyak prestasi selama sebagai pemain sepakbola. Namanya paling dikenal ketika ia sukses membawa Brazil menjadi tiga kali juara dunia sepakbola. Namanya kemudian dikenang sebagai salah satu legenda sepakbola dunia.

Biodata Pele

Nama AsliEdison Arantes do Nascimento
Nama PopulerPele
Lahir
Três Corações, Brasil, 23 Oktober 1940
Orang Tua
Dodinho (ayah), Dona Celeste Arantes (ibu)
IstriMarcia Aoki, Assíria Nascimento, Rosemeri dos Reis Cholb
AnakEdson Cholbi Nascimento, Sandra Regina Arantes do Nascimento, Kelly Cristina Nascimento, Jennifer Nascimento
DikenalLegenda Sepakbola

Biografi Pele

Legenda sepakbola satu ini terlahir dengan nama lengkap Edson Arantes Do Nascimento, Ia merupakan anak dari Dodinho (ayah), Dona Celeste Arantes (ibu).

Ia memiliki dua orang saudara kandung bernama Maria Lúcia Nascimento dan Zeca Nascimento. Bakat Pele pertama kali ditemukan oleh mantan pemain Brasil Waldemar de Brito. Kala itu usia ia baru menginjak 11 tahun.

Memulai Karir Sepakbola

Di bawah asuhan Waldemar, pria kelahiran Tres Coracoes, 23 Oktober 1940 ini tumbuh menjadi pemain yang luar biasa. Menginjak usia 15 tahun, ia mulai direkrut ke klub Santos.

Cukup satu tahun ia langsung mengawali debut di Santos dengan sebuah gol saat klubnya bertemu Corinthians, September 1956. Kala itu publik sepakbola Brasil menyakini bahwa legenda sepakbola dunia telah lahir.

BACA JUGA :  Biografi Benito Mussolini

Menjuarai Piala Dunia Pertama Kali

Di usianya yang ke-17, Pele memulai debut di Piala Dunia Swedia 1958. Dalam ajang yang sama juga Brasil untuk pertama kalinya berhasil merebut gelar Piala Dunia. Ia menjadi pemain termuda yang mampu menjaringkan 6 gol dalam ajang Piala Dunia.

Pele menjaringkan gol kemenangan saat melawan Wales, mencetak hattrick saat melawan Perancis di semifinal dan mencetak dua gol lagi saat Brasil membungkam tuan rumah Swedia 5-2 di final.

Cedera serius yang dialami saat bermain di partai pembuka melawan Meksiko membuat ia harus puas menyaksikan kejayaan rekan-rekan setimnya saat keluar sebagai juara di Piala Dunia 1962.

biografi pele

Menjadi bintang besar dan dianggap sebagai pemain berbahaya di dunia membuat gerak-geriknya di lapangan selalu diawasi oleh setiap lawannya.

Cedera serupa juga dialaminya saat tampil di Piala Dunia 1966. Ironisnya tanpa kehadirannya, saat itu Brasil mengalami nasib tragis karena harus tersingkir di babak awal.

Ia harus menunggu sampai Piala Dunia 1970 diselenggarakan. Saat itu obsesinya untuk membawa Brasil memboyong tropi Jules Rimet untuk selamanya akhirnya menjadi kenyataan.

Membawa Brazil Juara Piala Dunia

Bersama Jairzinho, Tostao, Rivelino, dan Carlos Alberto, Pele sukses menjadi pemain pertama yang mampu merasakan tiga kali menjadi juara dunia.

Dalam partai final pada Piala dunia 1970 itu juga ia mampu melengkapi rekor gol ke-100 yang dijaringkan Brasil selama mengikuti Piala Dunia.

Sang Legenda Sepakbola

Usai partai final Piala Dunia 1970 harian terkemuka Sunday Times dalam headline-nya mengangkat judul : “Bagaimana anda mengeja Pele? G-O-D (T-U-H-A-N/red)”.

Sepanjang kariernya sebagai pemain, Pele telah 92 kali memperkuat Brasil dalam partai internasional dengan koleksi 77 gol.

BACA JUGA :  Biografi Akio Morita, Kisah Pembuat Sake Menjadi Pendiri Sony yang Inovatif

Prestasinya di klub bersama Santos di Liga Brasil (1956-1974) maupun bersama New York Cosmo di Liga Amerika (1975-1977) juga sangat spektakuler.

Bersama Santos, ia 11 kali menjuarai kompetisi Sao Paulo, 6 kali juara Piala Brasil, 2 kali juara Copa Libertadores serta 11 kali menjadi topskor di kompetisi Sao Paulo. Secara keseluruhan Pele telah mencetak 1281 gol dalam 1363 pertandingan.

Bahkan setiap tanggal 19 November para pendukung Santos merayakan “Pele Day” atau “Hari-nya Pele” untuk mengenang gol ke-1000 yang dicetaknya di Stadion Maracana.

Duta PBB dan UNICEF

Sejak memutuskan pensiun dari sepakbola, Pele yang kini menjabat sebagai duta besar keliling Brasil sering menjadi duta untuk mempromosikan negaranya. Dia juga menjadi duta untuk badan dunia PBB dan UNICEF.

Pele adalah satu-satunya pemain yang merasakan tiga kali mengangkat tropi Piala Dunia, pemain paling jenuis yang pernah terlahir di muka bumi. Ia dijuluki sebagai pesepakbola paling sempurna. Setiap kali “Selecao” bermain cantik, orang pasti mengidentikannya dengan kehadiran si pemilik No. 10.

Advertisement