Beranda Biografi Pengusaha Sukses Biografi Tahir, Sosok Pengusaha Sukses yang Berjiwa Besar

Biografi Tahir, Sosok Pengusaha Sukses yang Berjiwa Besar

Biografiku.com – Profil dan Biografi Tahir. Pengusaha pemilik Mayapada Grup bernama lengkap Dato’ Sri Tahir. Ia adalah sosok luar biasa yang sangat layak untuk Anda jadikan ispirasi Anda. Membaca profil dan biografi Tahir ini akan merubah pandangan Anda mengenai sosok yang satu ini.

Biografi dan Profil Tahir - Sosok Pengusaha Sukses yang Berjiwa Besar

Profil dan Biografi Dato Sri Tahir

Dato Sri Tahir lahir di Surabaya pada tanggal 26 Maret 1952. Pada umurnya yang sekarang menginjak 64 tahun, Tahir adalah seorang pengusaha, investor, sekaligus pendiri Mayapada Group yang sukses.

Mayapada Group adalah sebuah holding company yang memiliki beberapa unit bidang usaha di Indonesia. Beberapa dari bidang yang digeluti adalah perbankan, TV berbayar dan media cetak, properti dan rumah sakit.

Sosok Tahir juga dikenal sebagai seorang dermawan yang tidak segan menyumbangkan sebagian rejeki yang ia dapatkan atas nama kemanusiaan.

Saat ini Tahir menjadi orang terkaya ke 12 di Indonesia dan mampu menyumbangkan sebagian hartanya yaitu sekitar US$ 75 Juta atau sekitar kurang lebih 975 Miliyar rupiah untuk kesehatan.

Sosok yang Dermawan

Tahir memegang teguh prinsip hidupnya yang menyatakan bahwa bisnis adalah sebuah sarana untuk menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Salah satu sifat dermawan Tahir yang paling terlihat adalah usahanya mengembangkan wirausaha kecil dan menengah.

Hal ini ia lakukan melalui bank Mayapada yang didirikannya. Tahir selalu dan selalu memompa semangat masyarakat Indonesia untuk mau berwirausaha dan tidak memangku tangan kepada orang lain namun berusaha untuk membantu orang lain dengan membuka lapangan pekerjaan.

BACA JUGA :  Biografi Soichiro Honda, Kisah Inspiratif Pendiri Honda Yang Pantang Menyerah

Sosok ini menjadi layak untuk dijadikan sebuah contoh pribadi yang sukses karena kegigihannya dalam mewujudkan keinginannya. Salah satunya adalah keinginannya untuk menjadi seorang dokter. Meskipun ia tidak dapat menjadi seorang dokter karena tidak bisa melanjutkan pendidikannya dahulu, ia mewujudkan keinginannya dengan mendirikan sebuah rumah sakit.

Rumah Sakit Mayapada ini adalah cara Tahir untuk dapat membantu sesama dengan cara memudahkan akses pelayanan kesehatan bagi anak dan orang tidak mampu.

Selain itu pada saat banjir di Jakarta, Tahir bersama Alim Markus dari Maspion dan Mochtar Riady dari Lippo Group menggelontorkan 7 Miliyar rupiah dalam bentuk pengadaan air bersih dan seragam beserta buku-buku bagi anak-anak korban banjir.

Selain itu, sumbangannya yang sangat terkenal adalah US$ 75 Juta untuk The Global Fund bermitra dengan Bill & Melinda Gates Foundation.

Perjalanan Bisnis Milik Tahir

Perjalanan bisnis yang dijalani oleh sosok ini menjadi salah satu biografi Tahir. Tahir dikenal sebagai sosok pengusaha yang ulet dan memiliki bisnis yang beraneka ragam. Suatu hal yang mencengangkan lagi adalah seluruh usaha yang dilakukannya menuai kesuksesan luar biasa.

Biografi dan Profil Tahir - Sosok Pengusaha Sukses yang Berjiwa BesarDari garmen, Tahir muda mulai memasuki bisnis lain. Pada tahun 1986, Tahir mendirikan Mayapada Group dan merambatkan bisnisnya dari dealer mobil, garmen, perbankan, sampai kesehatan. Namun, sejak tahun 1990 bisnis perbankan Tahir maju pesat dan meninggalkan bisnis garmennya.

Saat krisis moneter pada tahun 1998 bank Mayapada ini tidak kehilangan eksistensinya karena tidak mengambil kredit terlalu banyak dari bank asing. Dengan eksistensinya tersebut, bank Mayapada melaju pesat hingga saat ini dapat menjadi bank yang memiliki nama besar.

Tahir, Salah Satu Pengusaha Terkaya

Majalah terkemuka di dunia yaitu Forbes memasukkan nama Tahir sebagai salah satu pengusaha dan orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan berjumlah 3,1 Milyar Dollar Amerika atau sekitar 41.3 Triliun Rupiah pada tahun 2017.

BACA JUGA :  Biografi Carlos Slim Helu - Orang Terkaya Dunia

Itulah beberapa informasi dalam biografi dan profil Tahir yang sangat sayang untuk Anda lewatkan. Betapa akan sangat tidak percumanya seseorang membantu orang lain.

Dengan bisnis Tahir mampu membuktikan bahwa dirinya tetap bisa membantu orang lain yang benar-benar membutuhkan bantuan dan justru membuat dirinya semakin sukses.

Advertisement