Beranda Biografi Pengusaha Sukses Biografi Anthony Salim, Kisah Pengusaha Sukses Bos Minyak Goreng dan Raja Mie...

Biografi Anthony Salim, Kisah Pengusaha Sukses Bos Minyak Goreng dan Raja Mie Instan Pemilik Salim Group

Biografiku.com | Anthony Salim dikenal sebagai pemilik perusahaan Salim Group. Ia juga dikenal sebagai bos minyak goreng melalui merk Bimoli dan raja mie instan melalui perusahaan Indofood miliknya. Ia juga merupakan pemilik minimarket Indomaret.

Biografi dan Profil Anthony Salim

Anthony merupakan salah satu pebisnis atau pengusaha sukses asal Indonesia. Salim Group sendiri didirikan oleh Soedono Salim. Di tahun 2005, Anthony Salim merupakan salah satu pengusaha yang masuk dalam kategori 10 tokoh bisnis paling berpengaruh versi Warta Ekonomi. Ia merupakan sosok penting berkembang pesatnya Salim Group saat hampir bangkrut ketika tahun 1998. Bagaimana kisahnya?

Biografi Anthony Salim

Anthony Salim dilahirkan di Kudus, pada tanggal 25 Oktober 1949. Ia memiliki saudara bernama Mira Salim, Andre Salim, Albert Salim. Anthony merupakan anak dari pasangan Soedono Salim dan Lie Las Nio.

Ayahnya ini merupakan pengusaha terkenal pendiri Salim grup. Perusahaan yang didirikan ayahnya ini terkenal sebagai perusahaan yang bergerak dalam industri bahan makanan terbesar di Indonesia.

Ia mewarisi kerajaan bisnis yang sudah dirintis oleh Soedono Salim, Ayahnya. Anthony Salim diketahui merupakan lulusan di North East Surrey College of Technology di Inggris dengan konsentrasi jurusan bisnis.

Mewarisi Perusahaan Salim Grup

Setelah mewarisi kerajaan bisnis dari Ayahnya, Soedono Salim, Anaknya ini kemudian mulai menahkodai bisnnis dari Gruop Salim yang tersebar di berbagai sektor usaha seperti perbankan, Industri makanan, bahan bangunan dan lain-lain.

Namun ketika mewarisi kerajaan bisnis dari ayahnya, Ia menghadapi kenyataan bahwa Salim Group mempunyai hutang yang cukup banyak sekitar 55 triliun, imbas dari krisis moneter 1998 yang membuat bisnis Salim Group hampir tersungkur.

BACA JUGA :  10+ Biografi Pengusaha Sukses Indonesia Dengan Kisah Paling Inspiratif

Anthony Salim kemudian berusaha memperbaiki perusahaannya dengan cara melego atau menjual beberapa anak perusahaan Salim Group yaitu Bank BCA, PT Indocement, dan PT Indomobil. Cara ini diambil sebagai langkah untuk melunasi utang yang sedang dihadapi oleh perusahaan Salim Group.

Pemilik PT Indofood serta PT Bogasari

Meskipun begitu, Salim Group masih mempunyai sebagian kecil saham terhadap beberapa perusahaan yang mereka jual. Ketika menjual beberapa anak perusahaannya, Anthony Salim mempertahankan beberapa perusahaannya yang cukup besar ketika itu seperti PT Indofood dan PT Bogasari.

Kedua perusahaan tersebut mempunyai pengaruh yang besar di bidang industri makanan Indonesia. dan menguasai sebagian besar industri makanan di Indonesia. Perusahan tersebut juga dikelola oleh Fransciscus Welirang yan merupakan iparnya.

Dibawah kepemimpinan Anthony Salim, PT Indofood dan PT Bogasari melesat mengusai sebagian besar industri makanan di Indonesia. PT Indofood sendiri menjadi perusahaan produsen mie instan terbesar di Indonesia dan di dunia. Kedua perusahaan tersebut dalam beberapa tahun tercatat memperoleh laba yang cukup besar.

Biografi dan Profil Anthony Salim

Hasil positif yang diraih oleh perusahaan Salim Group, membuat pundi-pundi kekayaan Anthony Salim bertambah dengan cepat.

Dibawah kendali Anthony Salim, Salim Group tumbuh menjadi perusahaan konglomerat yang berpengaruh di Indonesa. Saat ini Salim Group mempunyai banyak anak perusahaan dan juga beberapa yayasan.

Pemilik Minimarket Indomaret

Cabang bisnis Salim Group pun sangat banyak meliputi bisnis industri makanan, Kelapa Sawit, Perbankan, Otomotif, Asuransi dan kimia.

Anthony Salim diketahui merupakan pemilik minimarket Indomaret yang tersebar di Indonesia, selain itu ia juga memegang hak waralaba cepat saji KFC (Kentucky Fried Chicken) yang banyak bertebaran di Indonesia.

Anthony Salim diketahui menikah dengan Margaret Salim, dari hasil pernikahannya tersebut, ia memiliki tiga orang anak bernama Axton Salim, Alston Salim dan Astrid Salim.

BACA JUGA :  Inilah Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2018 Versi Majalah Forbes

Kekayaan Anthony Salim

Pada tahun 2021, Kekayaan Anthony Salim ditaksir sebesar 125.9 triliun rupiah menurut majalah forbes. Penjual Indomie sekaligus bos minyak goreng ini menduduki peringkat 10 besar dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Semua kekayaannya berasal dari Salim grup miliknya yang bergerak di berbagai sektor.

Itulah beberapa informasi mengenai Biografi dan Profil Anthony Salim seorang pengusaha sukses yang menjadi sosok penting berkembangnya Salim Group. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Advertisement