Beranda Biografi Pengusaha Sukses Biografi Singkat Elon Musk, Pendiri Tesla Motor dan SpaceX. Berapa Kekayaannya?

Biografi Singkat Elon Musk, Pendiri Tesla Motor dan SpaceX. Berapa Kekayaannya?

2212
4.9
(86)

Biografiku.com | Elon Musk mungkin kurang begitu populer di Indonesia, namun di dunia internasional ia sangat dikenal sebagai milyuner pendiri dari SpaceX, Tesla Motors dan Paypal.

Elon Musk dikenal juga termasuk salah satu dalam jajaran orang paling kaya di dunia. Media bahkan menjulukinya sebagai iron man di dunia nyata. Berapa kekayaan Elon Musk sebenarnya?

Biografi Elon Musk

Elon Musk dikenal sebagai sosok yang visioner. Melalui perusahaannya yakni SpaceX yang bergerak dibidang teknologi antariksa/luar angkasa, Musk berhasrat mendirikan koloni manusia di Planet Mars. Sementara perusahaannya yang lain yakni Tesla Motor dikenal sebagai produsen mobil listrik inovatif yang sangat terkenal di dunia. Berikut biografi singkat Elon Musk, mengapa ia begitu terkenal?

Biografi Elon Musk

Ia lahir dengan nama lengkap Elon Reeve Musk. Ia dilahirkan pada tanggal 28 Juni 1971 di Pretoria, Afrika Selatan. Ayahnya merupakan orang afrika selatan yang bernama Errol Musk. Sementara ibunya orang kanada yang bernama Maye Musk.

Ayahnya dikenal sebagai ahli elektromekanika, pilot, dan juga pelaut yang kemudian membuat Elon Musk mengikuti bakatnya. Ia diketahui memiliki dua orang saudara bernama Kimbal dan Tosca.

Sejak kecil, Elon dikenal sebagai pribadi yang sangat senang membaca dan belajar. Di usia 10 tahun orang tuanya bercerai. Elon kemudian memilih tinggal dengan ayahnya di Pretoria, Afrika Selatan.

Di usia itu juga ia sudah mulai sudah mulai belajar teknik komputer. Pada usia 12 tahun, Elon sudah menguasai bahasa pemrograman dan berhasil menjual program komputer pada majalah sebesar $500.

Setelah menyelesaikan pendidikannya di Pretoria High Schooldi Afrika Selatan, Orang tuanya kemudian mengirim Musk ke Kanada. Ia mengenyam pendidikan tingginya di Queen’s University, Kanada selama dua tahun hingga 1992.

Setelah itu, ia memilih pindah dan meraih gelar sarjana ekonomi di Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat. Disana juga ia meraih gelar sarjana fisika terapan (Friedman, 2003).

Ia sempat melajutkan pendidikan doktornya di bidang fisika terapan di Universitas Stanford namun ia kemudian keluar setelah baru dua hari menjalani kuliah. Alasan Elon Mus berhenti kuliah karena ia ingin membangun usaha dibidang internet, energi yang terbarukan dan proyek luar angkasa.

Menjadi Pengusaha Teknologi

Pertama kali Elon Musk terjun di dunia bisnis, ia mendirikan perusahaan perangkat lunak bernama Zip2 tahun 1995 bersama dengan adiknya yang bernama Kimbal dan Greg Kouri. Perusahaan ini melisensikan aplikasi panduan kota online ke surat kabar seperti New York Times dan Chicago Tribunes.

Zip2 yang didirikan oleh Elon Musk kemudian diakuisis oleh Compaq tahun 1999 yang dimana Musk kemudian menerima sekitar 22 juta dollar hasil dari penjualan Zip2.

Setelah menjual Zip2, Elon Musk kemudian mendirikan X.com yang bergerak dibidang layanan teknologi keuangan pada tahun 1999. Ia menggunakan setengah dari penjualan Zip2 untuk mendirikan X.com pada tahun 1999.

Perusahaan Musk ini kemudian berkembang pesat dan berhasil mengakuisisi Confinity yang memiliki anak perusahaan paypal yang bergerak dibidang jasa transfer uang. Mengetahui potensi besar paypal ke depan. Setelah sempat terjadi pergesekan antara pimpinan di X.com, Musk kemudian memutuskan X.com berhenti mengoperasikan jasa layanan keuangan dari X.com.

Ia kemudian memutuskan mengganti nama X.com menjadi Paypal (American Banker, 2011). Setelah itu Paypal kemudian diakusisi oleh Ebay.com yang didirikan oleh Pierre Omidyar. Kesepakatan ini membuat Musk menerima sebesar 11,5 persen saham di Ebay.

Mendirikan SpaceX

Akuisisi yang dilakukan ebay terhadap paypal ini membuat Elon Musk menjadi orang kaya baru. Ia kemudian menginvestasikan uangnya dengan mendirikan perusahaan SpaceX (Space Exploration Technologies) tahun 2002.

SpaceX merupakan perusahaan penyedia jasa transportasi luar angkasa yang juga melakukan pengembangan teknologi roket luar angkasa. Perkembangan perusahaan milik Elon Musk ini sangat bagus dengan berhasil melakukan kerjasama dengan NASA dalam pengiriman kargo dan astronot ke luar angkasa.

Dengan perusahaan SpaceX yang ia miliki, Elon Musk bercita-cita dapat mengirim manusia untuk mendirikan koloni dan kehidupan di planet Mars. Menurut Musk, penjelajahan manusia ke luar angkasa adalah perlu. Itu bertujuan guna melestarikan kehidupan dan peradaban manusia.

Pendiri Tesla Motors

Dengan SpaceX, Elon Musk dikenal sebagai seorang salah satu orang terkaya di dunia dan juga pengusaha yang visioner. Musk kemudian mendirikan Tesla Motors pada tahun 2003. Tesla Motors merupakan perusahaan otomotif yang memproduksi mobil listrik.

Biografi elon Musk

Adapun mobil yang dibuat oleh Tesla Motors adalah mobil Sedan Model S, Cyber Truck dan lain-lain. Tesla juga menjual sistem powertrain listrik kepada perusahaan Daimler dan Toyota. Di Tesla Motors, jumlah kepemilikan saham yang dimiliki Elon Musk sebesar 32 persen saham.

Disamping Tesla Motors, Elon Musk juga mendirikan SolarCity yang merupakan perusahaan yang menyalurkan sistem energi tenaga surya terbesar di Amerika Serikat. Perusahaannya ini bahkan bekerja sama dengan perusahaanya yang lain yakni Tesla Motors dalam hal baterai mobil listrik.

Selain itu, Elon Musk juga mendirikan Hyperloop yang merupakan sebuah proyek mode transportasi menghubungkan wilayah Los Angeles dan Teluk San Francisco. Proyek ini menggunakan mesin perjalanan udara subsonik yang diklaim hanya membutuhkan waktu sekiitar 30 menit dibanding menggunakan pesawat udara.

Elon Musk juga mendirikan OpenAI tahun 2015. OpenAI adalah sebuah perusahaan yang melakukan penelitian mengennai kecerdasan buat yyang bermanfaat bagi umat manusia. Selain OpenAI, Musk juga mendirikan perusahaan startup Neuralink.

Startup ini yang memiliki tujuan dapat mengintegrasikan sistem kecerdasan buatan kedalam otak manusia. Tujuan akhir dari proyek OpenAI dan Neuralink ini agar otak manusia juga dapat mengimbangi sistem kecerdasan buatan yang kian lama kian maju dalam pengembangannya.

Filantropi Elon Musk

Selain mendirikan berbagai perusahaan teknologi terkemuka, Elon Musk juga dikenal dermawan dan banyak melakukan beberapa proyek filantropi kemanusiaan. Ia mendirikan yayasan Musk Foundation yang bertujuan membantu kemanusiaan dalam bidang sains, kesehatan, dan energi yang ramah lingkungan.

Ia membangun sistem tenaga surya di daerah-daerah yang terkena bencana seperti di alabama pasca badai besar menyerang kota tersebut dan di Fukushima, Jepang pasca bencana nuklir terjadi.

Selain itu ia juga memiliki rencana membangun rumah kaca mini yang berisi tanaman dan bahan makanan di planet Mars. Namun terlebih dahulu ia mesti menyempurnakan desain roket yang dibuat oleh SpaceX.

Elon Musk juga menyumbangkan sebagian besar kekayaannya kepada lembaga amal dan lembaga filantropi yang juga dilakukan oleh Warren Buffet dan Bill Gates.

Kekayaan Elon Musk

Berapa kekayaan Elon Musk? Menurut majalah Blomberg, Elon Musk memiliki total kekayaan senilai 170 miliar dollar Amerika atau sekitar 2.416 trilyun rupiah di tahun 2020. Kekayaannya ini naik berkat kenaikan saham Tesla Motors yang naik sekitar 650% sejak awal tahun 2020 (cnbc.com, 2020).

Biografi Elon Musk

Selain itu, Tesla Motors juga berhasil mencatatkan rekor penjualan baru dan laporan keuangan yang terus meraih keuntungan. Menurut Bloomberg Billionaire Index, dengan total kekayaannya tersebut Elon Musk menjadi orang terkaya kedua di dunia dibawah Jeff Bezos.

Keluarga Elon Musk

Elon Musk diketahui saat ini tinggal di wilayah Los Angeles, California. Ia pertama kali menikah dengan wanita bernama Justine Musk tahun 2000. Setelah bercerai dengan Justine, Musk kemudian menikah dengan aktris asal Inggris bernama Talulah Riley dan bercerai tahun 2012. Dari pernikkahannya ini, Elon Musk memiliki lima orang anak laki-laki.

Beri Rating Artikel Ini