Beranda Biografi Tokoh Dunia Biografi August Horch, Kisah Insinyur Jerman Pendiri Perusahan Mobil Audi

Biografi August Horch, Kisah Insinyur Jerman Pendiri Perusahan Mobil Audi

5
(1509)

Biografiku.com | August Horch dikenal sebagai pendiri Audi, sebuah perusahaan produsen mobil mewah asal Jerman. Audi saat ini dikenal cukup sukses dalam pangsa pasar mobil mewah secara global. Kecanggihan teknologi dan kinerja menjadi andalan mobil asal Jerman ini. Audi juga menjadi pesaing utama bagi Mercedes-Benz dan BMW dalam hal penjualan mobil mewah yang berkelas.

Biografi August Horch, Pendiri Audi

Perusahaan Audi dikenal dengan logo atau lambang empat cincin di mobil mereka. Semuanya berkat August Horch dalam membangun perusahaan mobil tersebut sehingga menjadi salah satu produsen mobil tersukses di Eropa. Bagaimana kisahnya?

Biodata August Horch

NamaAugust Horch
Lahir12 Oktober 1868, Winningen, Jerman
Wafat3 Februari 1951, Münchberg, Jerman
DikenalPendiri Perusahaan AUDI

Biografi August Horch

August Horch lahir di kota Winningen, Jerman barat pada tanggal 12 Oktober 1868. Horch sangat menyukai mesin sejak usia muda. Saat remaja, August Horch bekerja sebagai pegawai magang harian konstruksi mesin di Mittweida. Dengan begiitu keterampilannya mengenai mesin cepat berkembang. Ia menyelesaikan pendidikannya di Universitas Ilmu Terapan di Mittweida,

Pada tahun 1896, Ia bekerja di pabrik otomotif Mannheim milik Karl Benz yang merupakan pendiri dari Mercedes Benz. Karena keterampilannya dalam mesin mobil, Ia dengan cepat naik jabatan menjadi kepala departemen perakitan kendaraan bermotor milik Karl Benz.

Mendirikan Bengkel Horch & Cie

August Horch bekerja di perusahaan milik Karl Benz selama tiga tahun. Disana ia banyak belajar tentang industri otomotif yang masih baru. Ia kemudian mendirikan bengkel kendaraan bermotor dengan nama ‘Horch & Cie’ di Cologne-Ehrenfeld, Jerman.

BACA JUGA :  Biografi Ahmad Sahroni, Dari Tukang Cuci Menjadi Crazy Rich Tanjung Priok

Disana ia mulai merancang dan mendesain mobilnya sendiri. Mobil buatannya itu ditenagai oleh dua silinder yang terpasang di depan. Ia juga mendesain ruang bakar kendaraan yang inovatif dengan bak mesin yang ringan. Prototipe mobil pertama buatan August Horch diuji pada bulan Januari 1901.

Beberapa tahun setelahnya, Pendiri Audi ini mulai bereksperimen dengan konsep canggih seperti penggerak poros ke roda kendaraan. Penggunaan roda gigi berbahan baja nikel krom. Ia selanjutnya membangun beberapa mobil dengan mesin dua silinder dengan tenaga 4,5 sampai 5 HP. 

Mendirikan Perusahaan A. Horch Motorwagenwerke AG

Pada tahun 1904, August Horch kemuudian mendirikan perusahaan patungan bernama A. Horch Motorwagenwerke AG di Zwickau, Jerman. Mobil buatan mereka menjadi mobil berkualitas dengan mesin empat silinder dengan tenaga 22 dan 40 HP. Pada tahun 1908 lebih dari 100 mobil berhasil dibuat oleh perusahaan itu. 

Namun Hubungan antara Horch dan dewan pengawas perusahaannya kemudian memburuk. Akibatnya Ia keluar dari perusahaan A. Horch Motorwagenwerke AG pada tanggal 16 Juni 1909. Satu bulan setelah pengunduran dirinya, August Horch mendirikan perusahaan otomotif baru di Zwickau. 

Pendiri Perusahaan Mobil AUDI

Kesepakatan dengan Perusahaan pertamanya yakni A. Horch Motorwagenwerke AG melarangnya menggunakan nama Horsch dalam bisnis otomotif. Kemudian Franz Fikentscher rekan Horsch menyarankan Horch memilih nama AUDI yang dalam bahasa Jerman berarti “mendengarkan”. Tahun 1909, Audi Automobilwerke resmi didirikan oleh August Horch di Zwickau, Jerman.

Biografi August Horch, Kisah Insinyur Jerman Pendiri Perusahan Mobil Audi

Audi Automobilwerke kemuduian memulai produksi mobilnya pada tahun 1911. Adalah mobil Audi Tipe A 10/22 yang dibuat dari tahun 1912 hingga 1914. Kemudian selanjutnya mereka memproduksi Mobil Audi Tipe C 14/35.

Mobil buatannya kemudian memenangkan Reli Alpine di Austria dimana August Horch sendiri yang menjadi pembalapnya. Selanjutnya Audi Model K kemudian diperkenalkan dengan menggunakan penggerak kiri standar dan pergantian gigi pada awal tahun 1920.

Biografi August Horch, Kisah Insinyur Jerman Pendiri Perusahan Mobil Audi

Selajutnya August Horch kemudian menjadi ahli teknis otomotif para pejabat di Berlin, Jerman. Atas prestasinya dibidang otomotif, Pendiri Audi ini dianugerahi gelar doktor kehormatan dari Braunschweig College of Advanced Technology pada tahun 1922.

BACA JUGA :  Biografi Rudolf Diesel, Kisah Penemu Mesin Diesel Yang Meninggal Secara Misterius

Pada tahun 1927, Audi Automobilwerke meluncurkan Audi tipe R 1927 dengan delapan silinder. Pasca perang dunia I keuangan Jerman porak poranda, hal ini juga berdampak pada perusahaan Audi. Ini kemudian menyebabkan DKW JS Rasmussen menguasi saham mayoritas Audi pada tahun 1928.

Membentu Auto Union AG

Pada tahun 1932, Bank Negara Saxony menyerukan pembentukan Auto Union AG. Pembentukan ini mewakili kombinasi dari Audiwerke AG, Horchwerke AG, Zschopauer Motorenwerke JS Rasmussen AG (DKW) serta divisi mobil Wanderer Werke.

Biografi August Horch, Kisah Insinyur Jerman Pendiri Perusahan Mobil Audi

August Horch sebagai pendiri Audi memiliki kursi di dewan pengawas Auto Union. Pasca pembentukan tersebut, Mobil Audi terus diproduksi dan berkembang hingga tahun 1930 dengan penggerak roda depan dan desain aerodinamis.

Selama perang dunia II, August Horch memilih tinggal di Berlin. Namun ia memilih pindah ke Saxony untuk menghindari pengeboman yang dilakukan oleh Sekutu. Pada tahun 1945, August Horch melarikan diri dari Chemnitz yang diduduki Soviet dan memilih menetap di Münchberg.

Biografi August Horch, Kisah Insinyur Jerman Pendiri Perusahan Mobil Audi

Selanjutnya Pabrik mobil Audi Auto Union di Chemnitz, Zwickau dan Zschopau hentikan. Namun kemudian dibentuk kembali pada tahun 1949 dengan nama Auto Union GmbH, yang berkantor pusat di Ingolstadt, Jerman. August Horch menjadi dewan kehormatan di perusahaan baru itu.

Pendiri Audi ini meninggal pada usia 83 tahun pada tanggal 3 Februari 1951. Atas pencapaiannya tersebut, August Horch menerima penghargaan sebagai sosok berpengaruh dalam bidang otomotif di Hall of Fame Otomotif Amerika dan Eropa. Namanya juga diabadikan sebagai nama museum otomotif dengan nama The August Horch Museum di Audi Straße, Jerman.

Audi Saat Ini

Audi saat ini menjadi salah produsen kendaraan mewah terkenal di dunia. Pemilik Audi saat ini adalah grup Volkswagen yang memiliki 99 persen saham dari Audi. Grup Volkswagen mencaplok kepemilikan Audi AG pada tahun 1966.

Biografi August Horch, Kisah Insinyur Jerman Pendiri Perusahan Mobil Audi

Perusahaan yang didirikan oleh August Horch ini terus berkembang dan dikenal dengan mobil berteknologi dengan kinerja yang bagus. Desain interior Audi dibuat dengan baik dengan sistem penggerak semua roda yang menjadi ciri khas Audi.

BACA JUGA :  Biografi Jenderal Sudirman, Kisah Sang Jenderal Besar Pahlawan Indonesia

Beri Rating Artikel Ini

Advertisement