Beranda Biodata Biografi Barack Obama – Presiden Amerika Serikat

Biografi Barack Obama – Presiden Amerika Serikat

4513
5

Biografiku.com – Biografi Barack Obama. Ia dikenal sebagai Presiden Amerika Serikat pertama keturunan Amerika-Afrika. Saat ia terpilih sebagai presiden ketika itu pada tahun 2009 bahkan membuat gempar saat itu. Barack Obama juga merupakan mantan Presiden Amerika Serikat yang pernah tinggal di Indonesia.

Biodata Barack Obama

Biografi Barack Obama - Presiden Amerika Serikat  Nama : Barack Hussein Obama II
Lahir : Hawaii, Amerika Serikat, 4 Agustus 1961
Orang Tua : Barack Obama, Sr. (ayah), Ann Dunham Soetoro (ibu)
Istri : Michelle Obama
Anak : Malia Ann Obama, Natasha Obama

Biografi Barack Obama

Nama Lengkapnya adalah Barack Hussein Obama II. Ia dilahirkan pada tanggal 4 Agustus 1961. Ia merupakan Presiden ke 44 Amerika Serikat. Ia memiliki keturunan Amerika-Afrika yang memegang jabatan penting sebagai presiden Amerika Serikat.

Barack Obama dilahirkan di rumah sakit Kapi’olani Medical Center for Women dan Children di Honolulu, Hawaii. Ibunya bernama Ann Dunham, wanita kulit putih dari Wichita, Kansas. Ayahnya bernama Barack Obama, Sr, dari Kogelo, Nyanza Propinsi, Kenya.

Orang tuanya bertemu di tahun 1960 saat menghadiri Acara di University of Hawaii di Mānoa. Ayah Barack Obama saat itu adalah seorang pelajar asing. Pasangan ini kemudian menikah pada 2 Februari 1961.

Orang tuanya berpisah ketika Obama adalah berumur dua tahun dan bercerai pada tahun 1964. Ayah Barack Obama kembali ke Kenya dan melihat anaknya hanya sekali lagi sebelum meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil pada tahun 1982.

Masa Kecil di Indonesia

Setelah bercerai, Ann Dunham menikah dengan mahasiswa Indonesia Lolo Soetoro, mereka bertemu ketika menghadiri sebuah kuliah di Hawaii. Ketika Soeharto sebagai pemimpin militer berkuasa pada tahun 1967 di negara Indonesia.

BACA JUGA :  Biografi Benjamin Franklin - Bapak Pendiri Amerika Serikat
Biografi Barack Obama - Presiden Amerika Serikat
Barack Obama (kanan) / source : thegrio.com

Kemudian Obama beserta keluarganya pindah ke Indonesia. Obama kecil tinggal cukup lama di Indonesia. Ia bersekolah di sekolah Lokal di Jakarta, seperti Besuki Publik dan Sekolah Santo Fransiskus Sekolah Asisi, sampai dia berumur sepuluh tahun.

Obama kemudian kembali ke Honolulu, Hawaii dan tinggal bersama ibu kakek / nenek, Madelyn dan Stanley Armour Dunham. Ibu Obama menyusul anaknya kembali ke Hawaii pada tahun 1972.

Kemudian pada tahun 1977, Ibunya kembali lagi ke Indonesia di mana dia bekerja sebagai pekerja di bidang antropologi. Dia tinggal di sana menghabiskan sisa dari hidupnya. Setelah itu kembali ke Hawaii pada tahun 1994. Dan meninggal karena kanker ovarium pada tahun 1995.

Barack Obama sendiri setelah menyelesaikan SMA, ia pindah ke Los Angeles. Disana ia belajar di Occidental College selama dua tahun.

Kuliah di Columbia University

Barack Obama kemudian kuliah di Universitas Columbia di New York City, di mana dia menjadi ketua dalam ilmu politik dengan spesialisasi dalam hubungan internasional.

Obama lulus dengan gelar BA dari Columbia tahun 1983. Dia bekerja selama setahun di Business International Corporation dan kemudian di New York Public Interest Research Group.

Setelah empat tahun di New York City, Obama pindah ke Chicago, di mana dia disewa sebagai direktur Developing Communities Project (DCP), sebuah gereja-organisasi berbasis masyarakat yang terdiri dari delapan awalnya parishes Katolik di Greater Roseland (Roseland, West Pullman, dan Riverdale ) jauh di Chicago’s South Side.

Obama bekerja di sana selama tiga tahun dari Juni 1985 sampai Mei 1988. Selama tiga tahun sebagai DCP’s director. Obama juga bekerja sebagai konsultan dan instruktur untuk Gamaliel Foundation, sebuah lembaga masyarakat yang terorganisir.

BACA JUGA :  Biografi dan Profil Cristopher Colombus - Penemu Benua Amerika

Pada pertengahan 1988, dia bepergian untuk pertama kalinya ke Eropa selama tiga bulan dan kemudian selama lima bulan di Kenya, di mana dia bertemu banyak orang dgn ayah saudaranya untuk pertama kalinya.

Kuliah di Harvard University

Obama masuk Harvard Law School pada akhir 1988. Dia terpilih sebagai editor di Harvard Law Review pada akhir tahun pertama ia kuliah disana. Setelah itu ia menjadi presiden atau ketua Harvard Law Review di tahun kedua.

Menjadi Pengacara

Selama Musim Panas, Obama kembali ke Chicago dimana ia bekerja sebagai pengacara hukum perusahaan Sidley and Austin pada tahun 1989. Dan di Hopkins and Sutter di tahun 1990. Setelah lulus dengan Juris Doctor (JD) dengan predikat magna cum laude dari Harvard pada tahun 1991, Obama kembali ke Chicago.

Setelah dua belas tahun, Obama menjabat sebagai profesor di Universitas Chicago Law School dan mengajar Hukum Konstitusi. Dia pertama kali diklasifikasikan sebagai Dosen 1992-1996, dan kemudian sebagai Dosen Senior dari tahun 1996 sampai 2004.

Menjadi Senator

Dalam Biografi Barack Obama, diketahui bahwa ia terpilih sebagai Senator negara bagian Illinois pada tahun 1996. Setelah terpilih, Obama di dukung oleh dua partai politik mendapatkan dukungan untuk reformasi perundang-undangan dan etika hukum perawatan kesehatan.

Obama juga mendukung hukum yang meningkatkan kredit pajak bagi pekerja berpendapatan rendah, negosiasi perbaikan kesejahteraan, dan mempromosikan peningkatan subsidi bagi anak. Pada tahun 2001, Obama menjabat sebagai wakil ketua yang disokong oleh dua partai politik Bersama Komite Administrasi.

Pada pemilihan umum November 2004, Obama menerima 70% suara dukungan. Ia kemudian terpilih sebagai senator. Obama di ambil sumpah sebagai senator pada 4 Januari 2005. Obama adalah Senatot kelima keturunan Afrika-Amerika dalam sejarah Amerika Serikat.

BACA JUGA :  Biografi Fidel Castro
Biografi Barack Obama - Presiden Amerika Serikat
Barack Obama (thenation.com)

Obama adalah Senator dari Illinois Amerika yang menjabat dari 3 Januari 2005 hingga 16 November 2008, setelah itu maju ke pemilihan presiden Amerika Serikat. Dia di ambil sumpah sebagai Presiden pada tanggal 20 Januari 2009 dalam sebuah upacara perdana di US Capitol.

Kampanye Calon Presiden Amerika Serikat

Pada tanggal 10 Februari 2007, Obama mengumumkan diri untuk maju sebagai calon Presiden Amerika Serikat di depan gedung Old State Capitol di Springfield, Illinois. Selama kampanye, Obama menekankan isu mengenai Perang Irak, meningkatkan kebebasan energi, dan menyediakan perawatan kesehatan.

Lawan Brack Obama dari partainya yang juga maju sebagai kandidat calon Presiden Amerika Serikat adalah Senator Hillary Clinton. Pada Konvensi Nasional Demokrat di Denver, Colorado, mantan saingan Obama yakni Hillary Clinton dalam sambutannya memberikan dukungan kepada Obama.

Lawan dari Barack Obama sebagai calon presiden Amerika Serikat adalah John McCain yang telah dicalonkan sebagai calon presiden Amerika dari partai Republik.

Menjadi Presiden Amerika Serikat

Dalam Biografi Barack Obama, diektahui bahwa pada bulan November 2008, Obama keluar sebagai pemenang dalam pemilu Amerika serikat. Ia suara sebanyak 53% dari suara rakyat. Terpilihnya ia menyulut berbagai macam perayaan di berbagai kota di Amerika Serikat dan luar negeri.

Barack Obama menjadi presiden pertama Amerika keturunan African. Dalam pidato kemenangannya, disampaikan sebelum keramaian dari ratusan ribu orang pendukung di Chicago’s Grant Park, Obama menyatakan bahwa “Perubahan telah datang ke Amerika.”

Berdasarkan hasil perhitungan suara pemilu, Barack Obama yang telah dinyatakan sebagai pemenang pemilu presiden di Amerika Serikat dan Joseph Biden yang dipilih telah dinyatakan wakil President dari Amerika Serikat. Kemudian pada tahun 2014, ia terpilih sekali lagi menjadi Presiden hingga tahun 2017.

Loading...