Beranda Biodata Biografi Benjamin Franklin – Bapak Pendiri Amerika Serikat

Biografi Benjamin Franklin – Bapak Pendiri Amerika Serikat

2068
1

Biografiku.com – Biografi Benjamin Franklin. Dikenal sebagai salah satu tokoh yang berperan besar dalam mendirikan negara Amerika Serikat, Dikenal sebagai Bapak Pendiri Amerika Serikat. Dia juga terkenal sebagai salah penemu dan juga ilmuwan. Berikut kami sajikan Biodata, Profil serta Biografi Benjamin Franklin.

Biodata Benjamin Franklin

Biografi Benjamin Franklin - Bapak Pendiri Amerika Serikat  Nama : Benjamin Franklin
Lahir : Boston, Amerika Serikat, 17 Januari 1706
Wafat : Pennsylvania, Amerika Serikat, 17 April 1790
Orang Tua : Josiah Franklin (ayah), Abiah Folger (ibu)
Istri : Deborah Read
Anak : Sarah Franklin Bache, William Franklin, Francis Folger Franklin
Dikenal : Bapak Pendiri Amerika Serikat

Biografi Benjamin Franklin

Benjamin Franklin lahir pada tanggal 17 Januari 1706 di Boston, Amerika Serikat. Ia wafat pada tanggal 17 April 1790 di Pennsylvania, Amerika Serikat. Ia merupakan anak dari Josiah Franklin (ayah), Abiah Folger (ibu).

Masa Kecil

Benjamin berhenti sekolah pada saat ia berusia sepuluh tahun. Di usia dua belas tahun ia kemudian magang di sebuah penerbitan milik James, kakak laki-lakinya. Percetakan ini menerbitkan surat kabar New England Courant.

Menjadi Editor Surat Kabar

Dalam Biografi Benjamin Franklin diketahui ia menjadi kontributor dan bahkan kemudian editor surat kabar itu milik kakaknya tersebut. Namun, suatu hari kakak beradik ini berselisih hingga akhirnya Benjamin melarikan diri, pertama-tama ke New York, lalu ke Philadelphia pada Oktober 1723.

Benjamin Franklin bekerja selaku wartawan. Dia menerbitkan tulisan Poor Richard’s Almanac, yang berisi bakat luar biasanya memutar balikkan potongan-potongan kalimat.

Di akhir-akhir hayatnya dia menyusun otobiografinya, sebuah karya termasyhur yang pernah ditulis dan hingga kini masih dibaca dan digemari orang.

BACA JUGA :  Biografi Ayu Ting Ting - "Alamat Palsu"
Bapak Pendiri Amerika Serikat

Benjamin Franklin juga berkecimpung di bidang politik, Franklin berhasil seperti halnya dia juga sukses sebagai administrator, legislator serta diplomat.

Tambahan pula, dia merupakan salah seorang penandatangan Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat dan kemudian jadi anggota Konvensi Konstitusi. Benjamin Franklin kemudian disebut sebagai Bapak Pendiri Amerika Serikat

Franklin adalah seorang pembangkit semangat dan organisator masyarakat. Misalnya, dia merupakan salah seorang pendiri rumah sakit pertama di Philadelphia.

Dia membantu mengorganisir perusahaan pemadam kebakaran dan mendorong hingga berhasil terbentuknya kantor polisi urusan kota.

Seorang Ilmuwan Penemu Kacamata

Ia juga mengorganisir perpustakaan keliling pertama di dunia dan kelompok masyarakat ilmuwan yang pertama. Minatnya di bidang ilmu pengetahuan membuat Franklin terkenal dengan dia punya penyelidikan dasar tentang listrik dan cahaya.

Berbarengan dengan itu dia juga mencipta berbagai penemuan yang mempunyai banyak kegunaan, misalnya lensa dengan fokus ganda yang kini dikenal dengan nama kacamata serta pistol cahaya. Dua penemuannya yang disebut terakhir masih digunakan orang hingga kini.

Benjamin Franklin wafat di Pennsylvania, Amerika Serikat pada tanggal  17 April 1790. Diketahui ia menikah dengan Deborah Read dan mempunyai anak bernama Sarah Franklin Bache, William Franklin, Francis Folger Franklin

Loading...