Beranda Biografi Tokoh Dunia Biografi Ferruccio Lamborghini, Kisah Pendiri Lamborghini Menciptakan Mobil Saat Kecewa Dengan Hinaan...

Biografi Ferruccio Lamborghini, Kisah Pendiri Lamborghini Menciptakan Mobil Saat Kecewa Dengan Hinaan Ferrrari

5
(1290)

Biografiku.com | Ferruccio Lamborghini dikenal sebagai pendiri Lamborghini, sebuah perusahaan produsen mobil sport sekaligus mobil mewah di dunia. Mungkin sudah pernah mendengar nama Lamborghini. Namun tahukan anda, dalam sejarah Lamborghini jika tidak ada Ferrari maka Lamborghini tidak akan diciptakan. 

Biografi Ferruccio Lamborghini

Dan dunia tidak akan pernah melihat mobil supercar pertama di dunia yakni Lamborghini Miura. Semua berawal dari kekecewaan Ferruccio Lamborghini terhadap Ferrari sehingga ia kemudian menciptakan sendiri mobil sport Lamborghini. Bagaimana kisahnya?

Biografi Ferruccio Lamborghini

Pria ini lahir pada tanggal 28 April 1916. Dia merupakan sekaligus pendiri dari perusahaan mobil Itali Lamborghini. ia merupakan anak dari pasangan viticulturists Antonio dan Evelina Lamborghini, di rumah bernomor 22 di Renazzo di Cento, di wilayah Emilia-Romagna di Italia Utara.

Tanggal 2 Mei Lamborghini muda tertarik pada mesin pertanian bukan gaya hidup pertanian itu sendiri. Pendiri Lamborghini ini belajar teknik di Fratelli Taddia dekat Bologna. Ia belajar memperbaiki mobil, sepeda motor, dan truk yang rusak dengan menggunakan suku cadang bekas. Ia menjadi populer sebagai ahli dalam improvisasi mekanik dan memperbaiki mesin.

Pada tahun 1940, ia direkrut angakatan Udara Kerajaan Italia, di mana ia menjabat sebagai montir di pulau wilayah Rhodes bagian kerajaan Italia sejak 1911, setelah perang Italia-Turki, ia menjadi Pimpinan satuan pemeliharaan kendaraan. Lamborghini dipenjarakan ketika pulau itu jatuh ke tangan Inggris pada akhir perang pada 1945, dan tidak bisa pulang sampai tahun 1946.

Dia menikah, tetapi istrinya meninggal tahun 1947 saat melahirkan anak pertamanya bernama Antonio. Setelah perang, Lamborghini membuka bengkel di Pieve di kota Cento. Dalam waktu luangnya, Lamborghini memodifikasi sebuah Fiat Topolino yang telah lama dibelinya.

BACA JUGA :  Biografi Galileo Galilei, Kisah Penemu Teleskop Yang Bertentangan Dengan Gereja

Produsen Peralatan Pertanian

Lamborghini berhasil memproduksi traktor revolusioner seperti jajaran Carioca. Traktor Carioca menggunakan mesin militer dengan mesin diesel 6 silinder. Traktor Carioca merupakan traktor pertama yang diciptakan dan diproduksi oleh Lamborghini.

Ferruccio Lamborghini tidak pernah berpikir akan mengubah bisnisnya dari produsen kendaraan pertanian ke produsen mobil supercar. Namun sebuah kekecewaanlah yang kemudia mengubah takdirnya menciptakan mobil supercar.

Biografi Ferruccio Lamborghini, Kisah Pendiri Lamborghini Menciptakan Mobil Saat Kecewa Dengan Hinaan Ferrrari

Dalam beberapa tahun, Ferruccio Lamborghini menjadi salah satu produsen peralatan pertanian terbesar di Italia. Sehingga Ferruccio mampu membeli puluhan mobil mewah seperti Maserati dan Mercedes-Benz. Dia juga memutuskan untuk membeli beberapa mobil buatan Ferrari. Disinilah kisah sukses Lamborghini dimulai. Dan mulai berkembang menjadi salah satu produsen mobil mewah paling sukses di dunia.

Kolektor Mobil Ferrari

Banyak orang mengatakan bahwa, Ferrucio Lamborghini nekat membuat mobil karena kesal dengan pendiri Ferrari, Enzo Ferrari. Bukan kesal karena tidak mampu bersaing dengan Ferrari. Justru Ferrucio awalnya adalah kolektor mobil-mobil Ferrari.

Ketika Ferruccio Lamborghini membeli Ferrari baru, dia menganggapnya sebagai mobil lintasan yang dirancang ulang daripada mobil jalan biasa. Suatu ketika di tahun 1958 Ferruccio membeli sebuah Ferrari 250 GT.

Biografi Ferruccio Lamborghini, Kisah Pendiri Lamborghini Menciptakan Mobil Saat Kecewa Dengan Hinaan Ferrrari

Sayang menurutnya mesin Ferrari 250 GTO terlalu berisik terutama di gearboksnya yang menjadi masalah baginya. Lamborghini menyukai Ferrari tetapi tidak sepenuhnya puas kualitas mesin dari Ferrari. Dia memutuskan memberikan beberapa saran kepada Enzo Ferrari termasuk perubahan desain Ferrari yang dapat membantunya meningkatkan Ferrari mewahnya.

Menciptakan Mobil Karena Kecewa Dengan Ferrari

Ferrari adalah salah satu dari sedikit perusahaan yang membuat mobil sport terbaik di tahun 1960. Ferrari juga memiliki nama besar. Karena kebanggaan ini, tanggapan Enzo Ferrari terhadap saran Lamborghini sama sekali tidak positif tetapi menghinanya juga dengan berkomentar bahwa

….Masalahnya bukan di mobil, tetapi pada pengemudi yang mengendarainya. Lebih baik fokus pada bisnis traktor Anda daripada memperhatikan mobil saya.

Enzo Ferrari

Disinilah awalnya, Enzo yang merupakan pendiri Ferrari justru menolak saran dari Ferrucio. Ayah dari Dino Ferrari itu malah menyuruh Ferrucio berjalan kaki saja kalau tidak suka dengan mobil buatannya. Kecewa dengan tanggapan arogan tersebut, Ferrucio pun tergerak untuk membuat mobil. Dalam pikirannya, dia ingin Enzo tahu beginilah caranya membuat mobil super yang benar.

BACA JUGA :  Biografi Ferdinand Porsche, Kisah Insiyur Otomotif Terbaik Pendiri Porsche dan Penemu Mobil Listrik

Balas Dendam Yang Manis’ Dari Pendiri Lamborghini

Komentar Ferrari mendorong Lamborghini untuk membuktikan bahwa dia salah. Lamborghini memutuskan untuk mengejar impiannya menciptakan mobil sport yang sempurna. Pada tahun 1964 Lamborghini sukses memproduksi mobil sport pertamanya yakni Lamborghini 350 GT. Mobil buatannya ini kekuatan dan kinerjanya jauh melebihi mobil Ferrari.

Biografi Ferruccio Lamborghini

Mobil barunya menarik banyak penggemar mobil sport. Setelah sukses dengan Lamborghini 350 GT, Ferruccio kemudian memproduksi mobil sport yang meliputi Jarama, Espada, Miura dan Islero. Mobil ini kemudian memberikan persaingan ketat bagi mobil sport Ferrari.

Hampir Bangkrut

Tidak seperti Ferrari yang wajib mengikuti F1, Lamborghini sendiri hanya menjadi suplier mesin di musim 1989 sampai 1993. Lamborghini beberapa kali sempat hampir gulung tikar. Akhirnya di tahun 1998 nasib Lamborghini terselamatkan setelah dibeli oleh Audi (Volkswagen Group).

Setelah dibeli oleh Audi, Lamborghini tetap mempertahankan nilai-nilai sebuah karya seni. Pembuatan mobil mulai dari pengecatan, pembuatan bodi, perakitan mesin, instalasi kabel, interior dsb masih mengandalkan tangan-tangan terampil karyawan Lamborghini.

Ada Banteng Dalam Nama Lamborghini

Hampir sebagian besar nama-nama mobil Lamborghini diambil dari nama-nama banteng. Diketahui,Ferrucio Lamborghini memang terlahir dalam naungan zodiak Taurus. Jadi, bukan kebetulan jika mobil dari Lamborghini selalu menggunakan nama-nama banteng. Contohnya Lamborghini Miura.

Model produksi pertama dari Lamborghini ini mengambil nama dari banteng aduan milik pengusaha kaya Sevilla, Eduardo Miura. Kebetulan Eduardo Miura memiliki hubungan baik dengan Feruccio. Selama berkunjung ke Sevilla, Ferrucio kerap terkagum- kagum dengan banteng milik Eduardo Miura

Saat ini Ferrucio Lamborghini tidak lagi pemilik merek dan juga sudah meninggal dunia, tradisi penggunaan nama-nama dari banteng tersebut tetap dipertahankan. Beberapa nama mobil yang diberikan sepeninggalan Ferrucio Lamborghini Lamborghini Gallardo (baca Gayardo) dan yang paling anyar Lamborghini Aventador.

BACA JUGA :  Biografi Enzo Ferrari, Kisah Sejarah Pendiri Mobil Mewah Ferrari Dari Italia

Gallardo adalah nama salah satu banteng aduan paling tangguh yang ada di Spanyol medio 2000-an. Ketangguhan banteng ini sangat terkenal karena dari banteng ini didapatkan satu keluarga yang semuanya memiliki kekuatan yang sangat baik. Hal yang sama juga terjadi pada Lamborghini Aventador yang disebut-sebut sebagai pengganti dari Lamborghini Murcielago.

Biografi Ferruccio Lamborghini

Nama Aventador merujuk kepada sebuah banteng yang menerima Trofeo de la Pena La Madronera di Arena Saragossa, Spanyol,pada 1993. Nama lainnya yang sangat khas dengan banteng adalah Murcielago.Nama Murcielago diambil dari kisah nyata perjuangan seekor banteng legendaris yang pernah hidup pada 1879.

Banteng bernama Murcielago ini masih tetap hidup meski telah ditusuk 28 kali di ajang matador. Sang matador, Lagartijo, akhirnya memutuskan untuk tidak menghabisi Murcielago karena takjub dengan kekuatannya menahan rasa sakit. Cerita yang berbeda ada pada Lamborghini Reventon.

Nama ini diambil dari seekor banteng yang justru berhasil menghabisi nyawa seorang matador asal Meksiko, Felix Guzman. Penyematan nama-nama khas banteng memang sulit ditinggalkan begitu saja. Jadi, meskipun saat ini Lamborghini mengejutkan dunia karena tidak ingin lagi menggunakan transmisi manual, pemberian nama khas banteng yang dilakukan sang pionir tidak akan pernah ditinggalkan.

Lamborghini Saat Ini

Pada tahun 1971, Ferruccio Lamborghini memilih pensiun dan membeli perkebunan seluas 32 hektar. Ia kemudian memutuskan menjajdi pembuat anggur yang makmur di Panicarola, Italia. Disana ia mendirikan sebuah museum pribadi kecil mengenai perjalanannya dalam mendirikan Lamborghini.

Biografi Ferruccio Lamborghini, Kisah Pendiri Lamborghini Menciptakan Mobil Saat Kecewa Dengan Hinaan Ferrrari

Dia menanam anggur dan mengemasnya menjadi minuman anggur tradisional. Anggur buatan Lamborghini telah menerima banyak penghargaan. Ferruccio Lamborghini meninggal pada tanggal 20 Februari 1993 karena serangan jantung. Ia dimakamkan di kampung halamannya Renazzo, Italia.

Sepeninggal Feruccio, Lamborghini terus berkembang menjadi produsen mobil supercar terkenal di dunia. Mereka terus konsisten dalam mengembangkan dan memproduksi mobil sport terbaik di dunia bersaing dengan Ferrari, Mclaren, Bugati dan merk lainnya.

Beri Rating Artikel Ini

Advertisement