Beranda Biografi Pengusaha Sukses Milyarder Biografi Forrest Li, Kisah Sukses Pendiri Shopee dan Sea Ltd

Biografi Forrest Li, Kisah Sukses Pendiri Shopee dan Sea Ltd

1286
4.9
(62)

Biografiku.com | Profil dan biografi Forrest Li. Shopee saat ini dikenal sebagai ecommerce atau marketplace nomor satu di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Shopee merupakan anak usaha yang berada dibawah naungan grup perusahaan Sea, Ltd dari Singapura. Pendiri shopee dan Sea Ltd diketahui bernama Forrest Li.

Biografi Forrest Li, Kisah Sukses Pendiri Shopee dan Sea Ltd

Forrest Li diketahui saat ini merupakan milyarder dan salah satu orang terkaya asal Singapura. Ia juga merupakan seorang investor dan CEO dari Sea Ltd yang merupakan perusahaan induk dari Shopee, Garena, Airpay Limited yang berbasis di Singapura. Berikut profil dan perjalanan dari Forrest Li.

Biografi Forrest Li

Forrest Li diketahui lahir dengan nama lengkap Forrest Xiaodong Li. Ia dilahirkan di Xiandong, China pada tanggal 1977. Pendidikannya ia selesaikan di Shanghai Jiao Tong University di China. Gelar masternya ia selesaikan di Stanford University, Amerika di jurusan Master of Business Administration.

Saat masih berkuliah, Li diketahui sangat hobi bermain game online di kafe internet bahkan hingga menjelang subuh. Nama Forrest sendiri dipilih oleh Li saat dosen Amerikanya menyuruhnya untuk memilih nama Barat. Li kemudian memilih nama Forrest yang terinspirasi dari film Forrest Gump.

Sebelum menjadi seorang milyuner, Forrest Li pernah bekerja di Viacom Media Networks. Setelah itu ia pindah bekerja di Motorola Networks Inc di Shanghai sebagai seorang rekrutman. Forrest Li diketahui juga pernah bekerja di perusahaan produsen kaca terkemuka yakni Corning Inc (Bloomberg, 2020).

Pendiri SEA Limited

Terinspirasi dengan Steve Jobs saat berceramah di wisuda istrinya tahun 2005, Forrest Li kemudian mendirikan GG Games di Singapura dan mencoba peruntungannya di bisnis game online. Namun GG Games yang ia dirikan tidak berhasil (Merdeka, 2020).

BACA JUGA :  Biografi dan Profil Djoko Susanto - Pemilik Jaringan Minimarket Alfamart

Pada bulan 5 tahun 2009, Forrest Li bersama dengan David Chen dan Gang Ye mendirikan Garena yang kemudian dikenal dengan SEA Limited.

Kala itu ia menikah dengan istrinya yang bernama Liqian Ma. Istrinya ini mendapatkan ikatan kontrak beasiswa di Singapura. Forrest Li kemudian mengikuti istrinya untuk tinggal dan menetap di Singapura.

Tak ingin berpisah dengan istrinya yang juuga bekerja di Singapura, Forrest Li kemudian mendirikan Garena di Singapura. Pada awal berdirinya, Garena kala itu dikenal sebagai portal game online. Pendapatannya lebih banyak dihasilkan dari game-game digital seperti League of Legends.

Biografi Forrest Li, Kisah Sukses Pendiri Shopee dan Sea Ltd

Namun hasilnya sama seperti GG Games. Forrest Li kemudian menjual Garena pada tahun 2010 ke Riot Games dan Tencent yang dimiliki oleh Ma Huateng. Saham terbesar Garena dikuasai oleh Tencent Group.

Garena kemudian berubah nama menjadi Sea Limited. Selanjutnya Forrest Li masih menjadi CEO dari SEA Limited. Ia kemudian mendirikan Airpay yakni sebuah platform layanan keuangan digital.

Sea Limited ini beroperasi di wilayah Greater Southeast Asia (GSEA) yang terdiri dari Indonesia, Filipina, Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Taiwan, selain Singapura.

Pendiri Shopee

Dalam biografi Forrest Li diketahui bahwa bersama dengan Chris Feng, Forrest Li mendirikan Shopee di Singapura. Shopee merupakan ecommerce yang pada awalnya berbentuk consumer to consumer (C2C). Namun dalam perjalanannya kemudian berubah model menjadi hibrid C2C dan business to consumer (B2C).

Forrest Li sendiri menunjuk Chris Feng sebagai CE Shopee. Chris Feng merupakan pernah bekerja di Rocket Internet dan pernah memimpin Zalora serta Lazada untuk wilayah Asia Tenggara. Forrest Li sendiri menjadi pemegang saham perorangan terbesar di Sea Limited.

Menjadi Milyuner

Setelah sukses mendirikan SEA Limited, Airpay dan Shopee, Forrest Li kemudian melakukan IPO (Initial Public Offering) atau penawaran saham perdana untuk SEA Ltd pada tahun 2017 di New York Stock Exchange (NYSE). Penawaran saham ini berhasil meraup hingga dana hingga 1 milyar dollar AS. Forrest Li sendiri memiliki jumlah saham di SEA Limited sebanyak 20% (TechCrunch, 2018).

Biografi Forrest Li, Kisah Sukses Pendiri Shopee dan Sea Ltd

Pada tahun 2018, Forrest Li masuk dalam jajaran 50 orang terkaya di Singapura. Kekayaan bersih Forrest Li tahun itu mencapai hingga 10,3 triliun rupiah. Dalam biografi Forrest Li diketahui bahwa ia menjadi orang terkaya kedua dari industri game online setelah Tim Sweeney yang mendirikan game Fornite (Okezone, 2019).

BACA JUGA :  Biografi dan Profil Kawasaki Shozo - Pendiri Kawasaki

Menurut Bloomberg kekayaan Forrest Li ini juga berkat keberhasilan dari game Free Fire yang sangat sukses. Tak heran bila Bloomberg menjuluki Forrest Li sebagai Fornite of Singapore.

Kekayaan Forrest Li

Pada tahun 2020, majalah Bloomberg mencatat kekayaan bersih Forrest Li sejumlah 9.5 Milyar Dollar AS atau sekitar 134.4 trilyun rupiah. Dengan jumlah kekayaannya tersebut, Forrest Li berada dalam urutan ketujuh dalam daftar 50 orang terkaya di Singapura.

Beri Rating Artikel Ini

'...Sejarah akan meninggikan mereka yang memang layak dimuliakan dan sejarah juga akan menghitamkan mereka yang layak dijatuhkan - NS'