Beranda Biografi Pengusaha Sukses Biografi Gilang Widya Pramana ‘Juragan 99’, Tukang Cuci Menjadi ‘Crazy Rich’ Malang

Biografi Gilang Widya Pramana ‘Juragan 99’, Tukang Cuci Menjadi ‘Crazy Rich’ Malang

5
(1750)

BiografiKu.com | Gilang Widya Pramana dikenal dengan sebutan Juragan 99. Ia dikenal sebagai salah satu pengusaha sukses asal Indonesia. Karena kesuksesannya, Juragan 99 ini bahkan dijuluki sebagai Crazy Rich asal Malang. Gilang atau Juragan 99 dikenal merupakan seorang pengusaha transportasi dengan nama Juragan 99 Trans. Selain itu ia merupakan co-founder dari bisnis kosmetik yakni MS Glow For Men, anak usaha dari Grup MS GLow yang dijalankan oleh istrinya, Shandy Purnamasari. Namun sebelum sukses seperti saat ini dulunya ia bekerja sebagai tukang cuci mobil. Bagaimana kisahnya?

Biografi Gilang Widya Pramana 'Juragan 99'

Biografi Gilang Widya Pramana

Juragan 99 lahir dengan nama lengkap Gilang Widya Pramana di Probolinggo tanggal 4 Mei 1989. Lahir dari keluarga sederhana dimana ayahnya berprofesi sebagai seorang pegawai negeri sipil. Setelah menyelesaikan sekolahnya di Malang, ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas Negeri Malang.

Merintis Usaha Tour Leader

Di bangku kuliah juga ia mulai belajar berbisnis demi membiayai kuliahnya serta meringankan beban orang tuanya. Bisnis pertamanya ia mulai dengan menjadi seorang tour leader atau pemandu wisata pada wisatawan yang berkunjung di Malang. Ia bekerja pada bisnis travel milik orang tuanya. Penghasilannya sebagai tour guide ia kumpulkan sebagai modal membuka bisnis baru.

Biografi Gilang Widya Pramana 'Juragan 99'

Saat bekerja sebagai tour leader, ia bertemu dengan Shandy Purnamasari yang kini menjadi istrinya. Mereka berdua menikah pada 7 Februari 2013. Demi membantu suaminya, Shandy Purnamasari berbisnis sebagai reseller kosmetik yang ia pasarkan melaui media sosial.

Usaha Pencucian Motor

Setelah modalnya dari freelance Tour Leader terkumpul, ia kemudian membuka bisnis jasa pencucian motor di Malang. Selama membuka bisnis pencucian ini, tak jarang ia kadang turun sendiri dalam mencuci motor milik pelanggannya. Maka tak mengherankan bila terdapat bekas hitam di jari jarinya.

BACA JUGA :  Biografi Jack Dorsey - Pendiri dan Penemu Twitter

Sedikit demi sedikit usaha pencucian motornya ini mampu membiayai kuliahnya dan berkembang. Setelah cukup modal, ia mulai membuka franchise usaha pencucian motor dengan nama Lorenzo Snow Wash di beberapa kota di wilayah Jawa Timur. Gilang merupakan orang yang pandai melihat peluang dan belajar dari pengalaman.

Sewaktu menjadi seorang tour leader dan keliling Indonesia, ia banyak bercengkrama dan menjalin hubungan baik dengan para supir bus yang mengangkut wisatawan. Menjalin relasi dan hubungan baik dengan para supir bus menjadi modalnya ketika merintis usaha transportasi bus ‘Juragan 99’.

Nama juragan 99 dipilih karena ia kerap dipanggil juragan oleh para pegawainya. Dan angka 99 menurut Gilang merupakan angka 99 dari pembalap andalannya yakni Jorge Lorenzo.

Mendirikan Juragan99 Trans

Usaha transportasi yang pada awalnya kecil kemudian berkembang sedikit demi sedikit menjadi besar. Gilang Widya Permana sebagai pemilik Juragan 99 Trans kini memiliki puluhan armada bus dari armada transportasi bus dengan premium hingga mewah. Pada tahun 2021, Gilang Widya Permana membeli sebagian saham klub sepakbola Arema FC dan menjadi sponsornya.

Biografi Gilang Widya Pramana 'Juragan 99'

Kini hasil kerja kerasnya bersama dengan istrinya terbayar sudah. Dari usaha mereka berdua, Gilang Widya Permana dan Shandy Purnamasari berhasil mengumpulkan banyak aset. Aset mereka terdapat dimana-mana. Mulai beberapa properti di wilayah Jakarta, Surabaya dan Malang. Selain itu, Gilang atau Juragan 99 ini dikenal memiliki beberapa koleksi mobil mewah.

Sumber Kekayaan Gilang Widya Permana ‘Juragan 99’

Bisnis usaha kosmetik dan kecantikan yakni MS Glow milik istrinya bersama dengan Maharani Kemala yang didirikan pada tahun 2013 tumbuh pesat dan terkenal. Adapun sumber kekayaan dari Gilang Widya Permana yakni bersama dengan istrinya mereka memiliki bisnis kecantikan dengan nama MS Glow Beauty, Hairlab, Kosmetika Global Indonesia dan Kosme Mask. Tak mengherankan bila bersama dengan istrinya, Gilang Widya Permana kemudian disebut sebagai Crazy Rich Malang

Biografi Gilang Widya Pramana 'Juragan 99'

Gilang juga merupakan Pemilik Grup Sepakbola Arema FC. Untuk sektor transportasi, Gilang memiliki Juragan 99 Trans, Juragan99XAR, serta J99 Aviation. Bisnis lainnya adalah J99 Vape serta Juragan Garment. Dilansir dari suara.com, Gilang bersama dengan istrinya diketahui pernah terjerat kasus hukum.

BACA JUGA :  Biografi Singkat Achmad Soebardjo, Kisah Diplomat dan Pejuang Kemerdekaan Indonesia

Yang pertama pada tahun 2018 mengenai penjiplakan desain produk kosmetik hingga pabrik bodong. Kedua sempat ditetapkan sebagai tersangka namun tidak ditahan. Kemudian kasus yang kedua pada tahun 2020 yang dituduh atas kepemilikan pabrik bodong.

Gilang Widya Permana dan Shandy Purnamasari diketahui menetap di Malang. Rumah keduanya diketahui sangat mewah dan sangat luas. Selain itu rumah tersebut juga dilengkapi dengan fasiilitas yang lengkap seperti lift, ruang gym, bioskop, kamar mandi luas, kolam renang serta mushala.

Beri Rating Artikel Ini

Advertisement