Beranda Tokoh Agama Biografi Habib Luthfi, Ulama Paling “Low Profile” di Kalangan Masyarakat

Biografi Habib Luthfi, Ulama Paling “Low Profile” di Kalangan Masyarakat

1004

Biografiku.com – Profil dan Biografi Habib Luthfi. Ia dikenal sebagai salah satu ulama yang terkenal di Indonesia. Ulama yang kini menjadi ketua Majelis Ulama Indonesia ini berasal dari Pekalongan Jawa Tengah. Ia juga dikenal sangat dekat dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Berikut Profil dan Biografi Habib Luthfi.

Biografi Habib LuthfiProfil dan Biografi Habib Luthfi

Habib Luthfi sendiri lahir di Pekalongan pada hari senin pagi pada tanggal 10 November 1946. Jadi, kira-kira usia Habib Luthfi sekarang adalah 72 tahun.

Beliau adalah seorang putra dari ibu yang bernama Sayidah Al Karimah Syariefah Nur. Ibunya yang dikenal sebagai seorang syarifah (keturunan Nabi) memberikan nama yang sangat indah kepada beliau yaitu Habib Luthfi bin Yahya. Ayah Habib Luthfi bernama al Habib al Hafidz Ali al Ghalib.

Pendidikan Habib Lufthfi

Habib Luthfi sejak kecil memang sudah dikenalkan dengan ilmu agama karena ayah beliau terkenal sebagai ahli agama. Dan jika ditanya siapa guru dari Habib lufthi yaitu ayahnya sendiri yang bernama Al Habib Al Hafidz Ali Al Ghalib.

Sedari kecil beliau sudah terbiasa belajar tentang agama islam dan tentunya ilmu agamanya sudah tidak diragukan lagi. Namun, demi memperdalam ilmu agamanya, tidak cukup dari ayahnya, Habib Luthfi juga menempuh pendidikan agama di Madrasah Salafiah di Pekalongan.

Biografi Habib LuthfiWaktu yang diperlukan beliau untuk menyelesaikan sekolahnya di madrasah tersebut hanya 3 tahun saja. Untuk dapat menjadi ulama seperti sekarang, tentu saja tidak hanya pendidikan salafiah saja yang sudah ditempuhnya.

Ada beberapa pesantren dan sekolah yang menjadi tempat menimba ilmu habib lutfi. Saat Habib Luthfi berusia 12 tahun, ayahnya Habib Ali meninggal dunia.

BACA JUGA :  Biografi Nadiem Makarim - Kisah Jatuh Bangun Pendiri GO-JEK

Ia kemudian belajar pada pamannya, Habib Muhammad bin Hasyim. Setelah itu ia menempuh pendidikan pesantren di pondok Bondokereo Cirebon dibawah asuhan KH. Muhammad Kaukab. KH. Muhtadi dan KH. Arsyad.

Setelah nyantri di Jawa Barat, ternyata habib lutfi mendapat kesempatan untuk menempuh ilmu di luar negeri, tepatnya di Hadramaut.

Di sana kira-kira tiga tahun, habib lutfi kembali ke Indonesia dan melanjutkan pendidikannya di beberapa pondok pesantren ternama, seperti Pondok pesantren Kliwet, Pondok pesantren Tegal, dan Pondok pesantren di Purwokerto.

Bahkan demi menyempurnakan ilmu agamanya, beliau pernah berguru pada ulama besar, Kyai Ma’shum yang berasal dari Lasem, Rembang.

Keluarga Habib Luthfi

Demi memperdalam ilmu agamanya, habib luthfi pernah berguru ke ulama asal Rembang. Ketika itu, beliau dikenalkan dengan seorang wanita yang kini menjadi istrinya. Istri dari habib luthfi merupakan saudara dari Syariefah Salma Binti Yahya.

Habib Luthfi membuktikan bahwa lewat perjodohan, beliau tetap dapat mempertahankan pernikahannya sampai sekarang. Dari hasil pernikahannya tersebut, habib luthfi dikaruniai 5 putra, orang laki-laki dan 3 orang perempuan.

Putra-putri dari Habib Luthfi bernama, SyArief Muhammad Bahauddin, SyAriefah Zaenab, SyAriefah Fathimah, SyAriefah Ummi Hanik, dan SyArief Husain. Putra-putrinya tentu saja memiliki paras yang tampak dan cantik serta semua hampir pintar dalam ilmu agama.

Pengajian dari Habib Luthfi

Seorang ulama besar seperti Habib Luthfi tentu saja memiliki rutinitas yang padat. Bahkan beberapa rutinitasnya sudah memiliki jadwal yang tetap.

Adapun beberapa pengajian yang dipimpinnya adalah Pengajian Thariqah tiap Jumat Kliwon Pagi, Pengajian Ilya’ Ulumudin tiap selasa malam, Pengajian Fath Qorib tiap Rabu pagi dan santrinya adalah para ibu-ibu, Pengajian tiap bulan ramadhan, dakwah di berbagai daerah di seluruh Indonesia, dan rangkaian mauled kanzus yang bertempat di 60 daerah secara bergiliran, khususnya di daerah Pekalongan dan sekitarnya.

BACA JUGA :  Biografi Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim) - Kisah Wali Songo Tanah Jawa
Peran Habib Luthfi di Organisasi

Selain aktif dalam pengajian, Habib Lutfi juga bergabung dengan beberapa organisasi islam. beberapa jabatan yang pernah diduduki oleh beliau adalah Rais Am Jamiyyah Ahlith ath-Thariqoh al-Mutabaroh An Nahdliyyah.

Biografi Habib LuthfiIa juga saat ini dikenal sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Ketua Majelis Ulama Indonesia di Pekalongan, dan Paguyupan Antar Umat Beriman di Kota tempat kelahirannya.

Semoga informasi tentang profil dan biografi habib luthfi bermanfaat bagi para pembaca!

Loading...