Beranda Biografi Tokoh Dunia Biografi Hans Wilsdorf, Sejarah Pendiri Perusahaan Jam Tangan Rolex, Mengapa Harganya mahal?

Biografi Hans Wilsdorf, Sejarah Pendiri Perusahaan Jam Tangan Rolex, Mengapa Harganya mahal?

5
(1529)

Biografiku.com | Hans Wilsdorf dikenal sebagai pendiri perusahaan jam tangan Rolex. Tentu bagi para pecinta barang mewah sudah tidak asing dengan jam tangan mewah dengan merk Rolex. Jam tangan Rolex menjadi suatu simbol kemewahan.

Biografi Hans Wilsdorf, Pembuat Jam Tangan Rolex

Jam tangan ini juga menjadi simbol status bagi pemakainya dikarenakan karena kualitasnya dan kemewahannya. Nama jam tangan Rolex paling terkenal diseluruh dunia. Jam tangan Rolex berasal dari Inggris dan harganya pun cukup mahal. Bagaimana kisahnya?

Biografi Hans Wildsorf

Hans Wilsdorf Dilahirkan pada tanggal 22 Maret 1881 di Bavaria, Jerman. Ia telah menjadi yatim piatu sejak anak-anak. Wilsdorf bekerja untuk produsen jam Swiss di La Chaux de Fonds.

Pada tahun 1905, ia pindah ke London dan mendirikan bisnis sendiri. Ia ingin membuat jam tangan berkualitas dengan harga terjangkau.

Biografi Hans Wilsdorf, Sejarah Pendiri Perusahaan Jam Tangan Rolex, Mengapa Harganya mahal?

Dengan bantuan kawannya yang bernama Alfred Davis, Hans Wilsdorf mendirikan sebuah perusahaan arloji impor yang kemudian disebut Wilsdorf dan Davis. Ia kemudian ia bermitra dengan Hermann Aegler sebuah perusahaan produsen jam tangan di Bienne untuk mengimpor jam tangan.

Mendirikan Rolex

Pada tahun 1908, Hans Wilsdorf kemudian menciptakan atau mendirikan merek dagang Rolex untuk menjual jam tangannya selama Perang Dunia I. Nama Rolex yaitu kepanjangan dari “Horlogerie Exquise” kata dari bahasa Spanyol.

Nama “Rolex” diberikan karena mudah diucapkan dalam banyak bahasa. Selain itu karena ia juga merasa nama yang terdengar seperti suara jam tangan yang dibuat.

Pada 1925, Pendiri Rolex ini kemudian menggunakan dana 100.000 franc untuk beriklan di majalah berita Inggris. Ia juga menggembar gemborkan mutu jam tangannya.

BACA JUGA :  Biografi Kintaro Hattori, Kisah Sejarah Pendiri Seiko Jam Tangan Terbaik Asal Jepang

Pindah Ke Swiss

Namun ia memilih meninggalkan Inggris dan pindah ke Swiss. Hal ini dikarenakan kenaikan pajak pada masa perang dunia yang dikenakan pada barang impor mewah.

Pada tahun 1920, Hans kemudian mendirikan perusahaan bernama Montres Rolex SA di Bienne, Swiss. Namun pada akhirnya ia memindahkan perusahaannya ke Jenewa, Swiss pada tahun 1919.

Disana juga ia berfokus dallam membuat jam tangan kualitas tinggi. Ia rela menurunkan harga merek jam tangannya agar banyak dilirik oleh konsumen.

Pada 1926, Rolex mengerjakan jam tangan pertamanya yang anti air serta anti debu. Nama dari jam ini yaitu Rolex Oyster yang dilengkapi dengan perlindungan gerakan saat si pemakai jam aktif bergerak.

Biografi Hans Wilsdorf, Sejarah Pendiri Perusahaan Jam Tangan Rolex, Mengapa Harganya mahal?

Jam tangan ini kemudian laku keras dan banyak digunakan oleh para konsumen. Namun setelah kematian istrinya pada tahun 1944, pendiri Rolex ini kemudian memutuskan untuk mendirikan sebuah Yayasan Hans Wilsdorf. Ia juga menyerahkan semua sahamnya di Rolex ke Yayasannya tersebut.

Ia juga memastikan bahwa jumlah pendapatan dari sahamnya di perusahaan Rolex dapat digunakan untuk amal. Pendiri Rolex yakni Hans Wilsdorf ini kemudian meninggal dunia pada tanggal 6 juli 1960.

Perusahaan Rolex Setelah Kepergian Hans Wilsdorf

Pasca kematian Hans Wildsorf, Perusahaan jam tangan Rolex terus berkembang dalam memproduksi jam tangan terbaik. Hasilnya jam tangan Rolex Kaliber Chronograph 4310 digagas serta dirakit dengan cara eksklusif oleh perusahaan Rolex. Jam tangan ini di desain pada tahun 2000 untuk Cosmograph Daytona.

Biografi Hans Wilsdorf, Sejarah Pendiri Perusahaan Jam Tangan Rolex

Jam tangan ini dibuat dengan 290 komponen yang membuatnya benar-benar menawan serta simpel. Saat ini, Jam tangan Rolex sangat popular sebagai lambang status dan kemewahan untuk penggunanya.

Perusahaan jam tangan Rolex sempat diberikan ranking ke-71 oleh Bloomberg Businessweek magazine sebagai merk paling bernilai secara global. Merk Rolex juga menjadi merk paling besar dan terkenal yang bisa menghasilkan 2.000 jam dalam satu hari. Adapun perkiraan pendapatan Rolex sebesar $ 3 miliar AS pada tahun 2003.

BACA JUGA :  Biografi Elon Musk, Kisah Pendiri Tesla Motors Berniat Membawa Manusia ke Mars

Hingga sekarang perusaan Rolex terus memproduksi jam tangannya. Jam tangan mewah ini saat ini menjadi simbol status bagi para penggunanya sama halnya dengan jam tangan mewah lainnya seperti Richard Mille. Rata-rata pengguna jam tangan rolex berasal dari kaum jetset atau jutawan karena seperti yang diketahui harga jam tangan ini sangat mahal.

Beri Rating Artikel Ini

Advertisement