Beranda Biodata Biografi John F Kennedy – Presiden Amerika Yang Terbunuh

Biografi John F Kennedy – Presiden Amerika Yang Terbunuh

447
0

Biografiku.com – Biografi John F Kennedy. Ia merupakan salah satu presiden Amerika yang terkenal karena kematiannya akibat dibunuh. Hingga kini banyak juga yang menduga kematian presiden yang akrab dipanggil dengan sebutan ‘JFK’ atau ‘Jack’ ini penuh dengan konspirasi.

Biodata John F. Kennedy

Biografi John F KennedyNama : John Fitzgerald Kennedy
Lahir : Massachusetts, Amerika, 29 Mei 1917
Wafat : Texas, Amerika, 22 November 1963
Orang Tua : Joseph Patrick Kennedy (ayah), Rose Fitzgerald Kennedy (Ibu)
Istri : Jacqueline Kennedy Onassis
Anak : John F. Kennedy, Jr, Caroline Kennedy, Patrick Bouvier Kennedy

Biografi John F. Kennedy

John Fitzgerald Kennedy dilahirkan di Brookline, Massachusetts, tanggal 29 Mei 1917. Ia wafat di Dallas, Texas pada tanggal 22 November 1963 pada umurnya yang berusia 46 tahun. Penyebab kematiannya karena ditembak saat ia berada dalam iring-iringan mobil terbuka.

Biasa disebut dengan John F. Kennedy, Kennedy, Jack, atau JFK. Saat kematiannya, ia menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat yang ke-35.

Masa Kecil

John F. Kennedy merupakan anak dari pasangan Joseph Patrick Kennedy (ayah) dan Rose Fitzgerald Kennedy (Ibu). Selama sepuluh tahun, Kennedy tinggal di Brooklin. Disana ia bersekolah di Edward Devotion School, Noble and Greenough Lower School, dan Dexter School, hingga samapai kelas 4 sekolah dasar.

Kennedy melanjutkan sekolahnya di Riverdale Country School dari kelas 5 sampai kelas 7. Dan saat ia berusia 13 tahun, ia menyelesaikan kelas 8 di Canterbury School di New Milford, Connecticut. Dan ia melanjutkan sekolahnya di kelas 9 hingga kelas 12 di The Choate School di Wallingford, Connecticut.

BACA JUGA :  Biografi Henry William Ford - Pendi Ford Company

Di bulan September 1935, John F. Kennedy terbang ke London melanjutkan sekolahnya di London School of Economics. Namun karena kesehatannya yang memburuk, Ia kemudian kembali ke Amerika untuk beristirahat. Ia juga menghabiskan emam minggunya kuliah di Princeton University.

Masuk di Harvard University

Setelah kesehatannya membaik, Kennedy melanjutkan kuliahnya yang tertunda dengan masuk di Harvard University. Selama di Harvard, Ia mengikuti banyak kegiatan serta masuk di berbagai tim olahraga. Prestasinya juga cukup bagus. Ia bahkan keliling Eropa ketika itu mengikuti ayahnya yang bekerja sebagai seorang duta besar.

John F Kennedy

Di Harvard, Kennedy menaruh perhatiannya pada Filsafat politik. Ia menyelesaikan kuliahnya di Harvard University pada tahun 1940 dengan gelar Bachelor of Science di bidang Hubungan Internasional. Setelah itu, ia melanjutkan kuliahnya di Stanford Graduate School of Business.

Bergabung di Militer

Ketika perang dunia II berkecamuk, Kennedy mencoba mendaftar di militer. Namun karena riwayat kesehatannya yang kurang baik sehingga ia tidak diterima. Namun berkat bantuan direktur Office of Naval Intelligence, john F. Kennedy dapat bergabung dengan Angkatan Laut Amerika Serikat.

Pada Perang Dunia II, ia dikagumi karena keberanian dan heroismenya ketika ia menyelamatkan seorang rekan pelaut di Samudra Pasifik Selatan.

Terjun ke Politik

Dalam Biografi John F Kennedy, diketahui setelah perang dunia II usai, Kennedy yang mewakili Massachusetts terpilih sebagai sebagai anggota Dewan Perwakilan dari tahun 1946 hingga 1952.  Setelah itu ia kemudian maju pada pemilu 1952 sebagai calon Senator AS.

Terpilih Sebagai Presiden Amerika Serikat

Pada tahun 1960, John F. Kennedy maju sebagai kandidat calon presiden Amerika Serikat dari partai Demokrat. ia melawan Richard Nixon sebagai Capres dari Partai Republik.

BACA JUGA :  Biografi Jeff Bezos - Kisah Sukses Dari Pendiri Amazon.com

…Jangan tanya apa yang dilakukan oleh negara untukmu, tapi tanyalah apa yang kamu bisa lakukan untuk negara.John F. Kennedy

Pada akhir tahun 1960, John F. kennedy keluar sebagai pemenang dalam pemilu 1960. Ia terpilih sebagai Presiden pada 1960 dengan kemenangan yang tipis dalam salah satu pemilu yang paling ketat dalam sejarah Amerika.

Ia menjadi termuda yang dipilih menjadi Presiden Amerika Serikat, dan termuda kedua setelah Theodore Roosevelt untuk jabatan presiden.

Tewasnya John F. Kennedy
Lukisan John F Kennedy

Kennedy menjadi presiden setelah dilantik pada 20 Januari 1961. Jabatan kepresidennya terhenti setelah terjadi pembunuhan terhadap dirinya pada 1963.

Ia tewas oleh terjangan peluru saat melakukan kunjungan ke Dallas (Texas) pada 22 November 1963.  Kennedy roboh saat mobil terbuka yang membawanya melintas di kerumunan orang yang menyambut kunjungannya.

Setelah Investigasi selama 10 bulan oleh Komisi Warren tahun 1963–1964, United States House Select Committee on Assassinations (HSCA) tahun 1976–1979. Dan investigasi pemerintahan lainnya disimpulkan bahwa Kennedy dibunuh oleh Lee Harvey Oswald.

Kesimpulan ini didukung oleh publik tahun 1964–66, namun pemilihan diadakan setelah 1966 dan menunjukan 80% warga Amerika tidak mempercayainya. Pembunuhan ini masih diperdebatkan dan menimbulkan beberapa teori konspirasi.

Dalam Biografi John F Kennedy diketahui bahwa Kennedy adalah anggota klan Kennedy yang berdarah Irlandia-Amerika, sebuah keluarga terkemuka di dunia politik negaranya. Ia dianggap sebagai lambang liberalisme Amerika. John F. Kennedy diketahui juga sangat dekat dengan Presiden Pertama Indonesia yaitu Presiden Soekarno

Hingga 2005, ia juga merupakan satu-satunya pemeluk Katolik Roma yang pernah terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat. dan presiden terakhir yang meninggal sewaktu menjabat.  Setelah pembunuhan John F. Kennedy pada 22 November 1963, dunia turut berduka cita atas kematiannya.

BACA JUGA :  Biografi Bon Jovi - "It's My Life"
Loading...