Beranda Biografi Tokoh Dunia Biografi Kintaro Hattori, Kisah Sejarah Pendiri Seiko Jam Tangan Terbaik Asal Jepang

Biografi Kintaro Hattori, Kisah Sejarah Pendiri Seiko Jam Tangan Terbaik Asal Jepang

5
(1594)

Biografiku.com | Kintaro Hattori merupakan pendiri perusahaan jam tangan Seiko asal Jepang. Ia merupakan pembuat jam tangan pertama di Jepang. Ia berhasil membuat perusahaan Seiko menjadi pembuat jam tangan terbaik di Jepang dan menjadi perusahaan jam terkemuka di dunia. Bagaimana kishanya?

Biografi Kintaro Hattori, Sejarah Pendiri Jam Tangan Seiko

Biografi Kintaro Hattori

Pendiri Seiko Kintaro Hattori dilahirkan pada tanggal 21 November 1860 di Kyobashi, Jepang. Ia dilahirkan dari keluarga pedagang yang cukup mapan di Kyobashi.

Di usia 13 tahun, Kintaro sudah berkenalan dengan Kobayashi Denjiro, seorang pedagang jam ternama di Jepang kala itu. Ia kemudian mulai tertarik pada jam yang kala itu jam yang diproduksi kebanyakan merupakan jam saku. Adapun jam tangan belum ditemukan di Jepang.

Kintaro kemudian kerja magang di toko jam bernama Kamaeda. Ia kemudian memperolah banyak pengalaman mengenai jam. Ini kemudian menjadi modal besar baginya untuk membuat jam sendiri.

Mendirikan Pabrik Jam Seikosha

Saat baru berusia 21 tahun, Kintaro Hattori kemudian membuka toko jam bernama K. Hattori di distrik Kyobashi Tokyo. Di tokonya, iamembuat dan juga memperbaiki jam saku. Di usia 31 tahun, Kintaro Hattori kemudian bekerja sama dengan seorang insinyur bernama Tsuruhiko Yoshikawa untuk mendirikan pabrik jam tangan Seikosha tahun 1892.

Pabrik jam yang bernama Seikosha ini yang kemudian menjadi cikal bakal Seiko. Setelah beberapa tahun memproduksi jam dinding berkualitas tinggi, Seikosha milik Kintaro merilis jam saku pertamanya yang disebut Timekeeper tahun 1895.

BACA JUGA :  Biografi Hans Wilsdorf, Sejarah Pendiri Perusahaan Jam Tangan Rolex, Mengapa Harganya mahal?

Casing jam saku ini terbuat dari perang dan dibuat di Jepang. Namun untuk mesinnya, Kintaro mengimpornya dari Swiss. Kintaro memili nama Inggris “Timekeeper” karena ia menyadari bahwa nama seperti itu akan memperluas pemasaran produk jamnya di masa depan.

Biografi Kintaro Hattori, Sejarah Pendiri Jam Tangan Seiko

Kintaro Hattori dengan cepat menyadari bahwa popularitas jam tangan akan berkembang dengan pesat mengalahkan jam saku. Ia memperkirakan bahwa permintaan akan jam tangan akan segera melampaui permintaan untuk jam saku. 

Pada tahun 1913, Seikosha milik Kintaro merilis jam tangan bernama Laurel. Jam tangan ini memiliki casing perak dengan diameter 29,6 mm dengan mesin jam berasal dari Swiss. Komponen impor membuat produksi jam milik Kintaro menjadi lambat.

Seikosha hanya bisa memproduksi jam tangan hingga 50 buah jam perhari. Kemudian pada tahun 1910, Seikosha milik Kintaro Hattori berhasil membuat mesin jam sendiri mulai dari pegas keseimbangan hingga dial jam tangan.

Biografi Kintaro Hattori, Sejarah Pendiri Jam Tangan Seiko

Pada tahun 1923, Gempa besar Kanto melanda Jepang pada tahun 1923. Gempa ini kemudian menghancurkan pabrik jam Seikosha serta menghentikan produksi jam tangan. Walaupun pabriknya hancur, Kintaro Hattori tidak menyerah. Ia kemudian membangun kembali pabrik yang hancur itu, terlepas dari biaya yang besar.

Sejarah Berdirinya Seiko

Selanjutnya produksi jam tangan dilanjutkan dengan nama merek baru yakni Seiko. Adapun Toko K. Hattori & Co. di pusat kota Ginza juga dibangun kembali pada tahun 1932. Toko ini dibangun bersamaan dengan dibangunnya menara jam yang menjadi simbolnya.

Menara tersebut masih menjadi berdiri di Ginza hingga hari ini. Satu tahun kemudian pasca gempa bumi, Kintaro Hattori memperkenalkan ke jam tangan pertama dengan nama “Seiko”. Nama “Seiko” merupakan singkatan dari “Seikosha,”. Dengan menggunakan nama Jepang, Kintaro hattori mulai percaya diri untuk kualitas produk-produknya yang akan ia jual.

BACA JUGA :  Biografi Laksamana Cheng Ho, Pelaut Muslim Dari China Yang Terkenal

Kala itu masyarakat Jepang percaya bahwa produk buatan barat memiliki kualitas yang unggul. Namun pendiri Seiko ini terus meyakinkan masyarakat bahwa jam tangan buatannya adalah salah satu yang terbaik. Jam Seiko pertama ini casingnya terbuat dari bahan nikel.

Jam Seiko pertama ini memiliki subdial detik kecil. Subdial kecil ini menjadi standar jam seiko yang diproduksi hingga 1950. Jam ini menjadi jam tangan Jepang pertama dengan jarum detik di tengah. Namun jam ini juga menjadi jam terakhir yang dibuat oleh Kintaro Hattori. Pendiri Seiko ini meninggal dunia pada tahun 1934 pada usia 73 tahun.

Merilis Seiko Marvel dan Grand Seiko

Pasca kematian Kintaro Hattori, perusahaan Seiko terus memproduksi jam merk Seiko. Tahun 1956, Seiko kemudian merilis jam tangan bernama Seiko Marvel. Jam ini 100 persen dibuat melalui pengembangan dan inovasi dari Seiko.

Biografi Kintaro Hattori, Sejarah Pendiri Jam Tangan Seiko

Pada tahun 1960, Seiko kemudian meluncurkan jam tangan Grand Seiko. Jam tangan ini menjadi jam tangan terbaik yang diciptakan Seiko dalam hal hal akurasi waktu dan presisi. Jam ini terbuat dari casing emas dengan diameter 34,9 mm. Jam tangan Grand Seiko ini memiliki sertifikasi dengan standar yang ditetapkan Seiko.

Pencatat Waktu Resmi Untuk Olimpiade

Tahun 1964, Seiko kemudian meluncurkan jam tangan chronograf yakni Seiko Crown. Jam ini juga menjadi jam chronograph pertama di jepang. Selanjutnya Seiko menjadi pencatat waktu resmi pada Olimpiade 1964 di jepang. Pada tahun berikutnya mereka kemudian meluncurkan Seiko Automatic, Jam tangan penyelam pertama buatan Jepang. Jam ini tahan air hingga kedalaman 150 meter. Dirancang mampu menahan tekanan air yang tinggi.

Tahun 1969, Seiko meluncurkan jam Seiko Speedtimer sebuah jam tangan chronograf olahraga. Jam ini dilengkapi dengan tanggal otomatis. Mereka juga meluncurkan Seiko Quartz Astron, sebuah Jam tangan kuarsa pertama di dunia. 100 kali lebih akurat daripada jam tangan lainnya.

BACA JUGA :  Biografi Maharani Kemala, Crazy Rich wanita Pemilik MS Glow

Inovasi Jam Tangan Digital dan Jam Tangan Khusus Penyelam

Pada tahun 70an, Seiko memperkenalkan jam tangan digital. Jam ini pertama kali dipasarkan pada Oktober 1973. Dan dua tahun setelahnya, Seiko meluncurkan jam tangan digital pertama di dunia dengan kronograf dan juga jam tangan khusus penyelam berbahan titanium.

Tahun 80an, Seiko banyak melakukan inovasi pada pengembangan jam digital. Mereka memperkenalkan jam tangan tv pertama di dunia serta jam tangan yang mampu merekam suara. Selain itu, mereka juga merilis tangan pertama di dunia dengan fungsi komputer.

Biografi Kintaro Hattori, Sejarah Pendiri Jam Tangan Seiko

Pada masa itu mereka juga mengembangkan jam tangan automatic tanpa penggantian baterai dan merilis jam tangan penyelam dengan bahan keramik.

Awal tahun 90an, Seiko merilis jam penyelam digital yang mampu menghitung kedalaman dalam menyelam. Seiko juga terus menjadi pengatur waktu resmi untuk olimpiade serta kejuaraan dunia.

Selanjutnya perusahaan Seiko terus melakukan inovasi dan pengembangan teknologi jam tangan buatan mereka. Mereka terus memproduksi jam tangan dengan fitur baru disertai kualitas yang terjamin, khususnya dalam hal ketahanan jam.

Beri Rating Artikel Ini

Advertisement