Beranda Biografi Pengusaha Sukses Pendiri Perusahaan Biografi Matt Mullenweg, Pendiri WordPress Yang Drop Out Dari Kampus

Biografi Matt Mullenweg, Pendiri WordPress Yang Drop Out Dari Kampus

1990
4.9
(95)

Biografiku.com | Profil dan biografi Matt Mullenweg. Salah satu platform blog engine yang paling banyak digunakan di dunia adalah WordPress. Ia menjadi salah satu CMS (Content Management Service) yang sifatnya open source dan mudah digunakan. Arsitek atau pendiri dari WordPress adalah Matt Mullenweg.

Namun siapa sangka, walaupun kuliah dibidang seni dan drop out dari kampusnya, Matt Mullenweg berhasil mencipkan WordPress sebagai blog engine yang paling banyak digunakan di dunia, dan menjadi kaya raya berkat wordpress. Bagaimana kisahnya?

Biografi Matt Mullenweg

Nama lengkapnya adalah Matthew Charles Mullenweg yang kemudian dikenal dengan nama Matt Mullenweg. Pendiri dari WordPress ini lahir pada tanggal 11 Januari 1984 di Texas, Amerika Serikat.

mull1

Ketika SMA, Matt lebih menyukai seni dan belajar Seni Visual dan Pertunjukan di sekolahnya. Selain itu ia juga mahir dalam memainkan alat musik saxophone. Setelah menyelesaikan sekolahnya di SMA, ia kemudian masuk di University of Houston.

Disana, ia mengambil jurusan Ilmu Politik. Menyukai seni sejak SMA dan belajar ilmu politik ketika kuliah, Matt Mullenweg ternyata juga berbakat dalam bidang programming. Kecintaannya dalam bidang teknologi komputer dan programming ia tunjukan dengan mengembangkan CMS Wordpress.

Sejarah Terciptanya WordPress

Sejak di sekolah selain menyukai seni, Mullenweg juga menyukai dunia komputer dan programming. Sejarah WordPress dimulai saat Matt berusia 18 tahun saat di tahun 2002. Ketika itu, Matt baru mulai menggunakan fasilitas blog yakni blog b2cafelog.

Ia menggunakan blog b2 (bbpress.org) untuk mempublikasi foto-fotonya selama perjalanan ke Washington D.C. Namun, beberapa bulan kemudian, blog bbpress tempat Matt mempublikasi fotonya berhenti dalam mengembangkan software-nya.

Mengembangkan kode b2 Menjadi WordPress

Karena kondisi seperti itu, muncullah pemikiran kreatif dari Matt. Pada Januari 2003, Matt Mullenweg mengumumkan melalui blog-nya bahwa dia akan mengembangkan blog b2 sehingga sesuai dengan standar web saat itu.

BACA JUGA :  Biografi dan Profil Theodore Rachmat - Kisah Pengusaha Sukses Indonesia

Dengan inisiatif sendiri, Matt bersama Mike Little mulai memgembangkan coding WordPress berbasis b2 yang sifatnya open source. Matt dan Mike bersama dengan Michel Valdrighi yang pernah menjadi pengembang b2 akhirnya bekerja sama.

Mereka bertiga kemudian mengembangkan kode b2 menjadi WordPress hingga lahirlah blog engine WordPress yang Anda kenal saat ini.

Biografi Matt Mullenweg

Pada 27 Mei 2003, WordPress versi 0.70 dirilis. Versi 0.7 ini masih mengandung struktur file yang sama dengan pendahulunya, b2cafelog. Matt Mullenweg yang kala itu masih berusia 19 tahun bersama dengan rekannya mendirikan GMPG dengan format yang lebih kompleks dari HTML.

Setahun kemudian, Matt Mullenweg dengan WordPressnya akhirnya meluncurkan fasilitas Ping-O-Matic di wordpress yang berguna untuk mengirim ping notifikasi kepada search engine. Dan saat ini, Ping-O-Matic telah melayani lebih 1 juta ping tiap harinya.

DO (Drop Out) Kuliah

Karena asyik mengembangkan WordPress, Matt Mullenweg melupakan kuliah di University of Houston, Texas. Ia kemudian di DO (Drop Out) dari kampusnya karena memilih bekerja di CNET Networks, San Franscisco tahun 2004.

Hanya selama setahun bekerja di CNET, Matt Mullenweg yang kala itu berusia 21 tahun memilih keluar dan fokus mengembangkan WordPress. Tidak lama kemudian ia meluncurkan aplikasi Akismet yang berfungsi memblokir komentar dan trackback yang teridentifikasi sebagai spam.

WordPress, Blog Engine Yang Open Source

Dalam biografi Matt Mullenweg diketahui bahwa di tahun 2005,  Matt Mullenweg memutuskan WordPress ciptaannya sebagai aplikasi terbuka atau open source, dalam hal ini bebas dikembangkan oleh siapa saja diseluruh dunia.

WordPress yang diciptakan oleh Matt Mullenweg berkembang cepat karena sifatnya open source. Dengan cepat menjadi salah satu platform CMS (Content Management Service) yang paling banyak digunakan di dunia.

Mendirikan Perusahaan Automattic

Kemudian masih di tahun 2005, Matt Mullenweg meluncurkan Automattic yang menjadi perusahaan bisnis yang mendukung WordPress dan Akismet. Pada bulan Januari 2009, San Francisco Business Times melaporkan bahwa lalu lintas ke situs WordPress tumbuh lebih cepat daripada layanan blogger Google.

BACA JUGA :  Biografi Achmad Zaky, Kisah From 'Zero to Hero' dari Pendiri Bukalapak

Jiwa entrepreneur dan kematangan Matt dalam mengembangkan WordPress dan Akismet telah menghantarkan ia dan usahanya masuk ke dalam bisnis profesional. Pada tahun 2006, walaupun masih berusia 22 tahun, ia merekrut mantan CEO Oddpost dan Senior Manager Yahoo yakni Tony Schneider sebagai CEO Automattic.

Beberapa bulan setelah Tony Schneider berada di Automattic, Akismet (anak perusahaan) yang baru berusia kurang 2 tahun berhasil meraup 1,1 juta Dollar pada bulan April 2006. Sebuah pencapaian yang luar biasa bagi anak muda yang masih berusia 22 tahun.

Sukses Sebagai Enterpreneur Muda

San Francisco Business Times juga melaporkan bahwa wordpress secara signifikan melampaui pesaing terdekatnya, Six Apart. Seorang reporter di eMarketer menyebut Mullenweg “seorang enterpreneur yang visioner” dengan membandingkan momentum WordPress atas para pesaingnya. Hal ini sama dengan popularitas Facebook ciptaan Mark Zuckerberg yang semakin meningkat mengalahkan MySpace.

Biografi Matt Mullenweg

Pada Februari 2009, sebuah wawancara dengan Power Magazine menyebut Mullenweg “the Blog Prince” dan menghilangkan mitos bahwa blogging adalah tren yang sudah lewat. Pada bulan Mei 2009, Matt Mullenweg menolak mematuhi aturan pemerintah China mengenai sensor di negara China. Ini kemudian membuat wordPress.com diblokir oleh China’s Golden Shield Project.

Wawancara Bloomberg pada April 2011 menggambarkan bagaimana pertumbuhan perusahaan Mullenweg sangat mengesankan. Pada Juli 2011, blog WordPress memiliki lebih 50 juta pengguna blog secara global. Pada April 2012, Pingdom melaporkan bahwa WordPress sepenuhnya mendominasi dalam urutan 100 blog teratas.

Worpress ciptaan Matt Mullenweg juga digunakan oleh 49% dari 100 blog teratas di dunia. Ini merupakan peningkatan yang sangat besar. Pada Mei 2012, All Things D melaporkan bahwa WordPress sekarang memberdayakan 70 juta situs. Dengan proyeksi dapat menghasilkan pendapatan sekitar 45 juta dollar AS dan hanya memperkerjakan sebanyak 118 orang.

BACA JUGA :  [Sejarah] Ketika Perang Korea Menciptakan Perusahaan Samsung

Menjadi CEO Automattic

Pada Januari 2014, Matt Mullenweg menjadi CEO Automattic. Toni Schneider yang sebelumnya memegang jabatan itu pindah dan mengerjakan proyek baru di Automattic.

Dan beberapa bulan kemudian pada bulan Mei, Matt Mullenweg berhasil mengumpulkan pendanaan sebesar 160 juta dollar dalam pendanaan tambahan untuk perusahaan.

Biografi Matt Mullenweg

Adapun Automattic memiliki vvaluasi sebesar satu miliar dolar AS pada tahun 2014. Sejak tahun 2005, Mullenweg telah menjadi pembicara di berbagai konferensi atau acara, termasuk acara WordCamp global, SxSW, Web 2.0 Summit, YCombinator’s Startup School, Le Web, Lean Startup Conference, dan International World Wide Web Conference dll.

Menjadi Milyarder Berkat WordPress

Daya pikir inovatif serta pantang menyerah pada diri seorang Matt Mullenweg telah membawanya menjadi seorang jutawan. Di usia 25 tahun, Matthew Mullenweg telah berhasil menjadi miliader muda dengan kekayaan tidak kurang dari 40 juta dollar AS.

Penghargaan Matt Mullenweg

WordPress kini terus berkembang pesat dengan fitur yang baru. Matt Mullenweg sebagai pendiri sekaliigus penemu WordPress dinobatkan sebagai 16 dari “50 Orang Terpenting di Dunia Internet” oleh PC World pada tahun 2007.

Dari daftar 50 orang tersebut, hanya Matt Mullenweg yang memiliki usia termuda yang kala itu masih berusia 23 tahun. Dengan fasilitas yang unik, cepat dan menarik, WordPress berhasil ‘memikat’ jutaan pengguna.

Dengan tambahan ribuan blogger serta ratusan ribu posting terbaru tiap harinya, WordPress berhasil masuk ke dalam 30 situs teraktif di dunia. Setelah mendapat layanan Gravatar pada tahun 2007, beredar isu bahwa Automattic perusahaan Matt Mullenweg ditawar hingga 200 juta dollar AS, namun Matt menolak menjualnya.

Hinggga kini wordpress berkembang dan banyak dipakai oleh jutaan pengguna internet didunia sebagai web platform mereka karena sifatnya open source atau gratis. Selain itu wordpress juga terkenal ringan dan juga stabil serta mudah dioperasikan atau digunakan.

Beri Rating Artikel Ini

'...Sejarah akan meninggikan mereka yang memang layak dimuliakan dan sejarah juga akan menghitamkan mereka yang layak dijatuhkan - NS'