Beranda Biografi Biografi Richard Stallman, Kisah dan Sejarah Pendiri GNU dan Open Source

Biografi Richard Stallman, Kisah dan Sejarah Pendiri GNU dan Open Source

2539
4.9
(65)

Biografiku.com РProfil dan Biografi Richard Stallman. Dalam sejarahnya di dunia perangkat lunak komputer, Richard Stallman dikenal sebagai salah satu tokoh yang paling berperan penting mengembangkan prinsip Open Source atau GNU.

richard stallman66

Ia bersama dengan Linus Torvalds sang penemu Linux satu dari sekian banyak tokoh yang berperan penting dalam kemajuan di dunia teknologi. Richard Matthew Stallman dikenal sebagai pendiri dari program GNU dan Open Source yang terkenal.

Biodata Richard Stallman

Nama LengkapRichard Matthew Stallman
LahirNew York, Amerika Serikat, 16 Maret 1953
Orang TuaDaniel Stallman (Ayah), Alice Lippman (ibu)
DikenalPendiri GNU Open Source

Biografi Richard Stallman

Richard dilahirkan 16 Maret 1953, di Manhattan, New York. Sebagai anak “broken home”, Stallman memiliki hubungan yang tidak baik dengan kedua orang tuanya. Stallman memiliki kepribadian yang menarik (kontoversial).

Masa Remaja

Semasa SMA, ia selalu mendapat A untuk Matematika dan Fisika (bahkan kemudian ia memanggil dirinya sendiri “math you”, yang terdengar serupa dengan “Matthew”).

Namun gagal dalam pelajaran Bahasa Inggris, dikarenakan ke”keras kepalaannya” menolak untuk menulis essay dalam bentuk apapun.

Lulus Dari Harvard

Bahkan “para jenius” disekolahnya pun tidak dapat mengerti kepribadiannya yang sangat sulit bersosialisasi. Stallman lulus jurusan Fisika Harvard University pada tahun 1974.

Selama masa kuliahnya, Stallman bekerja sebagai staf di Laboratorium Artificial Intelligence milik MIT. Disaat inilah Stallman belajar mengenai pengembangan Sistem Operasi.

Pada tahun 1980-an, Stallman mulai berhadapan dengan “musuhnya” hingga kini, yaitu “komersialisasi industri software”. Ini berawal dari usaha beberapa “hackers” untuk mendirikan suatu perusahaan bernama “Symbolics”, yang mencoba untuk mengganti “free software” yang digunakan di Lab., dengan software buatan mereka.

BACA JUGA :  Biografi Steve Jobs - Pendiri Apple Computer

Selama dua tahun, dari 1983 hingga 1985, Stallman berjuang menggagalkan usaha monopoli para programmer Symbolics. Sebelum akhirnya ia dibuat untuk menghentikan kegiatannya dan menandatangi perjanjian tertutup.

Mendirikan GNU dan Open Source

Dalam Biografi Richard Stallman diketahui bahwa pada Januari 1984 Stallman mengundurkan diri dari MIT. Ia kemudian memulai “GNU project”. GNU (singkatan dari “GNU’s Not Unix” yaitu GNU, bukan Unix-) adalah Sistem Operasi cuma-cuma yang merupakan alternative dari Unix.

Biografi Richard Stallman GNU

Akhir akhir ini, varian dari Sistem GNU berbasis Linux mulai popular digunakan. Diperkirakan pemakai “GNU/Linux systems” (lebih dikenal dengan “Linux” saja) sudah mencapai 20 juta orang lebih.

Stallman adalah penulis “GNU Compiller Collection“, sebuah kompiler portable yang dapat ditujukan untuk berbagai variasi arsitektur dan bahasa pemrograman. Selain itu ia juga menulis “GNU Symbollic debugger (gdb)“, “GNU Emacs” dan berbagai program GNU lainnya.

“GNU Project”, sebenarnya adalah salah satu wujud usaha Stallman untuk memperjuangkan “free software”. Selain GNU, ia juga melakukan usaha-usaha lainnya dengan mendirikan Free Software Foundation (FSF), pengembangan konsep “Copyleft” (lawan dari “Copyright”) yang kemudian dimasukkannya dalam “GNU General Public Lisence” (GPL) ditahun 1989.

Kehadiran Stallman di dunia komputer sudah diakui di tingkat dunia, Ini ditandai dari berbagai pengahargaan yang diterimanya. Diantaranya, “Grace Hopper Award” tahun 1991 atas kerjanya dalam membuat editor “Emacs”.

Penghargaan Richard Stallman

Dalam perjalanan Biografi Richard Stallman diketahui juga bahwa ia memperoleh penghargaan Takeda Award yang diterimanya tahun 2001. Penghargaan itu diterima bersama dengan Linus Torvalds (pengembang linux) dan Ken Sakamura (pengembang TRON), dan penghargaan lainnya.

Selain itu Stallman juga mendapat gelar Doktor Kehormatan dari Institut Teknologi Swedia (1996), dan Universitas Glasgow (2001).

Hingga kini Stallman masih memperjuangkan eksistensi “free Software”. Waktu yang akan menjawab, akankah nama Stallman tercatat dalam sejarah sebagai seorang pionir “free software”, atau hanya sebagai seorang kontroversial yang nekat melawan arus. Namun itu semua tidak penting menurutnya.

Beri Rating Artikel Ini

'...Sejarah akan meninggikan mereka yang memang layak dimuliakan dan sejarah juga akan menghitamkan mereka yang layak dijatuhkan - NS'