Beranda Profil 10 Fakta Albert Einstein Yang Menarik Yang Tidak Kamu Ketahui

10 Fakta Albert Einstein Yang Menarik Yang Tidak Kamu Ketahui

10

Biografiku.com – Albert Einstein dikenal sebagai salah satu ilmuwan yang paling terkenal di dunia.  Ia merupakan simbol jenius dalam dunia ilmu pengetahuan. Walaupun begitu Albert Einstein memiliki karakter yang unik tidak banyak diketahui oleh orang. Berikut 10 Fakta Albert Einstein Yang Menarik Yang Perlu Kamu Ketahui.

Dianggap Memiliki Keterbelakangan Mental

Ketika Einstein lahir pada tanggal 14 Maret 1879 keluarganya sangat khawatir Einstein lahir sebagai anak yang cacat.  ketika lahir kepalanya sangat besar dan juga cacat namun beberapa minggu kemudian kepalanya menjadi normal.

Semasa kecil orang tuanya berpikir Einstein memiliki keterbelakangan mental. Hal ini disebabkan karena ia tidak bisa berbicara menjadi usia 4 tahun ketika dapat berbicara ia masih terbata-bata hingga usia 9 tahun.

Memiliki Anak Perempuan Diluar Pernikahannya

Albert Einstein memiliki anak perempuan di luar pernikahannya.  sebelum resmi menikahi istri pertamanya yang bernama Mileva, istrinya tersebut ternyata sudah mengandung anak hasil hubungan nya dengan Albert Einstein.

Anak perempuan itu kemudian lahir dan diberi nama Lieserl.  namun anak tersebut rahasiakan keberadaannya oleh Einstein dan Mileva. banyak yang beranggapan anak tersebut meninggal karena demam berdarah atau diadopsi saat dia masih bayi.

Membuat ‘Kontrak’ Untuk Istrinya

Albert Einstein Ternyata hidup terpisah dari istri pertamanya yang bernama Mileva ketika ia terkenal sebagai seorang ilmuwan yang sukses.

Mereka kemudian mencoba untuk hidup bersama namun kemudian Einstein menyodorkan sebuah ‘kontrak’ agar mereka dapat hidup bersama dalam satu atap. Kontrak ini kemudian disetujui oleh Mileva  walaupun pada akhirnya Einstein dan istrinya akhirnya bercerai.

Memenangkan Hadiah Nobel Fisika Dalam Bidang Lain

Dalam biografi Albert Einstein diketahui bahwa ia merupakan seorang pemenang hadiah Nobel fisika pada tahun 1921 dalam bidang fisika teoretis Dalam penemuannya mengenai hukum foto listrik.

Menariknya Einstein tidak memenangkan hadiah Nobel Atas penemuannya terhadap teorinya yang paling masyhur yakni teori relativitas.  Kala itu komite Nobel tidak terlalu memperhitungkan manfaat dari teori relativitas yang diajukan oleh Albert Einstein.

Tidak Pernah Menikmati Uang Hadiah Nobelnya

Einstein diketahui sama sekali tidak pernah menyentuh atau mengambil uang dari hadiah Nobelnya. Ketika bercerai dengan istri pertamanya yakni Mileva pada tanggal 14 Februari 1919, nilainya hadiah nobel Einstein sangat besar.

Ia kemudian memberikannya kepada putranya. Sementara istrinya hanya bisa menggunakan bunga dari hadiah nobel yang disimpan di Bank namun tidak bisa mengambil uang tersebut sepenuhnya.

Mengusulkan Teori Big Bang alternatif

Dalam sebuah catatan yang ditemukan sebutkan bahwa Einstein mengusulkan Teori Big Bang alternatif pada tahun 1931. Catatan tersebut disimpan di arsip Albert Einstein yang terletak di Yerusalem Israel selama beberapa tahun.

Teori tersebut masih dalam bentuk ‘rancangan kasar’ dari Albert Einstein. Walau pada akhirnya Einstein tidak pernah lagi mengembangkan konsep mengenai teori tersebut. Ia kemudian mengembangkan teori relativitas yang terkenal di dunia.

Memiliki Ingatan Yang Buruk

Walaupun dikenal sebagai seorang yang jenius yang salah satu ilmuwan yang paling terkenal di dunia namun diketahui bahwa ingatan Einstein sangat buruk. Ia bahkan tidak mengingat tanggal dan bahkan sampai lupa nomor teleponnya sendiri. 

Menolak Tawaran Menjadi Presiden Israel

Einstein pernah ditawari menjadi presiden Israel yang kedua setelah Presiden Israel yang pertama yang bernama Chaim Weizmann meninggal dunia. namun Albert Einstein menolak.

Ia menyatakan bahwa usianya sudah sangat terlalu tua untuk pekerjaan sebagai seorang presiden. Dan ia tidak memiliki pengalaman dalam dunia politik.

Tubuhnya Dikremasi Namun Otaknya Disimpan.

Albert Einstein meninggal pada tanggal 18 April 1955 di Amerika Serikat.  Kemudian ahli patologi bernama Thomas Harvey melakukan otopsi pada tubuh Albert Einstein. Ia kemudian diam-diam mengambil otak Albert Einstein sebelum tubuh ilmuwan terkenal tersebut dikremasi sesuai keinginan terakhirnya.

Harvey kemudian dipecat dari kampusnya, walaupun begitu ia menyimpan otak Albert Einstein selama 40 tahun dalam 2 toples. Ia bahkan mengirim potongan otak Albert Einstein kepada para spesialis dan ilmuwan di seluruh dunia untuk dipelajari. Hingga kemudian ia mengembalikan kotak Albert Einstein ke Universitas Princeton  di tahun 1998.

Tidak Memiliki Kewarganegaraan Ketika Usia 16 Tahun

Albert Einstein menanggalkan kewarganegaraan Jermannya dan memilih tidak memiliki negara pada usia 16 tahun.   Einstein beranggapan bahwa lebih baik menjadi warga dunia yang bebas dari pajak memiliki jiwa nasionalisme di Jerman. Pada tahun 1901, Albert Einstein secara resmi kemudian menjadi warga negara Swiss.

loading...
'...Sejarah akan meninggikan mereka yang memang layak dimuliakan dan sejarah juga akan menghitamkan mereka yang layak dijatuhkan - NS'