Beranda Fakta 10 Fakta Ir Soekarno Menarik Yang Tidak Kamu Ketahui Dan Bikin Bangga

10 Fakta Ir Soekarno Menarik Yang Tidak Kamu Ketahui Dan Bikin Bangga

293
3
(2)

Biografiku.com – Fakta Ir. Soekarno yang Menarik. Presiden Soekarno adalah presiden Indonesia yang paling menarik perhatian banyak orang di seluruh dunia. Tidak hanya menjadi kebanggaan Indonesia, kecerdasannya membuat pria yang akrab disapa Bung Karno ini dikagumi oleh masyarakat dunia.

Biografi Soekarno

Berikut adalah beberapa 10 Fakta Menarik Presiden Soekarno Yang Tidak Kamu Ketahui Dan Bikin Bangga.

Memiliki nasionalisme yang tinggi.

Bukan namanya Soekarno kalau tidak punya rasa nasionalisme yang sangat kuat. Presiden pertama Republik Indonesia ini sudah tidak diragukan lagi nasionalismenya.

Beliau berjuang supaya Indonesia terbebas dari kolonialisme dalam memperjuangkan kemerdekaan. Beliau sering dipenjara dan dibuang ke berbagai tempat di Indonesia dan diasingkan di luar pulau.

Soekarno tidak berputus asa untuk selalu memperjuangkan kemerdekaan Indonesia karena beliau sangat mencintai tanah airnya yaitu Indonesia Raya.

Soekarno adalah pencetus ideologi Pancasila.

Dalam biografi Soekarno diketahui bahwa ia adalah salah satu dari pencetus dasar ideologi negara Republik Indonesia yaitu Pancasila dan Pancasila sudah diakui oleh dunia internasional karena Pancasila mengandung nilai-nilai Luhur untuk mencapai kehidupan umat manusia yang lebih baik.

Soekarno mencantumkan Pancasila dalam pidatonya di PBB yang berjudul ‘Membangun Dunia Baru’. Pidatonya tersebut mendapat sambutan yang antusias oleh para hadirin sidang umum PBB. Soekarno juga meminta agar Pancasila dimasukkan ke dalam piagam PBB.

Indonesia menjadi Macan Asia 

Tahukah kamu bahwa dulu saat Indonesia masih dipimpin oleh Soekarno, ia menjadi salah satu negara terkuat di Asia. Dalam hal persenjataan pada waktu itu Indonesia memiliki hubungan yang sangat erat dengan Uni Soviet.

Banyak persenjataan yang diberikan oleh Uni Soviet kepada Indonesia saat upaya merebut Irian Barat dari Belanda. Tidak ada satupun negara di kawasan Asia yang berani macam-macam dengan Indonesia dikarenakan Indonesia mempunyai alat persenjataan yang modern dan canggih buatan Uni Soviet.

Soekarno Memperjuangkan negara-negara yang dijajah.

Soekarno memperjuangkan negara yang masih dijajah di Asia dan di Afrika agar meraih kemerdekaannya. Seorang Soekarno juga memperjuangkan nasib bangsa dan negara-negara lain di dunia yang masih dijajah melalui konferensi asia-afrika yang diprakarsai olehnya.

Bersama para pemimpin negara lainnya sehingga kemudian banyak negara-negara di Asia dan Afrika yang mendapatkan kemerdekaannya.

Soekarno Diplomat yang Ulung.

Soekarno diakui dunia sebagai seorang diplomat ulung ketika berdiplomasi untuk mendapatkan keuntungan bagi Indonesia. Salah satu buktinya adalah keberhasilan mendapatkan kapal perang kelas Sverdlov. 

Bagi Uni Soviet ini adalah salah satu kapal terbesar dan tercepat di dunia pada saat itu. Uni Soviet belum pernah memberikan kepada negara-negara lain di dunia selain Indonesia. Indonesia menerima bantuan militer Uni Soviet mencapai 2,5 miliar US Dollar.

Cover Majalah TIME

Jauh sebelum Jokowi, Susilo Bambang Yudhoyono dan Soeharto, Soekarno telah lebih dulu menjadi cover majalah TIME dan bukan hanya sekali, tetapi TIME dua kali menampilkan Soekarno di halaman depan yakni dalam edisi Desember 1946 dan Maret 1958.

Dalam terbitan pertamanya majalah Time menyebut Putra Sang Fajar tersebut sebagai orator ulung yang mampu meyakinkan dan mempengaruhi pendengarnya .

Soekarno Sang Presiden Pemberani.

‘Persetan dengan bantuanmu..!!’ Kata itu pernah diucapkan Bung Karno kepada Amerika Serikat. Kata-kata yang dikeluarkan Presiden pertama Indonesia itu terjadi karena melihat ada udang Dibalik Batu dalam kasus bantuan tersebut.

Sifat bantuan tersebut tidak tulus namun digunakan sebagai bahan untuk menekan negara penerima untuk memerangi paham komunisme di Asia.

Soekarno, Presiden yang sangat dihormati oleh Amerika

Soekarno ketika menjadi presiden Indonesia sangat dihormati dan disegani oleh Amerika Serikat. Salah satu peristiwa yang membuktikan adalah saat Presiden Soekarno disambut secara militer oleh Amerika dengan tembakan kehormatan sebanyak 21 kali.

Soekarno Mengusir Kontingen Israel

Sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina, Soekarno menunjukkan dengan tindakan nyata dengan mengusir kontingen Israel dalam Asian Games 1962 di Jakarta. Sebagai balasan komite Olimpiade internasional membatalkan keikutsertaan Indonesia di Olimpiade Tokyo di 1664.

Soekarno, Tokoh Pemersatu Indonesia

Indonesia menjadi sebuah negara yang terdiri dari berbagai macam budaya, suku, agama yang terpisahkan oleh daratan dan lautan yang luas. Karena Soekarno dan para pahlawan lainnya saat ini kita tidak bisa melihat Indonesia tetap bersatu dari Sabang sampai Merauke.

 

BACA JUGA :  Biografi Megawati Soekarnoputri - Kisah Putri Proklamator Indonesia

Beri Rating Artikel Ini

'...Sejarah akan meninggikan mereka yang memang layak dimuliakan dan sejarah juga akan menghitamkan mereka yang layak dijatuhkan - NS'