Beranda Biografi Tokoh Dunia Biografi Freddie Mercury, Kisah Vokalis Queen Paling Melegenda di Dunia

Biografi Freddie Mercury, Kisah Vokalis Queen Paling Melegenda di Dunia

81

Biografiku.com – Profil dan Biografi Freddie Mercury. Ia dikenal sebagai salah satu vokalis band yang paling terkenal pada zamannya dan melegenda. Ia adalah seorang vokalis dari grup band ternama yaitu Queen, salah satu grup Band yang paling dikenal di dunia.

Profesi Freddie Mercury tidak hanya sebagai seorang yang utama dari sebuah band, melainkan ia juga merangkap sebagai penulis lagu. Ia benar benar sangat multitalenta karena Freddie Mercury dan grupnya menggarap sendiri lagu dan sekaligus memproduserinya.

Biografi Freddie Mercury Singkat

Freddie Mercury yang dikenal dengan suaranya yang memukau dan nadanya yang mencapai empat oktaf. Freddie Mercury lahir dengan nama asli Farrokh Bulsara pada tanggal 5 September 1946 di Zanzibar, Tanzania.

Ayahnya bernama Bomi dan ibunya bernama Jer Bulsara. Di Zanzibar yang dulu dikuasai Inggris, ayahnya bekerja dipengadilan tinggi pemerintahan kolonial Inggris.

Orang tuanya adalah orang Parsi dari wilayah Gujarat, India dan merupakan menganut agama Zoroaster. Freddie Mercury diketahui memiliki satu orang saudara perempuan bernama Karishma yang lahir enam tahun kemudian setelah kelahiran Freddie.

Di Zanzibar, Keluarganya hidup berkecukupan. Pada usia 8 tahun, orang tua Freddie mengirim Freddie ke sekolah asrama di Mumbai, India. Disana ia belajar piano dan menghabiskan waktunya tinggal bersama bibi dan kakek-neneknya.

Tidak lama kemudian vokalis Queen itu bergabung dengan band pertamanya yang bernama Hectics. Pada tahun 1963, Freddie kembali ke Zanzibar, Tanzania.

BACA JUGA :  Biografi Malcom X - Pendakwah Islam dari Amerika

Ketika pergolakan revolusi terjadi di Zanzibar, Tanzania pada tahun 1964, keluarga Freddie Mercury membawa beserta anak-anaknya pindah ke London, Inggris. Freddie sendiri kemudian bersekolah di Ealing College of Art.

Pada tahun 1969, Freddie sempat bergabung dengan beberapa grup musik lain sebelum bergabung dengan band Queen yang dibentuk oleh Brian May.

Freddie Mercury diketahui lahir dengan empat gigi tambahan di bagian belakang mulutnya, ini membuat jangkauan suara vokal empat oktafnya sangat mengesankan.

Awal Bergabung Dengan Band Queen

Pada awalnya Queen didirikan oleh Brian May dan Tim Staffell. Mereka berdua kemudian menamai grup bandnya dengan nama SMILE.

Pada tahun 1970, Tim Staffell meninggalkan SMILE. Hal ini membuat Brian May kemudian mencari personil untuk mengisi kekosongan grup bandnya.

Saat itu, Freddie Mercury masih menggunakan nama Farroukh Bulsara merupakan teman kuliah Tim Staffel di Ealing College of Art.grup band yang didirikan oleh Brian May ini.

Selanjutnya, Farroukh Bulsara mengganti namanya menjadi Freddie Mercury, dan mengubah nama bandnya menjadi QUEEN. Band ini selanjutnya memiliki 4 orang anggota yakni Freddie Mercury, Brian May, Ben Hardy serta John Deacon.

Karier Musik Freddie Mercury

Freddie Mercury yang merupakan salah satu penyanyi rock terbaik di dunia berhasil mencengangkan setiap orang yang mendengarnya karena ia sangat cocok membawakan segala lagu. Padahal tipe suaranya terkadang tidak masuk dalam lagu yang dinyanyikannya.

Saking kerennya suara yang dihasilkannya, ada peneliti yang sengaja meneliti suara yang dikeluarkannya ketika bernyanyi. Tidak ada masalah dalam suaranya.

Biografi Freddie Mercury

Memang kemampuan Freddie Mercury yang membuatnya dapat menyanyikan segala lagu dengan sempurna. Oleh sebab itu, ia pun mendapatkan julukan sebagai penyanyi terbaik sepanjang masa.

BACA JUGA :  Biografi Rhoma Irama, Kisah Perjalanan Sang Raja Dangdut Indonesia
Penulis Lagu terbaik

Tidak hanya dikenal sebagai penyanyi bermusikalisasi yang bagus, Freddie Mercury juga dikenal sebagai penulis lagu yang unik. Ia mengatakan bahwa ia tidak pintar dalam ilmu bermusik. Tetapi, selama menjadi vokalis queen setidaknya sudah ada 10 lagu yang diciptakannya.

Lagu ciptaan Freddie Mercury tidaklah mengambil tema dan kunci seperti lagu yang tengah popular. Malahan, Fredy mengatakan bahwa nada-nada yang dipilihnya memiliki kunci yang sulit untuk dipelajari. Salah satu contoh lagu yang menurutnya menyuguhkan kesulitan nada yang amat sangat adalah lagu yang berjudul Crazy Little Thing Called Love.

Beberapa lagu ciptaannya bahkan sangat dikenal di dunia dan masih sering diperdengarkan seperti Bohemian Rhapsody, We Are The Champions dan We Will Rock You.

Kehidupan Pribadi Freddie Mercury

Dalam ilm Bohemian Rhapsody yang menceritakan kisah biografi Freddie Mercury dikisahkan bahwa dari awal menjadi penyanyi, Ia dikabarkan tengah dekat dengan Mary Austin. Bahkan dapat dikatakan bahwa Marry adalah wanita satu-satunya yang ada di hatinya saat itu.

Bahkan, ketika Marry berselingkuh dengan temaannya, Freddie Mercury tetaplah menganggap Mary sebagai teman terdekatnya dan sama sekali tidak menyalahkan Merry atas kejadian itu.

Pada suatu kesempatan, Freddie Mercury juga mengatakan bahwa tidak ada yang mampu menggantikan Marry. Setelah beberapa tahun berjalan, fredy malah membawa kabar yang mencengangkan bahwa ia tidak lagi suka dengan perempuan dan lebih menyukai laki-laki.

Kabar pencintaan homoseksual Freddie Mercury tentu saja mengagetkan masyarakat. Di tengah rumor yang belum reda, Fredy juga dikabarkan tengah sakit dan sakitnya terbilang parah. Ia diduga menderita HIV akibat dari pencintaan sesame jenis.

Saking merasa tersiksa dengan penyakitnya, dia memutuskan untuk meminum obat yang membuatnya dapat mati dalam waktu yang cepat. Dan hal tersebut terbukti karena ia menghembuskan nafas terakhir pada tahun 1991.

BACA JUGA :  Biografi James Watt - Penemu Mesin Uap

Padahal pada saat itu usianya tergolong masih muda, sekitar 45 tahun. Semoga informasi tentang profil dan biografi Freddie Mercury dan kehidupannya bermanfaat bagi para pembaca!

Loading...
'...Sejarah akan meninggikan mereka yang memang layak dimuliakan dan sejarah juga akan menghitamkan mereka yang layak dijatuhkan - NS'