Beranda Tokoh Wanita Biografi Kamala Harris, Wakil Presiden Wanita Amerika Pertama Dalam Sejarah

Biografi Kamala Harris, Wakil Presiden Wanita Amerika Pertama Dalam Sejarah

31
4.9
(60)

Biografiku.com | Profil dan biografi Kamala Harris. Wanita yang kini dikenal menjabat sebagai wakil presiden Amerika ini dikenal sebagai seorang politisi dan anggota senat Amerika dari partai Demokrat sejak tahun 2016. Kamala Harris merupakan wanita pertama dalam sejarah Amerika yang menjadi wakil presiden Amerika.

Biografi Kamala Harris

Kamala Harris juga merupakan wakil presiden yang memiliki keturunan India-Amerika dan Afrika-Amerika. Sebelum menjabat sebagai seorang senator, Kamala Harris bekerja sebagai seorang Jaksa Agung di negara bagian sejak tahun 2011. Bagaimana kisahnya? Berikut profil dan biografi Kamala Harris.

Biografi Kamala Harris

Kamala Harris lahir dengan nama lengkap Kamala Devi Harris. Ia dilahirkan pada tanggal 20 Oktober 1964 di California, Amerika Serikat. Ayahnya bernama Donald Harris. Ayahnya berasal dari Jamaika yang diketahui bekerja sebagai seorang pepngajar di Universitas Stanford.

Sementara ibu Kamala Harris bernama Shyamala Gopalan Harris. Ia diketahui bekerja sebagai seorang peneliti kanker. Ia juga merupakan putri diplomat India. Sehingga dilihat dari keturunannya, Kamala Harris merupakan wanita keturunan India-Amerika dan Afrika-Amerika.

Biografi Kamala Harris

Pendidikan Kamala Harris

Dalam biografi Kamala Harris diketahui bahwa ia menyelesaikan pendidikannya di Howard University dalam bidang ilmu politik dan ekonomi pada tahun 1986. ia juga diketahui memperoleh gelar sarjana hukum pada tahun 1989 di Hastings College.

Kamala memulai karirnya dengan bekerja di sebuah kantor pengacara di wilayah Alameda County. Tak lama kemudian dia direkrut untuk bekerja di Kantor pengacara distrik San Franscisco.

Menjadi Jaksa Negara Bagian

Karirnya cukup bagus di bidang hukum. Ia dipercaya sebagai wakil jaksa wilayah dari tahun 1990 hingga 1998 di Oakland, Amerika. Disini ia banyak menangani kasus kekerasan geng, perdagangan narkoba serta kekerasa seksual.

BACA JUGA :  Biografi Celine Dion - Sang Diva Pop Dunia

Kinerjanya yang bagus membuat Kamala Harris kemudian dipromosikan sebagai Jaksa wilayah pada tahun 2004. Hanya butuh beberapa tahun saja, pada tahun 2010 ia terpilih sebagai Jaksa  Agung negara bagian California, Amerika. Ia juga merupakan perempuan pertama keturunan Afrika-Amerika yang memegang jabatan tersebut.

Ketika menjadi jaksa agung, Barack Obama kala itu meminta Kamala Harris menyelesaikan gugatan nasional terhadap pemberi pinjaman hipotek karena praktik yang tidak adil.

Pembela LGBT Amerika

Sebagai jaksa, Kamala Harris dikenal sangat membela hak asasi manusia. Ia juga menaruh perhatian pada kaum LGBT. Ini sesuai dengan kampanyenya ketika mencalonkan diri sebagai Jaksa Agung yang lebihh banyak mengangkat isu mengenai kaum LGBT.

Ketika menjadi jaksa, Kamala Harris mengajukan laporan amicus curiae (dasar hukum sahabat pengadilan, red.) ke pengadilan Banding Federal. Dalam laporannya tersebut, Kamala berpendapat bahwa Proposition 8 yakni undang-undang yang mengatur larangan pernikahan sasama jenis dan hanya beda jenis yang diizinkan di California tidak mempunyai dasar hukum yang kuat.

Akhirnya pengadilan banding federal kemudian membatalkan dan mencabut larangan pernikahan sesama jenis pada bulan Juni 2013. Sejak saat iitu, para aktivis dan kaum LGBT mendukung dan berada dibelakang Kamala Harris.

Dallam biografi Kamala Harris diketahui bahwa ia juga menulis buku mengenai hukum yang berjudul Smart on Crime (2009) yang isinya menangani masalah residivisme kriminal.

Menjadi Senator Amerika

Dalam konvensi Nasional Parta Demokrat tahun 2012, Kamala Harris menyampaikan pidato yang berkesan yang kemudian mendongkrak popularitasnya secara nasional. Dua tahun berikutnya, Kamala menikah dengan seorang pengacara bernama Douglas Emhoff. Partai Demokrat kemudian mendoorong Kamala Harris mencalonkan diri sebagai senator Amerika menggantikan Barbara Boxer yang pensiun.

BACA JUGA :  Biografi John F Kennedy - Presiden Amerika Yang Terbunuh

Dalam kampanyenya, Kamala Harris lebih menekankan reformasi reformasi imigrasi dan peradilan pidana, kenaikan upah minimum, dan perlindungan hak reproduksi perempuan. Pada pemilu tahun 2016, Kamala Harris dengan mudah memenangkan pemilu.

Biografi Kamala Harris

Kamala Harris mulai menduduki kursi senat pada bulan Januari 2017. Ia bertugas di Komite Seleksi Intelijen dan Komite Kehakiman. Kamala terkenal karena gaya penuntutannya dalam menanyai saksi selama persidangan. Ini kkemudian menuai kritik dari senator partai Republik.

Maju Sebagai Kandidat Pilpres Amerika

Sebagai salah satu tokoh yang sedang naik daun di Partai Demokrat, Kamala Harris kemudian mengumumkan akan maju sebagai kandidat dalam ajang pemilihan Presiden dan wakil presiden Amerika. Dalam acara debat utama antar kandidat, Kammala bertukar pikiran dengan sesama kandidat Joe Biden khususnya topik-topik yang berhubungan dengan ras.

Dukungan terhadap Kamala Harris meningkat pada bulan september 2019. Namun sejak desember 2019, dukungan terhadapnya terus menurun. Kamala mencoba mempertahankan popularitasnya dengan menjadi pendukung utama reformasi keadilan sosial terutama setelah kasus kematian George Floyd pada Mei 2020.

Namun banyak kritikan pedas dialamatkan kepada Kamala Harris yang dinilai telah gagal dalam menyelidiki tuduhan pelanggaran polisi, termasuk dalam kaksus penembakan. Masalah ketidakadilan terhadap ras tertentu menjadi masalah utama di Amerika Serikat.

Sehingga saat itu banyak politisi dari partai Demokrat meminta Joe Biden yang menjadi calon tunggal Presiden dari Demokrat untuk memilih seorang wanita Afrika-Amerika dipandang penting sebagai pasangan wakil presidennya.

Wakil Presiden Amerika Serikat

Pada Agustus 2020, Joe Biden memilih Kamala Harris sebagai calon wakil presiden Amerika Serikat dan dengan demikian dia menjadi wanita kulit hitam pertama yang menjadi kandidat dalam pemilihan umum di Amerika Serikat.

BACA JUGA :  Biografi Tri Rismaharini - Walikota Surabaya

Biografi Kamala Harris

Pada November 2020, Hasil pemilihan umum di Amerika kemudian menetapkan Joe Biden dan Kamala Harris sebagai Presiden dan Wakil Presiden Amerika terpilih. Kamala Harris menjadi wanita keturunan pertama yang terpilih sebagai wakil presiden Amerika Serikat.

Mereka berdua mengalahkan pasangan Donald Trump dan Mike Pence dari partai Republik. Joe Biden dan Kamala Harris berhasil mengumpulkan suara elektoral lebih dari 271. Joe Biden dan Kamala Harris kemudian dilantik pada bulan januari 2021 sebagai Presiden dan Wakil presiden Amerika ke-46.

Beri Rating Artikel Ini

'...Sejarah akan meninggikan mereka yang memang layak dimuliakan dan sejarah juga akan menghitamkan mereka yang layak dijatuhkan - NS'