Beranda Biografi Tokoh Dunia Biografi Koo In-Hwoi, Kisah Pengusaha Korea Pendiri Perusahaan LG

Biografi Koo In-Hwoi, Kisah Pengusaha Korea Pendiri Perusahaan LG

5
(1562)

Biografiku.com | Koo In-Hwoi dikenal sebagai pendiri perusahaan LG Corporation, salah satu perusahaan menufaktur elektronik terbesar di dunia yang berasal dari Korea. Pada awalnya nama dari LG merupakan gabungan dari nama nama Lucky-Goldstar.

Biografi Koo In-Hwoi pendiri LG

Dan pada awal berdirinya, LG bernama Lak Hui Chemical Industrial Corp yang bergerak di bidang industri kimia. Kini perusahaan LG Corporation yang didirikan oleh Koo In-Hwoi menjadi salah satu perusahaan manufaktur elektronik terkemuka di dunia. Bagaimana kisahhnya?

Biografi Koo In-Hwoi

Koo In-Hwoi yang juga disebut sebagai pendiri LG ini dilahirkan pada tanggal 27 Agustus 1907 di Gyeongsangnam-do yang kala itu masih disebut sebagai kekaisaran Korea. Ia menyelesaikan pendidikannya di Central Normal Higher School tahun 1924.

Setelah tamat, Koo In-Hwoi memilih menjadi seorang pengusaha. Tahun 1926, ia mulai berdagang berbagai jenis barang dan selanjutnya ia bekerja sebagai kepala kantor cabang surat kabar Dong-A Ilbo di Jisu, Korea.

Di tahun 1931, Koo In-Hwoi bersama dengan adiknya kemudian membuka toko di Gyeongsang Selatan. Namun usahanya ini menemui kerugian besar. Namun pendiri LG ini tidak menyerah. Ia kemudian berusaha kembali setelah mendapat modal dengan jaminan harta keluarganya.

Usahanya kali ini tidak sia-sia. Bisnisnya mulai merangkak dan berkembang dengan pesat. Ia kemudian mulai dikenal sebagai seorang pengusaha sukses. Kala itu ia juga menyumbangkan kekayaannya untuk perjuangan kemerdekaan Korea.

Mendirikan Lak Hui Chemical Industrial Corp

Setelah korea merdeka, ia kemudian memindahkan bisnisnya ke Busan, Korea Selan. Bisnisnya yakni mengimpor arang dari luar negeri. Pada tahun 1947, Koo In-Hwoi mendirikan Lak Hui Chemical Industrial Corp yang memproduksi krim wajah pertama di Korea dengan nama Lucky Cream.

Biografi Koo In-Hwoi, Kisah Pengusaha Korea Pendiri Perusahaan LG

Lak Hui biasa dilafalkan dengan sebutan Lucky. Bisnis yang bergerak dibidang industri kimia ini berjalan dengan dukungan keuangan dari Huh Man-jung, kerabat dari istrinya. Lak Hui atau Lucky ini kemudian memperluas portofolio bisnisnya mulai dari produk kosmetik, pasta gigi hingga plastik. Dan kemudian menghasilkan berbagai macam produk kebutuhan sehari-hari.

BACA JUGA :  Biografi Rothschild, Profil Keluarga Yang Menguasai Perekonomian Dunia

Mendirikan Goldstar Co. Ltd

Biografi Koo In-Hwoi, Kisah Pengusaha Korea Pendiri Perusahaan LG

Setelah sukses dibidang industri kimia, Lucky milik Koo In-Hwoi ini selanjutnya mendirikan perusahaan Goldstar Co. Ltd di tahun 1958. Perusahaan ini berfokus di bidang elektronik. Goldstar inilah yang kemudian menjadi cikal bakal dari perusahaan LG Electronics Inc.

Goldstar inilah yang kemuudian memproduksi radio pertama di Korea. Mereka juga membuat kipas angin listrik, telepon, kulkas, televisi hitam-putih, AC dan mesin cuci di 10 tahun pertama sejak perusahaan berdiri.

Semua produk elektronik yang diproduksi diberi merk Goldstar. Sementara untuk kebutuhan rumah tangga Korea diproduksi oleh Lucky. Dimana kedua perusahaan ini dimiliki oleh Koo In-Hwoi.

Kedua perusahaan milik Koo tersebut tumbuh dengan pesat. Koo In-Hwoi memimpin kedua perusahaan ini hingga usia 62 tahun. Pada tanggal 31 Desember 1969, pendiri LG ini meninggal dunia di Seoul, Korea Selatan. Selain sebagai pendiri LG, ia juga menjabat sebagai Ketua Koran Internasional Busan dan Ketua Federasi Industri Korea.

Selanjutnya putra sulung dari Koo In-Hwoi yang bernama Koo Cha-kyoung mengambil alih kepemimpinan perusahaan Goldstar dan Lak Hui. Dibawah kepemimpinannya, kedua perusahaan ini mencapai pertumbuhan yang luar biasa. Pendapatatn perusahaan mencapai lebih dari 100 milyar won pada tahun 1978.

Sejarah LG

Di tahun 1983, Koo Cha-kyoung menggabungkan kedua perusahaan ini dengan nama Lucky-Goldstar. Selanjutnya setelah 25 tahun memimpin, Koo Cha-kyoung kemudian memberikan kursi kepemimpinan perusahaan kepada anaknya yakni Koo Bon-moo pada tahun 1995.

Dibawah kepemimpinan Koo Bon-moo, Lucky Goldstar kemudian akhirnya berganti nama menjadi LG seperti yang kita kenal sekarang. Adapun slogan perusahaan yakni ‘Life’s Good’.

Biografi Koo In-Hwoi, Kisah Pengusaha Korea Pendiri Perusahaan LG

LG dibawah kendali Koo Bon-moo menjadi grup perusahaan yang bergerak di berbagai sektor seperti Elektronik, bahan kimia, telekomunikasi, rekayasa, teknologi informasi dan pembangkitan listrik. Untuk sektor kimia bergerak dibawah kendali LG Chem Ltd.

BACA JUGA :  Biografi Michio Suzuki, Kisah Anak Petani Menjadi Pendiri Perusahaan Suzuki yang Sukses

Untuk sektor elektronik dikendalikan oleh LG Electronics Inc. Di tahun 2018, pendapatan perusahaan LG bahkan menembus angka 147,2 milyar dollar Amerika.

LG Group hingga saat ini tetap dikenal sebagai salah satu perusahaan manufaktur elektronik terkemuka di Korea dan di Dunia bersaing dengan perusahaan asal Korea lainnya yakni Samsung yang didirikan oleh Lee Byung Chul. Perusahaan ini memiliki 30 anak perusahaan yang tersebar diseluruh dunia.

Beri Rating Artikel Ini

Advertisement