Beranda Biografi Tokoh Dunia Biografi Lee Byung-Chull, Kisah Pendiri Perusahaan Samsung Berawal Dari Pedagang Sayuran

Biografi Lee Byung-Chull, Kisah Pendiri Perusahaan Samsung Berawal Dari Pedagang Sayuran

5
(1673)

Biografiku.com | Lee Byung-chull dikenal sebagai pendiri Samsung, sebuah perusahaan manufaktur elektronik dan raksasa teknologi terbesar di dunia asal Korea Selatan. Produk yang dihasilkan oleh samsung bermacam-macam mulai dari smartphone, televisi, dan perlatan rumah tangga.

Untuk Smartphone sendiri, Samsung terkenal sebagai produsen smartphone nomor satu di dunia dan yang terbesar. Selain inovasi, Perusahan Samsung sendiri dikenal dengan teknologi serta kualitas produknya yang baik. Namun pada awalnya Samsung berdiri sebagai perusahaan penjual sayur mayur. Bagaimana kisahnya?

Biografi Lee Byung-Chull, Kisah Pendiri Perusahaan Samsung Berawal Dari Pedagang Sayuran

Biografi Lee Byung-Chull

Lee Byung-chull sebagai pendiri Samsung ini lahir 12 Februari 1910. Ia adalah putra dari keluarga kaya pemilik tanah dan sempat mengenyam pendidikan perkuliahan di Universitas Wesda Tokyo meskipun tidak sampai lulus.

Lee Byung-chull menggunakan warisannya untuk membuka penggilingan padi untuk usaha yang pertama. Usaha itu tidak berjalan dengan baik.

Biografi Lee Byung-Chull, Kisah Pendiri Perusahaan Samsung Berawal Dari Pedagang Sayuran

Berdirinya Perusahaan Samsung

Samsung pada awal berdirinya pertama kali bukanlah berfokus pada elektonik seperti saat ini. Sejarah Samsung dimulai pada tahun 1938. Saat itu pendiri Samsung yakni Lee Byung-chull mendirikan Samsung Sanghoe sebuah perusahaan yang bergerak di perdagangan ekspor sayur mayur.

Perusahaan tersebut menjual ikan kering, sayuran, dan buah-buahan ke China ditengah penjajahan kekaisaran Jepang. Pada awal berdirinya, Samsung memiliki empat orang karyawan.

Perusahaan yang kini dikenal dengan nama Samsung ini sedikit demi sedikit berkembang pesat. Selanjutnya Lee Byung-chull kemudian memindahkan kantor pusat Samsung ke Seoul pada tahun 1947.

Biografi Lee Byung-Chull, Kisah Pendiri Perusahaan Samsung Berawal Dari Pedagang Sayuran

Dalam biografi Lee Byung-chull diketahui bahwa ketika pecahnya Perang Korea, memaksa pendiri Samsung ini meninggalkan Seoul. Ia kemudian pindah ke Busan dan disana ia memulai usaha pabrik gula dengan nama Cheil Jedang.

BACA JUGA :  Biografi Elon Musk, Kisah Pendiri Tesla Motors Berniat Membawa Manusia ke Mars

Pabrik tersebut menjadi pabrik gula pertama yang berdiri Korea Selatan. Setelah perang Korea usai pada tahun 1954, Ia selanjutnya mendirikan pabrik wol bernama Cheil Mojik. Pabrik perusahaan ini dibangun di Daegu, Korea Selatan.

Samsung Perusahaan Elektronik Terbesar di Korea

Cheil Mojik yang didirikan oleh Lee Byung Chull menjadi pabrik wol terbesar di Korea Selatan dan menjadi perusahaan besar. Sukses dibisnis tekstil, Lee Byung-chull kemudian melebarkan usahanya ke industri lain.

Dari tahun 1958 dan seterusnya, Samsung mulai ekspansi ke industri lain seperti keuangan, media, bahan kimia dan pembuatan kapal sepanjang tahun 1970-an.

Baru pada akhir tahun 60an, Samsung Group mulai masuk kedalam industri elektronik. Agar perusahaan bisa berkembang dengan pesat perusahaan membagi tugas kerja dalam bentuk divisi-divisi elektronik.

Biografi Lee Byung-Chull, Kisah Pendiri Perusahaan Samsung Berawal Dari Pedagang Sayuran

Misalnya Samsung Electronics Co Devices, Samsung Electro-Mekanika Co, Samsung Corning Co, dan Samsung Semiconductor & Telecommunications Co, dan membuat fasilitas di Suwon. Produk pertamanya adalah televisi hitam-putih.

Pada tahun 1980, perusahaan yang diakuisisi Hanguk tongsin jeonja di Gumi, mulai membuat perangkat telekomunikasi. produk awal nya adalah switchboards.

Berawal dari produk tersebut samsung mulai memproduksi telepon dan faks dan akhirnya menjadi Samsung’s mobile phone manufacturing. Dari pabrik tersebut Samsung telah menghasilkan lebih dari 0,8 miliar ponsel sampai hari ini.

Menjadi Perusahaan Manufaktur Raksasa

Pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, Samsung Electronics yang didirikan oleh Lee Byung-chull ini berinvestasi dalam penelitian dan pembangunan. Investasi sangat penting untuk mendorong perusahaan ke garis depan dalam industri elektronik global.

Pada tahun 1980-an Samsung adalah perusahan manufaktur, distributor, dan menjual berbagai macam peralatan dan produk elektronik di seluruh dunia. Pada tahun 1982, ia membangun sebuah pabrik perakitan televisi di Portugal.

BACA JUGA :  Biografi Rothschild, Profil Keluarga Yang Menguasai Perekonomian Dunia

Pada tahun 1984, ia membangun sebuah pabrik senilai $ 25 juta di New York. Dan pada tahun 1987, samsung membangun fasilitas lain senilai $ 25 juta di Inggris.

Biografi Lee Byung-Chull, Kisah Pendiri Perusahaan Samsung Berawal Dari Pedagang Sayuran

Samsung Electronics memproduksi apa yang paling dikenal dari Samsung saat ini yaitu Televisi, Mobile Phones (sepanjang 90-an), Radio, komponen Komputer dan perangkat elektronik lainnya.

Dalam biografi Lee Byung-Chull diketahui bahwa Ia meninggal pada tahun 1987. Sepeninggal pendiri Samsung ini, Kun-Hee Lee mengambil alih sebagai ketua perusahaan Samsung.

Dibawah kepemimpinan Ku Hee Lee, Ekspansi Samsung diperluas ke seluruh dunia. Pada tahun 1990-an Samsung mulai membangun pabrik memperluas secara global di Amerika Serikat, Britania Raya, Jerman, Thailand, Meksiko, Spanyol dan Cina sampai 1997.

Pada tahun 1997 hampir semua bisnis di Korea mengalami krisi besar dan tidak terkecuali Samsung. Mereka menjual beberapa unit bisnisnya untuk meringankan utang dan merumahkan karyawan menjadi 50.000 karyawan. Namun berkat industri elektronik mereka berhasil untuk bertahan dan terus berkembang hingga saat ini.

Samsung, Raksasa Elektronik di Dunia

Kini Samsung saat ini dikenal sebagai produsen handphone Android terbesar di dunia. Bahkan popularitas handphone Samsung pun mengalahkan Apple iPhone buatan Steve Jobs.

Namun, perjalanan Samsung untuk menjadi produsen smartphone terbesar di dunia cukup lama. Awal kesuksesan Samsung di dunia smartphone dimulai pada bulan 27 April 2009.

Biografi Lee Byung Chull Sejarah Samsung

Saat itu, Samsung meluncurkan handphone Android pertamanya, yakni Samsung i7500. Handphone ini menawarkan layar sentuh AMOLED berukuran 3.2 inci. OS yang digunakan pada handphone ini adalah OS Android Cupcake 1.5.

Selanjutnya, keberhasilan Samsung dalam platform Android dimulai dengan peluncuran Samsung Galaxy S. Handphone ini diluncurkan oleh Samsung pada Maret 2010. Dan, tingkat penjualan handphone inipun cukup tinggi.

BACA JUGA :  Biografi Andrew Darwis - Pendiri Kaskus

Pada Januari 2011, Samsung berhasil menjual handphone ini sebanyak 10 juta unit. Keberhasilan tersebut pun merembet pada suksesor dari Galaxy S. Di antaranya adalah Samsung Galaxy S II dan Samsung Galaxy S III. Tak hanya itu, beberapa handphone Galaxy lainnya pun memperoleh sambutan tinggi di pasaran.

Samrtphone Seri Galaxy menjadi ‘ujung tombak’ dalam bisnis smartphone yang dilakukan oleh Samsung. Lini bisnis smartphone menjadi salah satu pendapatan terbesar dari Samsung Grup.

Dan sampai sekarang samsung terus menerus melakukan inovasi dengan meluncurkan produk-produk teknologi terbarunya terutama smartphone. Hingga saat ini samsung terkenal sebagai produsen smartphone nomor satu di dunia mengalahkan Apple dan Xiaomi yang berada dibelakangnya.

Selain Smartphone yang menjadi andalan bisnis samsung, perusahaan Lee Byung-chull ini juga banyak memproduksi berbagai produk elektronik lain seperti televisi dan berbagai peralatan elektronik rumah tangga. Produknya sendiri dikenal sangat berkualitas. Selain itu juga produk samsung dikenal dengan teknologi yang baik.

Beri Rating Artikel Ini

Advertisement