Beranda Biografi Pengusaha Sukses Biografi Sergey Brin, Kisah Pendiri Google Mendirikan Perusahaannya Dari Sebuah Garasi

Biografi Sergey Brin, Kisah Pendiri Google Mendirikan Perusahaannya Dari Sebuah Garasi

5
(1726)

Biografiku.com | Sergey Brin dikenal sebagai Pendiri atau penemu dari Google bersama dengan Larry Page. Google ciptaan Sergey Brin dan Larry Page ini menjadi mesin pencari Internet yang paling banyak digunakan serta menjadi salah satu perusahaan teknologi paling inovatif yang pernah dibuat di dunia. Sergen Brin menciptakan google saat terlibat perdebatan mengenai bagaimana teknik perangkingan suatu website di internet dengan Larry Page. Bagaimana kisahnya?

Biografi Sergey Brin, Kisah Pendiri Google

Biografi Sergey Brin

Sergey Brin lahir di Moskow, Rusia pada tanggal 21 Agustus 1973. Ia lahir dari orang tua keturunan Yahudi bernama Michael Brin dan Eugenia Brin. Ayahnya merupakan profesor matematika dan ibunya merupakan peneliti di NASA. Saat berusia enam tahun, Keluarganya bermigrasi ke Amerika saat orang Yahudi sangat sulit hidup di Moskow.

Orang tuanya menyekolahkan Brin di Paint Branch Montessori School di Maryland. Ayahnya juga mendidik Brinbelajar matematika di rumah.

Setelah menyelesaikan sekolah menengahnya, Sergey Brin kemudian melanjutkan studinya di Universitas Maryland. Ia fokus dalam bidang matematika dan ilmu komputer. Tahun 1993, Ia menyelesaikan kuliahnya dan menenrima gelar Bachelor of Science.

Setelah itu, ia melanjutkan studi setelah menerima beasiswa beasiswa pascasarjana dari National Science Foundation. Ia mengambil bidang ilmu komputer di Universitas Stanford.

Bertemu Larry Page

Sergey Brin dan Larry Page bertemu dan berkenalan dalam sebuah proyek penelitian untuk tesis mereka. Sergey Brin yang kala itu merupakan mahasiswa pascasarjana menemani Larry Page yang saat itu merupakan mahasiswa doktoral Universitas Stanford.

Sambil jalan, mereka berdiskusi mengenai konsep dari mesin pencarian. Larry Page tertarik mengeksplorasi sifat matematika dari World Wide Web dalam disertasinya. Konsep ini juga yang juga dianggap menarik oleh Brin.

Biografi larry Page Pendiri Google

Sergey Brin dan Larry Page menemukan bahwa mereka memiliki ketertarikan yang sama bagaimana mencari dan menemukan informasi yang relevan dari sekumpulan data yang besar. Keduanya kemudian menulis makalah berjudul ‘The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine‘.

BACA JUGA :  Biografi Elon Musk, Kisah Pendiri Tesla Motors Berniat Membawa Manusia ke Mars

Makalah ini menjadi salah satu makalah yang paling banyak diakses dan dibaca di Stanford University. Ini juga dianggap sebagai bibit awal bagi karir mereka dalam dunia teknologi.

Menciptakan BackRub dan Algoritma PageRank

Mereka kemudian mulai bekerja sama dalam proyek penelitian yang disebut ‘BackRub.’ Awalnya, mesin perayap web digunakan untuk menjelajahi web situs Stanford.

Mereka berdua kemudian menciptakan algoritma PageRank yang merangking halaman website. Hal ini berdasarkan menganalisis dari BackRub saat menggunakan algoritma tersebut. Mereka kemudian menyadari bahwa mesin pencari berdasarkan algoritma PageRank akan menghasilkan hasil pencarian yang lebih baik daripada teknik yang ada saat itu.

Mendirikan Google

Mereka terus menyempurnakan proyek penelitian mereka di komputer universitas. Proyek mereka berdua dijalankan di komputer Stanford selama berbulan-bulan. Awalnya, proyek ini menggunakan situs universitas dengan nama domain google.stanford.edu.

Nama Google merupakan plesetan dari kata ‘Gogool’ yang merupakan bilangan terbesar. Tahun 1997, Sergey Brin dan Larry Page resmi mendaftarkan domain google.com. Perusahaan Google kemudian resmi berdiri pada tanggal 4 September 1998 di garasi seorang teman di Menlo Park, California.

Biografi Sergey Brin, Kisah Pendiri Google Mendirikan Perusahaannya Dari Sebuah Garasi

Saat itu, Andy Bechtolsheim pendiri Sun Microsystems menanamkan modalnya sebesar 100 ribu dollar melalui cek ke Google. Pada tahun 1999, perusahaan Google mulai beroperasi dengan delapan karyawan.

Larry Page dan Sergey Brin bertindak sebagai founder dan co founder. Mereka kemudian memindahkan kantor Google ke Palo Alto di California. Kompleks kantor tersebut kemudian dikenal dengan nama ‘Googleplex.’

Selama beberapa tahun berikutnya, dibawah kendali Sergey Brin dan Larry Page, Google sukses meluncurkan banyak fitur baru. Mereka juga terus menyempurnakan mesin pencari Google agar bisa bersaing dengan Yahoo kala itu.

BACA JUGA :  Biografi Werner Heisenberg, Ahli Sub Atom dan Teori Prinsip Ketidakpastian

Dengan perkembangan yang pesat sebagai sebuah perusahaan teknologi, Google berhasil mengakuisisi beberapa perusahaan internet lain. Mereka juga menjalin kemitraan dengan perusahaan lain untuk menjadi salah satu perusahaan internet dengan pertumbuhan paling cepat di dunia.

Google menjadi sebuah pencapaian terbesar dalam hidup Sergey Brin bersama Larry Page. Perusahaan yang ia dirikan dari sebuah garasi pada tahun 1998 telah tumbuh pesat dan mencapai kesuksesan yang luar biasa dalam waktu yang singkat. Sergey Brin dan Larry Page telah merevolusi bagaimana cara dunia mencari informasi di Internet.

Biografi Sergey Brin, Kisah Pendiri Google Mendirikan Perusahaannya Dari Sebuah Garasi

Perusahaan Google ciptaan Sergey Brin dan Larry Page terus berkembang pesat menjadi perusahaan teknologi terbaik di dunia. Mesin pencarian Google menjadi mesin pencari nomor satu di dunia yang paling banyak digunakan.

Selain itu, perusahaan Sergey Brin dan Larry Page ini terus berinovasi mengembangkan teknologi bukan hanya pada mesin pencari saja tetapi pada semua produk internet. Misalnya dengan mengakuisisi Youtube. Pendapatan google lebih banyak disumbangkan dari iklan.

Kekayaan Sergey Brin

Pada tahun 2015, Sergey Brin dan Larry Page mendirikan Alphabet. Inc. Perusahaan ini menjadi induk dari berbagai perusahaan seperti Google dan anak perusahaan lainnya. Valuasi Alphabet sendiri tahun 2021 diperkirakan mencapai sekitar 2 triliun dollar atau 29.684 triliun rupiah.

Adapun kekayaan Sergey Brin sebagai pendiri Google mencapai 1.447 triliun rupiah pada juni 2022 berdasarkan data Forbes. Dengan kekayaannya tersebut, membuat Sergey Brin bersama Larry Page masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia.

Pada bulan Mei 2007, Brin menikahi Anne Wojcicki di Kepulauan Bahama. Wojcicki adalah wanita yang bekerja sebagai analis bioteknologi lulusan Yale University. Ia juga pendiri 23andMe. Namun keduanya bercerai pada tahun 2015.

BACA JUGA :  Biografi George Washington, Tokoh Penting Dalam Kemerdekaan Amerika

Sergey Brin mendonasikan banyak uangnya ke University of Maryland School of Medicine, tempat di mana ibunya saat menderita penyakit Parkinson. Sergey Brin dan mantan istrinya memiliki Yayasan Brin Wojcicki. Yayasan mendonasikan dana mereka ke berbagai kegiatan sosial.

Biografi Sergey Brin, Kisah Pendiri Google Mendirikan Perusahaannya Dari Sebuah Garasi

Bersama dengan rekannya Larry Page, Sergey Brin dinobatkan sebagai salah satu dari 100 inovator teratas di dunia di bawah usia 35 tahun oleh MIT Technology Review TR100. Pendiri Google ini juga menerima gelar kehormatan MBA dari IE Business School.

Ia jugga menerima penghargaan dari Yayasan Marconi yakni “Penghargaan Tertinggi di bidang Teknik” bersama Larry Page pada tahun 2004.

Beri Rating Artikel Ini

Advertisement