Beranda Biografi Tokoh Dunia Biografi Larry Page, Kisah Pendiri Google Mesin Pencari Segala Informasi di Internet

Biografi Larry Page, Kisah Pendiri Google Mesin Pencari Segala Informasi di Internet

5
(1820)

Biografiku.com | Larry Page merupakan pendiri atau penemu Google, mesin pencari informasi paling terkenal di Internet. Larry Page bersama Sergey Brin yang dikenal sebagai pendiri Google ini merupakan orang yang bertanggung jawab dan berperan bagaimana semua informasi yang ada di dunia bisa tersedia dengan cepat.

Biografi Larry Page, Kisah Pendiri Google Mesin Pencari Segala Informasi di Internet

Saat ini Google Inc yang didirikan oleh raksasa mesin pencari yang menawarkan berbagai produk dan layanan internet. Google dimulai sebagai perusahaan pencarian online dan secara bertahap memperluas operasinya ke area terkait internet lainnya.

Biografi Larry Page

Larry Page lahir di Michigan, Amerika Serikat pada tanggal 26 Maret 1973. Ayahnya bernama Carl Page, sementara ibunya bernama Gloria Page. Kedua orang tuanya adalah profesor ilmu komputer. Masa kecil pendiri Google ini penuh dengan komputer dan majalah sains.

Ini kemuudian meningkatkan ketertarikannya pada teknologi komputer sejak dini. Selain itu, ia juga tertarik pada bisnis dan inovasi teknologi. Pendiri Google ini lulus dari East Lansing High School pada tahun 1991. Ia kemudian melanjutkan kuliahnya dibidang rekayasa komputer dari University of Michigan.

Bertemu Dengan Sergey Brin

Setelah lulus, Ia kemudian mengambil gelar Master of Science dalam bidang ilmu komputer Universitas Stanford. Setelah lulus dari Stanford, Larry Page kemudian melanjutkan gelar PhD (Doctor of Philosophy) di Stanford University.

Biografi larry Page Pendiri Google

Disertasi membahas ide bagaimana menghubungkan halaman web seperti tautan atau kutipan ke dalam sebuah referensi atau database pencarian. Larry kemudian bertemu dengan rekannya yang bernama Sergey Brin saat mengerjakan proyek penelitian pada tahun 1995.

BACA JUGA :  Biografi Lei Jun, Kisah Pendiri Xiaomi Sang 'Steve Jobs' Dari China

Topik diskusi mereka yakni bagaimana sebuah mesin di internet mengambil informasi dari kumpulan data besar. Larry Page dan Sergey Brin kemudian menulis makalah mereka yang berjudul ‘The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine‘. Sejak itu, tulisan mereka menjadi salah makalah dari sepuluh makalah ilmiah yang paling banyak diakses di Stanford University.

Membuat Backrub

Pada tahun 1996, Mereka berdua membangun prototipe mesin pencari Google yang pada awalnya bernama ‘BackRub‘. Server mesin pencari itu dioperasikan menggunakan server Stanford.

Mereka membangun mesin perayap yang merangking data backlink sebuah situs web dan menampilkannya ke dalam sebuah pencarian. Dari sini kemudian Larry Page dan Sergey Brin membangun algoritma PageRank yang merangking sebuah website dalam dalam pencarian.

Mendirikan Google

Google versi pertama kemudian diluncurkan pada tahun 1996 dan dipasang di situs website Universitas Stanford. Setelah menyadari bahwa proyek yang mereka kerjakan ini sangat penting di Internet, Larry Page dan Sergey Brin kemudian mendirikan perusahaan untuk proyek ini.

Salah satu pendiri Sun Microsystems yakni Andy Bechtolsheim kemudian menjadi investor Google. Ia menulis cek sebesar 100.000 dollar namun saat itu nama Google belum ada atau resmi berdiri.

Biografi Larry Page, Kisah Pendiri Google Mesin Pencari Segala Informasi di Internet

Google kemudian resmi berdiri pada tahun 1998. Larry Page dan Sergey Brin menjadi founder dan co founder atau pendiri dari Google. Pada awalnya mereka menamai mesin pencarian mereka dengan nana ‘Googol‘. Istilah artinya angka satu diikuti oleh seratus nol, yang artinya mewakili sejumlah besar data yang ingin dijelajahi oleh mesin pencari.

Tujuan Larry Page dan Sergey Brin dalam mendirikan Google ini adalah untuk mengatur informasi yang ada di dunia dan membuatnya dapat diakses dan berguna secara universal. Perusahaan itu mereka dirikan di garasi di rumah Larry Page.

BACA JUGA :  Biografi Maximilian Bittner, Simak kisah Pendiri Lazada dan Sejarah Berdirinya

Google Hampir Dijual ke Yahoo

Tahun 1998, pendiri Google ini berniat untuk menjual algoritma PageRank temuan mereka ke Yahoo senilai 1 juta dollar. Namun Yahoo yang saat itu tidak tertarik dengan algoritma tersebut. Akhirnya Larry Page dan Sergey Brin memilih meneruskan proyek mereka.

Google kemudian memperluas cabangnya di California pada tahun 1999. Tahun 2021, Eric Schmidt kemudian ditunjuk sebagai CEO Google. Larry Page dan Sergey Brin menjadi CEO Produk dan Teknologi. Pada tahun 2001, Google tumbuh dengan cepat dan menghasilkan keuntungan besar.

Melihat pertumbuhan Google yang cepat, Yahoo kemudian mencoba menawar kembali Google. Mereka menawarkan 3 miliar dolar AS kepada Page dan Brin, namun mereka berdua menolak tawaran tersebut. Yahoo kembali menaikkan tawarannya ke 5 miliar dolar AS namun tetap ditolak.

Google tetap pada bisnisnya dengan mengembangkan teknologi mesin pencari yang cepat dan efisien. Mereka dengan cepat menyaingi yahoo dan altavista yang saat itu sebagai mesin pencari yang populer.

Google Membeli Youtube

Pada tahun 2004, Google meluncurkan Orkut sebuah situs jejaring sosial. Tahun itu juga mereka memperkenalkan pencarian melalui Google Desktop. Dan disaat yang sama, Google mengumumkan melantai di bursa saham Amerika. Larry Page dan Sergey Brin kemudian menjadi milyarder baru.

Tahun 2005 menjadi salah satu tahun terbaik bagi Google dalam perkembangannya. Mereka meluncurkan fitur Google Maps, Blogger Mobile, Google Reader, dan iGoogle. Tahun berikutnya, Google mengumumkan membeli situs berbagi video Youtube dan memperkenalkan fitur obrolan di Gmail.

Mesin Pencari Nomor Satu di Dunia

Pada tahun 2008, Google meluncurkan fitur Google Sites dan versi baru dari Google Earth. Hanya beberapa tahun saja, Google menjadi mesin pencari paling populer dan nomor satu di dunia. Ia menggeser Yahoo dan mesin pencari lainnya.

Biografi Larry Page, Kisah Pendiri Google Mesin Pencari Segala Informasi di Internet

Pada bulan Januari 2011, Larry Page diangkat menjadi CEO Google, sementara Eric Schmidt menjadi Ketua Eksekutif Google Inc. Google buatan Larry Page dan Sergey Brin terus berkembang dan berinovasi menghadirkan produk teknologi terbaik dalam berinternet.

BACA JUGA :  Biografi JJ. Rousseau - Filsuf Kenamaan Perancis

Kini Google terus masuk dalam 10 besar perusahaan paling berharga di dunia. Pada tahun 2022, Valuasi Google mencapai 3.906 triliun rupiah. Pada tahun 2015, Larry Page sebagai CEO Google diganti oleh Sundar Pichai. Larry Page kemudian memimpin perusahaan Alphabet, induk Google dan perusahaan lain yang bernaung di bawahnya.

Biografi Larry Page, Kisah Pendiri Google Mesin Pencari Segala Informasi di Internet

Kekayaan Larry Page

Sukses sebagai pendiri Google, Larry Page diketahui memiliki kekayaan sebesar 1.503 triliun rupiah menurut data dari Forbes 2022. Sebagian besar berasal dari sahamnya di Google. Dengan Kekayaan tersebut, Larry Page menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Karena inovasinya, Larry Page dan Sergey Brin masuk dalam MIT Technology Review TR100 sebagai salah satu dari 100 inovator teratas di dunia dibawah usuia 35 tahun.

Mereka juga menerima penghargaan dari Forum Ekonomi Dunia sebagai Pemimpin Global untuk Masa Depan pada tahun 2002. Selain itu mereka juga Penghargaan Yayasan Marconi tahun 2004 atas kontribusi signifikan dalam sains dan teknologi.

Larry Page menikah dengan Lucinda Southworth yang berprofesi sebagai ilmuwan pada tahun 2007 dan memiliki satu anak. Dan faktanya, Larry Page tidak pernah menyelesaikan gelar PhD dari Universitas Stanford. Ia memilih Drop Out dari kampusnya karena mengembangkan bisnisnya yakni Google.

Beri Rating Artikel Ini

Advertisement