Beranda Pendiri Perusahaan Biografi Ferdinand Porsche, Kisah Insiyur Otomotif Terbaik Pendiri Porsche dan Penemu Mobil...

Biografi Ferdinand Porsche, Kisah Insiyur Otomotif Terbaik Pendiri Porsche dan Penemu Mobil Listrik

5
(1672)

Biografiku.com | Ferdinand Porsche merupakan pendiri perusahaan produsen mobil Porsche. Ia juga diketahui menjadi penemu mobil listrik saat bekerja di Lohner dan perintis perusahaan otomotif Volkswagen.

Ferdinand Porsche merupakan salah satu insinyur otomotif terbaik yang pernah ada. Pemikiran dan inovasinya menjadi sebuah terobosan baru dalam perkembangan dunia otomotif.

Biografi Ferdinand Porsche, Kisah Insiyur Otomotif Terbaik Pendiri Porsche dan Penemu Mobil Listrik

Biografi Ferdinand Porsche

Ferdinand Porsche dilahirkan pada tanggal 3 September 1875 di Austria-Hongaria yang kini bernama Republik Ceko. Porsche merupakan anak ketiga dari Anton Porsche dan Anna. Ayahnya memiliki bengkel pipa ledeng.

Meskipun begitu, Ferdinand Porsche tidak tertarik dalam melanjutkan bisnis keluarganya tersebut. Sejak dikecil, pendiri Porsche ini memiliki bakat dibidang kelistrikan. Pada usia 13 tahun, Ferdinand memasang bel pintu listrik di rumah orang tuanya.

Tak lupa ia juga menambahkan penerangan listrik di rumahnya ketika dia baru berusia 16 tahun. Rumahnya menjadi yang pertama di Maffersdorf yang memiliki listrik. Ia sempat menyelesaikan magang sebagai tukang ledeng. Walaupun begitu minatnya pada ilmu kelistrikan semakin meningkat.

Ferdinand Porsche kemudian bersekolah di Imperial Technical School di Reichenberg. Setelah itu ia melanjutkan pendidikannya di Universitas Teknik di Wina.

Penemu Mobil listrik

Setelah menyelesaikan pendidikannya, Ferdinand Porsche kemudian bekerja untuk Lohner pada tahun 1898. Pada usia 23 tahun, Ia mendesain mobil bertenaga listrik pertama yang dinamakan Lohner-Porsche. Dan pada tahun 1900, mobil itu dipamerkan di L’Exposition Universelle De Paris sebuah pameran mobil paling bergengsi saat itu.

Biografi Ferdinand Porsche, Kisah Insiyur Otomotif Terbaik Pendiri Porsche dan Penemu Mobil Listrik

Ferdinand Porsche kemudian merancang prototipe mobil baru. Sebuah mobil roda empat yang memiliki motor penggerak listrik di setiap rodanya. Setelah delapan tahun bekerja di Lohner, Ia kemudian pindah menjadi direktur teknis di Austro-Daimler di Wiener Neustadt pada tahun 1906.

BACA JUGA :  Biografi William Harley, Kisah Pendiri Harley Davidson Motor Tangguh Asal Amerika

Saat itu usianya masih 31 tahun. Namun ia sudah diserahi tanggung jawab dengan merancang berbagai model mobil di salah satu perusahaan otomotif terbesar di Eropa. Tahun 1910, Pendiri Porsche ini memenangkan “Prinz-Heinrich-Fahrt”. Penghargaan itu ia dapat setelah mengendarai mobil Austro-Daimler yang ia rancang sendiri.

Merancang Mesin Pesawat

Pada tahun 1911 sebelum perang dunia, Ferdinand Porsche bukan hanya merancang mesin mobil saja. Ia juga merancang mesin pesawat terbang. Beberapa ahli menganggap mesin pesawat bertenaga 120 tenaga kuda buatan Porsche di Austro-Daimler sebagai mesin paling andal di dunia. 

Sekitar tahun 1912, Pada perang dunia I, Porsche merancang Landwehrzug atau “C-Trains” sebuah kereta yang mampu menarik traktor pelontar mortir ukuran 305mm. Kereta yang dirancangnya mampu berjalan baik di rel kereta maupun di jalan raya. Dan tenaga penggeraknya menggunakan bensin yang mampu menghasilkan arus listrik sebagai penggeraknya.

Mendirikan Porsche

Selanjutnya, Ia kemudian dipromosikan sebagai manajer umum di Austro-Daimler tahun 1917. Pada tahun 1930, Pendiri Porsche ini membuka kantor teknik sendiri di Stuttgart, Jerman. Di usia 55 tahun pada tanggal 25 April 1931, Ferdinand Porsche mendaftarkan perusahaan otomotifnya dengan nama Porsche.

Biografi Ferdinand Porsche, Kisah Insiyur Otomotif Terbaik Pendiri Porsche dan Penemu Mobil Listrik

Salah Satu Pendiri Volkswagen

Sebelum perang dunia II meletus, Adolf hitler memerintahkan ia mendesain “mobil Rakyat” pertama tahun 1934. Bersama dengan putranya yang juga bernama Ferdinand, Porsche merancang mobil prototipe Volkswagen asli. Mobil ini dikenal dengan nama “Kraft durch Freude” pada tahun 1936. Ia juga merancang model awal dari VW Beetle milik volkswagen.

Perancang Kendaraan Perang

Selama masa Perang Dunia II, Porsche juga merancang kendaraan militer milik Nazi Jerman. Salah satunya desainnya yang terkenal adalah kendaraan Tank Tiger milik Nazi yang paling terkenal tangguh.

Biografi Ferdinand Porsche, Kisah Insiyur Otomotif Terbaik Pendiri Porsche dan Penemu Mobil Listrik

Pada akhir perang dunia II, Prancis menuduh Porsche yang usianya sudah tua melakukan kejahatan perang. Hal ini karena kontribusinya saat membantu pasukan Nazi Jerman dalam mendesain kendaraan perang. Akibatnya, ia kemudian dipenjara selama lebih dari setahun.

BACA JUGA :  Biografi Ahmad Sahroni, Dari Tukang Cuci Menjadi Crazy Rich Tanjung Priok

Anaknya yang bernama Ferry berjuang keras mempertahankan perusahaan Porsche yang sudah dibangun oleh ayahnya. Dia membangun mobil balap Porsche untuk Grand Prix. Mobil itu kemudian dinamakan Type 360 ​​Cisitalia. Mobil tersebut kemudian dijual kepada pengusaha Italia yang kaya.

Membuat Porsche 365

Uang hasil penjualan mobil tersebut kemudian digunakan untuk membayar jaminan ayahnya di penjara. Saat Porsche dibebaskan dari penjara, dia menyetujui proyek lain yang telah dilakukan anaknya. Yakni membangun sebuah mobil sport baru yang pertama kali menyandang nama Porsche.

Mobil ini kemudian dijuluki Porsche tipe 356. Mobil ini mengikuti desain mobil sport seperti Cisitalia. Mesinnya ditempatkan di tengah sasis mobil. Dan komponennya sedikit berasal dari Volkswagen yang dimodifikasi.

Biografi Ferdinand Porsche, Kisah Insiyur Otomotif Terbaik Pendiri Porsche dan Penemu Mobil Listrik

Tipe Porsche 356 ini diproduksi pada tahun 1947 hingga 1948. Prototipenya dibangun dengan bahan aluminium dan seluruhnya dirakit dengan dengan tangan serta selesai pada tanggal 8 Juni 1948. Selanjutnya Jerman kemudian menyewa Porsche guna pengembangan lebih lanjut dari Volkswagen.

Dengan dana yang didapatkan dari Jerman, Porsche kemudian membuka kantor baru di Stuttgart. Adapun rencana produksinya yakni 500 mobil per tahun. Dan selama dua dekade, Porsche akan membuat lebih dari 78.000 kendaraan.

Ferdinand Porsche Meninggal Dunia

Ferdinand Porsche berkunjung ke pabrik Volkswagen Wolfsburg untuk pertama kalinya pada November 1950. Dalam kunjungannya itu ia bersama dengagn presiden Volkswagen Heinrich Nordhoff membahas masa depan mobil VW Beetle milik Volkswagen.

Dan Beberapa minggu kemudian, Pendiri Porsche ini menderita stroke. Hanya beberapa bulan menderita Stroke, Ferdinan Porsche yang dikenal sebagai insinyur terbaik ini meninggal pada Januari 1951.

Atas partisipasi dan sumbangsih Ferdinand Porsche dalam dunia otomotif, Dunia kemudian memasukkan namanya dalam Hall of Fame Otomotif. Ia juga dinobatkan sebagai Insinyur Mobil Abad Ini pada tahun 1999 oleh Global Automotive Elections Foundation. Bahkan sampai hari ini, Ferdinand Porsche dianggap sebagai salah satu insinyur teknik terbesar khususnya dalam sejarah otomotif dunia.

BACA JUGA :  Biografi Rusdi Kirana, Dari Calo Tiket Hingga Menjadi Pendiri Lion Air

Perusahaan Porsche Saat Ini

Porsche saat ini tetap menjadi perusahaan otomotif yang terus memproduksi mobil. Selain memproduksi mobil, perusahaan juga membuat suku cadang mobil. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1931 ini tetap berkantor pusat di Stuttgart, Jerman.

Biografi Ferdinand Porsche, Kisah Insiyur Otomotif Terbaik Pendiri Porsche dan Penemu Mobil Listrik

Namun kini perusahaan yang didirikan oleh Ferdinand Porsche ini berfokus pada pembuatan mobil sport, supercar dan SUV mewah. Saat ini Porsche dimiliki oleh grup Volkswagen. Perlu diketahui bahwa Porsche dan Volkswagen bergabung pada 2011.

Porsche ditetapkan sebagai anak perusahaan dari Volkswagen AG. Faktanya grup Volkswagen juga pemili dari Audi, Bugatti, dan Lamborghini. Namun, Porsche juga memiliki saham mayoritas di Volkswagen AG.

Beri Rating Artikel Ini

Advertisement