Beranda Penceramah Biografi Ustadz Riza Basalamah, Penceramah Kondang Lulusan Universitas Madinah

Biografi Ustadz Riza Basalamah, Penceramah Kondang Lulusan Universitas Madinah

4414
4.7
(105)

Biografiku.com | Profil dan biografi singkat Ustadz Syafiq Riza Basalamah. Ia merupakan salah satu pendakwah yang banyak dikenal masyarakat Indonesia. Kajiannya  sering terlihat di media sosial baik youtube, facebook hingga instagram.

Syafiq Riza Hasan Basalamah

Bahkan ustadz satu ini, mudah berkenalan dengan siapa saja. Kecerdasannya dalam menjelaskan beberapa persolaan agama islam, membuat ustadz ini cukup fenomenal. Lalu seperti apa biografi Riza Basalamah? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Biodata Ustadz Riza Basalamah

Nama LengkapDr. Syafiq Riza Hasan Basalamah, M.A
DikenalUstadz Riza Basalamah
LahirJember, 1977
PendidikanUniversitas Islam Madinah

Biografi Ustadz Riza Basalamah

Ustadz Syafiq Riza Basalamah diketahui dilahirkan dengan nama lengkap Syafiq Riza Hasan Basalamah di Jember pada tahun 1977. Sejak kecil, ia sudah mengenyam pendidikan islam. Tak heran jika ceramahnya seringkali menarik perhatian masyarakat bahkan kalangan artis. Ustadz ahlusunnah waljamaah dengan paham salafi ini, merupakan alumni Pesantren Islam Al Irsyad Bondowoso.

Ia menyelesaikan pendidikan Madrasahnya di Pesantren Islam Al Irsyad tahun 1993 serta Madrasah Aliyah pada tahun 1996. Tamat dari pesantren, Raza Basalamah kemudian melanjutkan pendidikannya dengan mengambil studi D1 di

Ia menyelesaikan pendidikan Madrasahnya di Pesantren Islam Al Irsyad tahun 1993 serta Madrasah Aliyah pada tahun 1996. Tamat dari pesantren, Raza Basalamah kemudian melanjutkan pendidikannya dengan mengambil studi D1 di LIPIA Jakarta dan tamat tahun 1998.

Predikat Cumlade dari Sarjana Hingga Doktor

Dari sana, beliau kemudian melanjutkan memilih melanjutkan studinya di Arab Saudi tepatnya di Univesitas Islam Madinah. Disana, ia mendalami pendidikan Syu’batul Lughah (Program Bahasa) dan tamat tahun 1999. Setelah itu ia melanjutkan pendidikannya sarjananya di Fakultas Da’wah Dan Usuluddin, Universitas Islam Madinah.

Ia menyelesaikan pendidikan sarjananya dengan predikat cumlaude pada tahun 2003. Karena prestasinya, Riza Basalamah melanjutkan studinya kembali dengan mengambil program master di kampus yang sama. Ia tamat pada tahun 2007 dengan predikat cumlaude. Tak lama kemudian ia kembali mengambil pendidikan doktornya di kampus yang sama.

Beliau mengambi disertasi dengan judul “Juhuudu Al Muassasaat wal Hai’aat Al Islaamiyah Fii Indonesia At Tashoddi Li at Tanshiir”.  Dalam penelitiannya, beliau membahas tentang bagaimana usaha ormas islam dalam membendung kristenisasi di Indonesia.

Di hadapan pengujinya yaitu Prof. Dr. Ali bin Ibrahim An Namlah, Syaikh Dr. Fuad abduh al-Ba’daani, dan Prof. Dr. Ghozi Al-Mutthoiri, beliau berhasil mempertahankan disertasi dengan hasil yang memuaskan atau summa cumlaude.

Berdasarkan biografi Ustadz Syafiq Riza Basalamah, disertasi tersebut diadakan di aula Munaqasyah, Fakultas Dakwah dan Ushuluddin, Universitas Islam Madinah. Bahkan di akhir acara, pihak kampus ingin agar hasil karya beliau dicetak dalam bahasa Indonesia.

Menjadi Penceramah yang Terkenal

Tidak hanya meengenyam pendidikan di Universitas Islam Madinah saja, ustadz ini juga melanjutkan S2 di Universitas Muslim Indonesia, dan menyelesaikan pendidikan S3 di Universitas Tun Abdul Razzak Malaysia. Berbagai ceramahnya senantiasa tampil di beberapa media sosial.

Biografi Ustadz Syafiq Riza Basalamah

Beliau selalu menyampaikan kajiannya secara detail dan menyertakan dalil naqli maupun dalil aqli. Bahkan ustadz ini menjadi guru dari artis Uki, mantan personil NOAH. Perjalanan hijrah sang artis tersebut, lantaran mendengarkan ceramah ustadz Riza. Ia sempat galau dengan profesinya di bidang musik, sampai ia bermimpi bertemu dengan ustadz tersebut.

Hingga Uki akhirnya menemui ustadz Riza dan menyampaikan kegundahannya, perihal pekerjaannya saat ini. Ia bahkan rela pergi dari Bandung ke Jember hanya untuk menemui ustadz Riza. Melihat biografi Riza Basalamah, artis lain juga kerap terlihat berfoto dengan beliau.

Kegiatan Lain Selain Ceramah

Meskipun status ustadz yang memiliki penampilan khas dengan jenggot panjang dan penutup kepala khas Arab ini, sudah menjadi penceramah tetap di Rodja TV dan Radio Roja. Beliau juga memiliki aktivitas lainnya yaitu sebagai staff pengajar di STDI Imam Syafii, Jember. Tidak hanya itu, beliau ternyata juga menyukai dan sangat jago memanah.

Hubungan Dengan Ustadz Khalid Basalamah

Lantaran nama belakang yang sama yaitu Basalamah, Ustadz Syafiq Riza Basalamah dan Ustadz Khalid Basalamah seringkali dianggap sebagai saudara. Namun, ternyata keduanya bukanlah saudara kandung. Nama belakang yang sama dikarenakan karena kedua penceramah ini memiliki marga yang sama. Marga Basalamah merupakan salah satu marga yang ada dimiliki penduduk Hadramaut yang ada di Yaman.

Biografi Ustadz Syafiq Riza Basalamah

Penamaan marga tersebut berdasarkan kabilah, sejarah, tempat asal dan kebiasaan nenek moyang dari marga tersebut. Berdasarkan pengakuan dari Ustadz Riza, kakek buyut beliau memang berasal dari Hadramaut, Yaman dan datang ke Teluk Bayur sebelum tahun 1800 an dan menikah dengan wanita Minang.  Selanjutnya mereka pergi ke Jakarta dan ada beberapa dari keturunannya yang pindah ke Jawa Timur, sebagaimana biografi Riza Basalamah.

Ternyata ustadz Syafiq Riza Basalamah merupakan lulusan Universitas Islam Madinah yang menamatkan pendidikan dengan predikat summa cumlaude. Tak heran jika setiap kajian, ustadz ini menyampaikannya secara detail dan mendalam dan menyertakan dalil naqli dan Aqli. Selain sebagai penceramah tetap di salah satu stasiun TV, beliau juga memiliki kesibukan sebagai staf pengajar di STDI Imam Syafii Jember, Jawa Timur.

Beri Rating Artikel Ini