Beranda Biografi Tokoh Indonesia Biografi Helmy Yahya, Profil dan Biodata Lengkap

Biografi Helmy Yahya, Profil dan Biodata Lengkap

1530
4
(5)

Biografiku.com – Biografi Helmy Yahya. Ia sudah sangat berpengalaman dalam dunia Broadcasting. Berbagai acara kuis sudah banyak ia bawakan. Tak heran bila Helmy Yahya dijuluki sebagai ‘Raja Kuis’. Berikut Biografi Helmy Yahya secara singkat dan perjalanannya hidupnya.

Biografi Helmy Yahya

Biodata Helmy Yahya

Nama : Helmy Yahya
Lahir : Palembang, Sumatera Selatan, 6 Maret 1963
Agama : Islam
Orang Tua : (Alm.) H.M. Yahya Matusin, Hj. Komariah Yahya
Saudara : Tantowi Yahya, Dalilah Yahya, Wardia Yahya
Istri : Harfansi Yahya, Febriyani Sofyan
Anak : Rendy Farahody Yahya, Amerigo S. Yahya, Saskia Rachelly Yahya, Rahma Azzura Yahya.

Biografi Helmy Yahya

Helmy Yahya dilahirkan di wilayah Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan pada tanggal 6 Maret 1963. Helmy Yahya merupakan adik dari seorang politikus Golkar yang bernama Tantowi Yahya yang kini menjabat sebagai seorang duta besar di Selandia Baru. Saudaranya yang lain bernama Dalilah Yahya dan Wardia Yahya. Helmy Yahya merupakan anak keempat dari empat orang bersaudara.

Helmy Yahya terlahir dari keluarga yang memiliki ekonomi pas-pasan. Ia merupakan anak dari pasangan (Alm.) H.M. Yahya Matusin dan Hj. Komariah Yahya.

Ayahnya hanya bekerja sebagai seorang pedagang kaki lima yang mampu menyekolahkan anaknya walaupun dalam keadaan sakit sakitan.

Sadar bahwa kondisi keuangan keluarganya yang pas-pasan, Membuat Helmy Yahya belajar dengan keras untuk mengukir prestasi di sekolahnya karena dengan itulah ia dapat membantu orang tuanya.

Helmy Yahya mengawali pendidikannya di  SD Negeri 115 Palembang dan tamat pada tahun 1975. Setelah itu, ia kemudian melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 2 Palembang dan lulus pada tahun 1978. Selanjutnya, Helmy Yahya kemudian bersekolah di SMA Negeri 1 Palembang dan lulus pada tahun 1981.

BACA JUGA :  Biografi Jokowi (Joko Widodo), Kisah Tukang Kayu Menjadi Presiden Indonesia
Cerdas dan Berprestasi Sejak Di bangku Sekolah

Berbagai macam lomba seperti lomba puisi, cerdas cermat, hingga berbagi lomba lainnya ia pernah mengikuti sejak menginjak bangku SD hingga ia masuk SMA. Uang hadiah yang diperoleh dari lomba tersebut ia gunakan untuk membantu orang tuanya dalam membiayai sekolahnya.

Helmy Yahya termasuk siswa yang berprestasi dan juga cerdas terbukti ia masuk dalam jajaran top 5 nasional siswa yang berprestasi di Indonesia. Helmy Yahya lulus SMA pada tahun 1981.

Biografi Helmy yahya

Prestasinya ini membuat ia kemudian ditawari untuk kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya di Palembang. Walaupun menjadi dokter merupakan cita-citanya sejak ia kecil namun Helmy Yahya menolak tawaran untuk kuliah di fakultas kedokteran tersebut karena terkendala biaya kuliah.

Helmy Yahya kemudian memilih untuk kuliah di IPB namun di sana ia paksa berhenti karena kampus tidak menanggung biaya sehari-hari untuk mahasiswa, Hanya menanggung biaya uang pendidikan saja.

Kuliah di STAN dan Menjadi PNS

Helmy Yahya kemudian mencari kampus yang menyediakan beasiswa secara penuh baik uang pendidikan hingga biaya sehari-hari. Helmy Yahya akhirnya dapat kuliah di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) Jakarta yang saat itu belum lama berdiri. Disitu ia kuliah pada program Program Diploma III.

Kuliah di STAN, Helmy Yahya menerima gaji sebagai calon Pegawai Negeri Sipil. Namun nasib malang menimpanya. Saat baru pertama kali menerima gaji keesokan harinya ayahnya meninggal dunia.

Helmy Yahya kemudian tetap melanjutkan kuliahnya di STAN hingga lulus pada tahun 1984. Tamat kuliah ia sempat menjadi asisten dosen di STAN hingga tahun 1987.

Ia juga menjadi dosen di Akademi dan STIE YAI hingga tahun 1995 serta dosen di Dosen STIE Perbanas dari tahun 1996 hingga 1999.

BACA JUGA :  Biografi Basuki Hadimuljono, Kisah Sang 'Deandels' Indonesia Yang Sederhana

Helmy juga sempat bekerja di Kantor Akuntan Mustafa Lubis dan menjadi Accounting dan Finance Manager Ireng Maulana Production. Helmy Yahya sempat melanjutkan kuliahnya kembali di STAN pada Program Diploma IV Akuntan dan berhasil lulus pada tahun 1990.

Selain sebagai lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau STAN, Helmy Yahya juga merupakan lulusan Master of Professional Accounting di University of Miami Florida Amerika Serikat tahun 1992.

Terjun di Dunia Broadcasting

Walaupun memiliki background di bidang keuangan dan tercatat sebagai seorang pegawai negeri sipil, Helmy Yahya banyak menghabiskan hidupnya di dunia broadcasting.

Dalam biografi Helmy Yahya diketahui bahwa ia pertama kali terjun di dunia broadcasting pada tahun 1989 dalam acara kuis serba Prima, Gita Remaja serta Berpacu Dalam Melodi di TVRI yang diproduksi oleh Ani Sumadi Production. Dimana ia bertugas sebagai bagian dari pra-produksi hingga membuat soal untuk kuis.

Biografi Helmy yahya

Helmy Yahya juga menjadi floor director dalam kuis siapa dia pada tahun 1992 hingga tahun 1998. Di tahun 1997 ia kemudian masuk sebagai tim kreatif sekaligus floor director dalam acara kuis aksara bermakna di ANTV.

Helmy juga menjadi Direktur Marketing Perusahaan Film Negara dari 2001 hingga 2002. Ia juga mendirikan PT Triwarsana bersama dengan Liem Siauw Bok dan Jody Suherman.

Dijuluki Raja Kuis

Banyak acara kuis di berbagai stasiun televisi swasta maupun pemerintah di mana Helmi Yahya terlibat di dalamnya mulai dari tahun 1989 hingga 2017. Puluhan acara kuis telah dimana Helmy Yahya terlibat didalamnya membuat ia kemudian dijuluki sebagai ‘Raja Kuis’.

Helmy Yahya juga menjadi produser di berbagai acara reality show yang tayang di televisi swasta. Ia juga muncul sebagai bintang iklan di beberapa iklan TV swasta sejak tahun 2009.

BACA JUGA :  Biografi Tan Malaka, Kisah Bapak Pendiri Bangsa Yang Dilupakan
Terjun ke Dunia Politik

Setelah lama terlibat di dunia broadcasting, Helmy Yahya kemudian mencoba peruntungannya di dunia politik. Pertama kali dia mencalonkan diri sebagai calon wakil gubernur pada tahun 2008 di Provinsi Sumatera Selatan.

Namun dalam pilkada tersebut ia mengalami kekalahan titik pada tahun 2010 ia kembali mencalonkan diri sebagai seorang calon Bupati dari partai PDI Perjuangan. Namun pada Pilkada tersebut ia kembali memperoleh kegagalan.

Menjadi Direktur Utama TVRI

Helmy Yahya juga mendirikan kursus Helmy Yahya Broadcasting Academy sejak tahun 2009 yang terletak di Bandung Jakarta hingga Surabaya.

Pengalamannya yang banyak di dunia broadcasting membuat Helmy Yahya kemudian diangkat sebagai Direktur Utama TVRI pada tahun 2017. Namun pada awal tahun 2020, Helmy Yahya diberhentikan sebagai Direktur Utama TVRI oleh dewan pengawas.

Helmy yahya diketahu menikah sebanyak dua kali Istri Helmy Yahya yang pertama bernama Harfansi Yahya, mereka berdua menikah pada tahun 1986. Helmy Yahya kemudian menikah untuk kedua kalinya dengan wanita bernama Febriyani Sofyan pada tahun 2010. Dari pernikahannya tersebut ia dikarunia empat orang anak.

Beri Rating Artikel Ini

'...Sejarah akan meninggikan mereka yang memang layak dimuliakan dan sejarah juga akan menghitamkan mereka yang layak dijatuhkan - NS'