Beranda Biodata Biografi Ludwig van Beethoven – Komponis Musik Terbaik Dunia

Biografi Ludwig van Beethoven – Komponis Musik Terbaik Dunia

431
1

Biografiku.com – Biografi Ludwig van Beethoven. Walaupun tuli, ia dikenal sebagai salah satu komponis terbaik yang pernah dilahirkan di dunia. Menghasilkan puluhan mahakarya terbaik dalam dunia musik. Salah satu karya Ludwig van Beethoven yang fenomenal adalah fur elise. Bagaimana biografi Ludwig van Beethoven?

Biodata Ludwig van Beethoven

Biografi Ludwig van BeethovenNama : Ludwig van Beethoven
Lahir : Bonn, Jerman, 17 Desember 1770
Wafat : Wina, Austria, 26 Maret 1827
Orang Tua : Johann van Beethoven (ayah), Maria Magdalena van Beethoven (ibu)
Saudara : Karl, Nikolaus Johann, Ludwig Maria, Johann Peter, Anna Maria Francisca, Maria Margarita, Franz Georg.
Istri : –
Anak : –

Biografi Ludwig van Beethoven

Ludwig van Beethoven dilahirkan di Bonn, Jerman pada tangga 17 Desember 1770. Ia merupakan anak dari Johann van Beethoven yang bekerja sebagai seorang penyanyi tenor. Ibunya bernama Maria Magdalena van Beethoven.

Masa Kecil

Masa kecilnya ia habiskan sama seperti anak kecil pada umumnya bermain dan belajar. Namun, Ayahnya yang merupakan seniman kemudian juga mendidik Ludwig van Beethoven dengan berlatih piano selama berjam-jam. Ia menginginkan anaknya dapat menjadi seperti Mozart.

Biografi Ludwig van Beethoven - Komponis Musik Terbaik Dunia
Lukisan Beethoven di usia 13 tahun

Dalam Biografi Ludwig van Beethoven diketahui ia terus berlatih keras piano akhirnya bisa mengadakan konser pertamanya di usia 8 tahun tepatnya pada tanggal 26 Maret 1778.

Melihat bakat hebat bermusik Beethoven, kemudian guru komposisi musik bernama Christian Gottlob Neefe mulai mengajarkannya mengenai komposisi musik milik komponis jerman, Johann Sebastian Bach. Beethoven kemudian menerbitkan karyanya yang pertama pada tahun 1783.

BACA JUGA :  Biografi William Shakespeare - Penyair Besar Inggris
Bertemu Dengan Mozart

Di tahun itu juga, Beethoven menerbitkan tiga sonata yang ia buat untuk pangeran Bonn kala itu, Franz Xaver Stelker. Dan atas perintah sang pangeran, di tahun 1787 Beethoven berangkat ke Wina untuk belajar dengan Mozart.

Melihat kemampuan Beethoven, Mozart pun terkagum-kagum dan mengatakan bahwa ia melihat salah satu komponis terbaik di dunia dimasa depan.

Namun pertemuannya dengan Mozart tidak berlangsung lama. Beethoven segera bergegas kembali karena ibunya, Maria Magdalena sakit keras dan wafat di tahun 1787.

Sepeninggal ibunya, Beethoven mengasuh kedua adiknya. Gaji ayahnya ia ambil untuk kedua adiknya dan bekerja sebagai guru les piano untuk bangsawan.

Belajar ke Joseph Haydn dan Johann Schenk

Di tahun 1792, Pangeran Franz menyuruh Beethoven berangkat ke Wina atas biaya kerajaan. Di Wina, Beethoven belajar dengan Joseph Haydn yang dikenal sebagai Bapak Simfoni.

Biografi Ludwig van Beethoven
Ludwig van Beethoven

Namun pelajarannya dengan Haydn tidak berjalan baik. Beethoven diam-diam belajar komposisi musik dengan Johann Schenk.

Selama hidup di Wina, Austria, biaya hidup Beethoven dibiayai oleh kerajaan Bonn. Ia kemudian mendedikasikan salah satu keryanya Sonata in C Minor ‘Pathetique kepada sang pangeran.

Menetap di Wina, Austria

Awal menetap di Wina Austria, Beethoven banyak menghasilkan komposisi-komposisi musik terbaik dan menjadi salah masa-masa produktif bagi Beethoven. Ia banyak menggubah komposisi-komposisi musik dan murid-muridnya berasal dari kalangan bangsawan.

Kehilangan Pendengaran

Di tahun 1801 akibat penyakit otosklerosis, Beethoven mulai kehilangan sebagian pendengarannya. Penyakit ini membuatnya sangat sedih dan juga depresi dan lebih banyak menyendiri.

Setelah kehilangan pendengarannya, di tahun 1802 beethoven kemudian mulai melanjutkan aktifitasnya sebagai komponis musik.

Masa Produktif Beethoven

Di tahun 1803 hingga 1805 merupakan masa dimana karya musik Beethoven menggila dengan produktifitasnya. Tahun-tahun terus berjalan namun perhatian yang diterimanya makin lama makin susut yang mestinya populer buat seorang komponis seperti dia di jaman itu. Tetapi, kesuksesannya menanjak terus.

BACA JUGA :  Biografi Elvis Presley

Berbagai komposisi musik ia hasilkan. ia mengadakan konser serta opera membuat namanya semakin dikenal. Ia juga membuat beberapa komposisi musik untuk pangeran di Wina yang membiayai hidupnya selama disana.

Karya Ludwig van Beethoven

Pada usia empat puluhan Beethoven tak pernah lagi tampil di muka umum dan semakin menjauhi masyarakat. Hasil karyanya semakin sedikit dan semakin sulit di fahami. Sejak itu dia menciptakan komposisi musik untuk dirinya dan beberapa pendengar di masa depan.

Tetapi, kenyataan lebih mengherankan lagi ketimbang yang dibayangkan dalam masa tahun-tahun ketulian totalnya, Beethoven melakukan membuat mahakarya tidak sekedar setara dengan apa yang dihasilkan sebelumnya. Melainkan dianggap merupakan hasil karya terbesarnya atau bisa dikatakan masterpiece selama hidupnya.

Konser Besar

Di tahun 1814, Beethoven membuat konser besar dengan mementaskan karya Fidelio yang terkenal. Konser ini sukses besar dengan di tonton banyak anggota kongres di Wina. Namun meskipun begitu, pendengaran Beethoven semakin bertambah buruk.

Beethoven Wafat
Makam Ludwig van Beethoven

Meskipun sempat membuat beberapa karya sejak konsernya tersebut, ia mengalami depresi. Pada tahun 1826, Penyakit ginjal yang diderita oleh Beethoven membuat ia demam tinggi.

Nyawanya tak tertolong dan ia akhirnya meninggal pada tanggal 26 Maret 1827 pada usia lima puluh tujuh tahun. Ia dimakamkan di Wina, Austria.

Karya Fenomenal Ludwid van Beethoven

Selam hidupnya, Karya Beethoven sangat banyak termasuk 9 simfoni, 32 sonata piano, 5 piano concerto, 10 sonata untuk piano dan biola. Ada juga serangkaian kuartet gesek yang menakjubkan, musik vokal, musik teater, dan banyak lagi.

Loading...