Beranda Desainer Biografi Cristóbal Balenciaga – Desainer Terhebat Dibalik Produk Balenciaga

Biografi Cristóbal Balenciaga – Desainer Terhebat Dibalik Produk Balenciaga

267
0

Biografiku.com – Biografi Cristóbal Balenciaga. Ia dikenal sebagai desainer sukses atau sang pendiri dibalik produk fashion ikonik Balenciaga yang mendunia. Desain Cristóbali Balenciaga sangat ikonik. Desainnya menggambarkan bagaimana bentuk tubuh pemakainya yang sempurna melalui potongan dan bentuk desainnya yang unik.

Cristóbal Balenciaga dianggap sebagai salah satu desainer terkemuka dan paling berpengaruh abad ke-20. Ia adalah seorang yang perfeksionis yang tak kenal lelah. Bakat kreatifnya yang luar biasa mengilhami dia untuk merancang model-model yang berani dalam bentuk dan estetika yang ia ciptakan.

Biografi Cristobal BalenciagaBiografi Cristóbal Balenciaga

Cristobal Balenciaga dilahirkan di sebuah desa kecil di wilayah Getaria, Spanyol pada tanggal  21 Januari 1895. Sejak kecil, Balenciaga sudah mulai serius mempelajari teknik dalam menjahit tepatnya pada usia 10 tahun yang diajari oleh ibunya.

Ayahnya bekerja sebagai seorang nelayan dan ibunya bekerja sebagai seorang penjahit. Ketika kematian ayahnya, membuat Cristobal Balenciaga berfikir untuk membantu ekonomi keluarganya dengan kemampuan menjahit yang ia dapat dari ibunya.

Membuka Usaha Di Spanyol

Pada usia 15 tahun, ia berangkat ke kota mode Paris, Perancis yang kemudian menginspirasinya menjadi seorang desainer busana. Saat ia kembali ke Spanyol, pada usia 20 tahun Cristobal Balenciaga mulai membuka usaha penjahitan di kota San Sebastian.

Dalam waktu 15 tahun saat ia menekuni dunia desain busana, Balenciaga sudah menjadi seorang desainer busana terkemuka di Spanyol. Ketika perang saudara di Spanyol berkecamuk pada tahun 1937, bisnis busana Balenciaga juga terkena imbas akan perang tersebut.

BACA JUGA :  Biografi Rene Descartes - Filsuf Perancis
Pindah Ke Paris

Dalam biografi Cristobal Balenciaga diketahui bahwa ia kemudian memutuskan untuk pindah ke Paris, tempat dimana mode busana terus berkembang.

Di Paris, pada bulan agustus 1937, ia mulai membuka rumah jahit busana di jalan Avenue George V. Ia mulai dikenal sebagai salah satu desainer terkemuka disana berkat fashion show pertamanya yang sukses terinspirasi dari Spanis Renaissance. Desainnya pun menampilkan kemewahan sehingga banyak yang menyukainya.

Kreasi Balenciaga membuat dampak langsung. Selain kesederhanaan dalam desainnya juga potongannya yang sempurna. Kombinasi warna yang berani dan nuansa populer dari para modelnya dianggap sebagai sebuah seni dan eksotis oleh publik Paris yang cerdas.

Dalam koleksinya di akhir 1930-an, Balenciaga memperkenalkan beberapa elemen, pengaruh, dan perangkat yang akan menjadi ciri khas karyanya hingga akhir karirnya.

Sulaman mewah dan penggunaan detail historisis sudah terbukti dalam ciptaannya dari periode ini. Koleksinya banyak menampilkan gaun dan pakaian yang mewah.

Sang Desainer Jenius

Dalam Biografi Cristóbal Balenciaga diketahu bahwa ia juga merupakan desainer jenius yang mempopulerkan penggunaan tren jubah atau pakaian panjang yang tidak menggunakan garis pinggang di akhir tahun 1950an.

Tahun 1950-an dan 60-an merupakan masa keemasan Cristóbal Balenciaga. Gaun-gaun desainnya selama periode ini menampilkan keunggulan yang menjadi ciri khas desain Balenciaga.

Ia mendedikasikan dirinya dengan ketekunan untuk mengembangkan teknik yang begitu sempurna sehingga belum dapat dilampaui oleh para desainer busana yang lain.

Desain Yang Ikonik

Balenciaga tidak pernah berhenti bereksperimen dengan bahan tekstil atau mencari keseimbangan estetika dan harmoni dalam mendesain gaun ataupun busana lain.

Ia dipandu secara konsisten oleh konsepnya yang elegan sebagai bagian dari kesederhanaan dan keberanian.

BACA JUGA :  Biografi Blaise Pascal - Penemu Kalkulator

Eksperimennya dengan bentuk ikonik memuncak pada tahun 1960-an dengan abstraksi tubuh wanita, yang entah dikaburkan oleh cetakan bunga atau bentuk geometris yang besar dalam desain busananya. Ia juga merupakan sosok yang memperkenalkan penggunaan plastik sebagai jas hujan di tahun 1960-an.

Pensiun dan Wafat

Setelah bergelut lama sebagai desainer busana ternama, Cristobal Balenciaga kemudian menutup rumah modenya pada tahun 1968 pada usia 74 setelah bekerja di Paris selama 30 tahun.

Cristobal Balenciaga memutuskan untuk pensiun dan menutup rumah modenya di Paris, Barcelona dan Madrid, satu demi satu. Balenciaga meninggal pada 23 Maret 1972 di Xabia, Spanyol.

Saat ini rumah mode Balenciaga terus berlanjut di bawah arahan Demna Gvasalia sebagai desainernya dan kendali perusahaan Balenciaga di bawah kepemilikan Kering Grup.

Loading...