Beranda Biografi Tokoh Dunia Biografi Guglielmo Marconi, Sang Penemu Radio Yang Paling Berjasa

Biografi Guglielmo Marconi, Sang Penemu Radio Yang Paling Berjasa

3115
4.9
(89)

Biografiku.com | Profil dan Biografi Guglielmo Marconi. Ia dikenal dunia sebagai penemu radio. Ia merupakan fisikawan Italia yang menerima hadiah Nobel pada tahun 1909 atas penemuannya tersebut.

Marconi sangat berperan penting dalam berkembangnya teknologi komunikasi nirkabel gelombang pendek. Temuannya merupakan salah satu penemuan penting dalam sejarah umat manusia.

Biografi Guglielmo MarconiBiodata Guglielmo Marconi

Nama LengkapGuglielmo Marconi
LahirBologna, Italia, 25 April 1874
WafatRoma, Italia, 20 Juli 1937
DikenalPenemu Radio
PekerjaanAhli Kelistrikan, Fisikawan

Biografi Guglielmo Marconi

Guglielmo Marconi dilahirkan pada tanggal  25 April 1874 di Bologna, Italia. Ia merupakan anak dari Giuseppe Marconi (ayah), Annie Jameson (ibu). Ayahnya adalah seorang pemilik tanah yang kaya. Marconi dididik oleh pengajar atau guru di Livorno Technical Institute dan University of Bologna.

Masa Muda

Pendidikan sewaktu masih anak-anak ia dapat dari guru privat. Menginjak usia 20 tahun, Guglielmo Marconi mulai tertarik dengan percobaaan dari Heinrich Hertz si penemu gelombang Hertz.

Dari percobaan yang dilakukan oleh Heinrich Hertz diketahui bahwa terdapat gelombang elektrimagnetik yang tak kasat mata namun bergerak dengan kecepatan suara melalui udara.

Guglielmo Marconi lantas semakin tertarik dengan hasil percobaan dari Heinrich Hertz. Maka muncullah ide dari Guglielmo Marconi yang mengatakan bahwa gelombang elektromagnetik tersebut dapat dimanfaatkan mengirim tanda-tanda melalui jarak jauh.

Tanpa perlu melalui kawat yang menyediakan banyak kemungkinan berkembangnya komunikasi yang tak bisa dijangkau seperti telegram. Dengan cara tersebut, berita-berita dapat dikirim ke kapal di tengah laut.

Menemukan Radio

Setahun kemudian, tepatnya 1895 Guglielmo Marconi berhasil membuat alat yang diperlukan untuk mewujudkan idenya tersebut. Alat temuannya yang kemudian dikenal dengan nama ‘Radio’ tersebut ia demonstrasikan di Inggris pada tahun 1896.

BACA JUGA :  Biografi Slash

Setelahnya Guglielmo Mar coni menerima paten atas alat temuannya. Segera ia kemudian mendirikan perusahaan dan memproduksi massal alat temuannya. Radio temuan Guglielmo Marconi pertama kali dipasarkan pada tahun 1898.

Di tahun 1899, Radio temuan Guglielmo Marconi sudah dapat mengirimkan pesan tanpa melalui kawat menyebrangi selat inggris.

Sadar bahwa alat temuannya itu masih banyak kekurangan, Guglielmo Marconi terus menyempurnakan alat komunikasi radio temuannya.

Biografi Guglielmo Marconi, Sang Penemu Radio Yang Paling BerjasaDalam Biografi Guglielmo Marconi diketahui bahwa pada tahun 1900, Radio temuannya sudah berhasil mengirimkan pesan berita ke Newfoundland di Kanada dari Inggris melintasi Samudera Atlantik.

Temuannya Radio Guglielmo Marconi sangat berjasa besar bagi umat manusia. Terbukti bahwa Radionya dapat memberitakan bagaimana kapal S.S. Republic rusak akibat tabrakan dan tenggelam ke dasar laut pada tahun 1909.

Meraih Nobel Fisika

Dalam biografi Guglielmo Marconi diketahui bahwa pada tahun 1909, Marconi meraih penghargaan Nobel Fisika atas penemuan Radionya tersebut. Ia berbagi Penghargaan Nobel dengan fisikawan Jerman Karl F. Braun yang dikenal sebagai penemu tabung sinar katoda.

Namun penghargaan tersebut bukannya tanpa kontroversi. Banyak yang mengklaim atau meragukan gelar “Bapak Radio” yang berikan kepada Marconi. Misalnya pada awal tahun 1895, fisikawan Rusia bernama Alexander Popov berhasil melakukan siaran radio antar gedung. Sementara di India, pria bernama Jagdish Chandra Bose menggunakan gelombang radio untuk membunyikan bel dan memicu ledakan.

Pada tahun 1901, penemu sekaligus ilmuwan listrik terkenal bernama Nikola Tesla mengatakan bahwa ia telah mengembangkan telegraf nirkabel pada tahun 1893. Pada tahun 1943, Mahkamah Agung Amerika membatalkan empat hak paten radio yang diajukan oleh Marconi dengan alasan Nikola Tesla sudah mengembangkannya sebelum Marconi.

Walaupun begitu Radio Marconi sangat berjasa dalam penyelamatan nyawa ratusan orang. Kala itu perusahaan pelayaran sudah menyadari kegunaan telegraf radio untuk komunikasi penumpang, laporan navigasi, dan sinyal marabahaya.

BACA JUGA :  Biografi Charles Babbage - Penemu komputer Pertama

Banyak perusahaan pelayaran menggunakan jasa Perusahaan Radio Marconi dan menjadikannya perlengkapan standar di kapal. Misalnya, ketika kapal pesiar Titanic menabrak gunung es pada tanggal 14 April 1912, operator radio dapat memanggil Kapal RMS Carpathia ke tempat kejadian dan menyelamatkan 700 orang.

Radio Sebagai Media Komunikasi Populer

Dan penyiaran radio dalam skala besar atau komersil mulai berkembang dan terkenal memasuki tahun 1920an. Meskipun begitu radio dengan cepat tumbuh dan sangat populer.

Meskipun ada tuntutan atas hak paten penemuan Radio miliknya di pengadilan, namun hal tersebut lenyak takkala pengadilan memutuskan bahwa Marconi berhak atas hak patennya tersebut.

Biografi Guglielmo Marconi, Sang Penemu Radio Yang Paling Berjasa
Radio Receiver Guglielmo Marconi

Ia juga melakukan pula penyelidikan penting di bidang gelombang pendek dan komunikasi microwave. Guglielmo Marconi menikmati kepopulerannya sebagai seorang penemu radio yang terkenal.

Radio merupakan alat komunikasi yang sangat berguna hingga saat ini. Radio merupakan jalan pembuka dari ditemukannya Televisi.

Guglielmo Marconi Wafat

Selama dua dekade berikutnya, Marconi terus menyempurnakan penemuannya, bereksperimen dengan siaran gelombang pendek dan menguji jarak transmisi komunikasi melalui radio di atas kapal pesiar Elettra.

Marconi kembali ke Italia dan menjadi pendukung Benito Mussolini. Pada tahun 1935, sebelum wafat ia masih sempat melakukan perjalanan dari Brazil hingga ke Eropa. Dan Dua tahun kemudian, penemu Radio ini meninggal karena serangan jantung di Roma, Italia pada tanggal 20 Juli 1937.

Untuk menghormatinya, stasiun radio di Amerika, Inggris dan Italia menyiarkan beberapa menit hening. Ia meninggalkan salah satu penemuan penting dalam sejarah umat manusia yakni Radio.

Beri Rating Artikel Ini

'...Sejarah akan meninggikan mereka yang memang layak dimuliakan dan sejarah juga akan menghitamkan mereka yang layak dijatuhkan - NS'